Saturday, November 25, 2017

Pasar Persaingan Tepat : Ciri- Ciri, Prosedur Harga, Kekurangan Dan Kelebihan

Ada banyak sekali jenis pasar yang ada di sekitar kita. Tidak hanya pasar barang saja namun juga aneka macam jenis pasar keuangan. Kehidupan insan memang tidak terlepas dari namanya pasar. Pasar merupakan daerah bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan sebuah transaksi. Berdasarkan bentuknya, pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak. Pasar persaingan tepat ialah salah satu jenis pasar menurut jenis barang dagang yang dijual serta keberadaan jumlah penjual, ibarat halnya pasar oligopoli. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pasar persaingan sempurna, mari kita ketahui dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Pasar persaingan tepat merupakan suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan produk yang ditawarkan atau dijual juga satu jenis atau serupa.


Karena barang yang dijual serupa, serta jumlah penjual dan pembeli juga banyak maka barang- barang yang dijual ialah yang diharapkan oleh banyak orang, contohnya saja ibarat barang- barang sembako, ibarat beras, gandum, kentang, dan lainnya. Namun selain itu, pasar persaingan tepat juga menjual aneka macam barang yang diluar materi pokok, ibarat kain batik, gerabah, hingga kerikil bara. Apabila kita masuk ke pasar persaingan tepat maka kita akan menjumpai barang serupa dan identik dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan menciptakan kita seolah- olah berada di pabrik barang itu sendiri, dan disini pula kita sanggup membeli dengan harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan tempat- daerah lainnya yang diluar pasar tersebut.


Ciri- ciri Pasar Persaingan Sempurna


Pasar persaingan tepat merupakan pasar yang mempunyai ciri khusus dan berbeda dengan pasar lainnya. Adapun pasar persaingan tepat ini sanggup kita temukan di lingkungan sekitar kita dan kita sanggup melihat dari ciri- ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh pasar ini. Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui yang mana pasar persaingan tepat ditengah- tengah jenis pasar yang lainnya. Hal ini alasannya ialah pasar persaingan tepat mempunyai ciri khas yang sangat menonjol dan tidak dimiliki oleh jenis pasar yang lainnya. Disini kita akan membahas mengenai ciri- ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna. Adapun karakteristik atau ciri- ciri dari pasar persaingan tepat antara lain sebagai berikut:



  1. Terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli


Satu ciri khas yang sanggup kita temui dari pasar persaingan tepat ialah jumlah penjual dan pembeli yang banyak. Pasar persaingan tepat mempunyai banyak penjual dan pembeli yang jadinya ialah mensugesti keadaan pasar, dengan kata lain hanya sebagian kecil imbas dari kedua pelaku ekonomi ini dari unsur pasar secara keseluruhan. Lalu siapa yang berhak memilih harga? Pembentukan harga dipasar persaingan tepat dilakukan oleh kekuatan interaksi antara keduanya (penjual dan pembeli). Interaksi keduanya ini dianggap sebagai peserta harga (price taker) inilah yang menciptakan harga barang- barang di pasar ini bersifat datum, yaitu harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual, hal ini alasannya ialah kekuatan interaksi dari keduanyalah yang membentuk harga dari pasar ini.



  1. Terdapat kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan (Free Entry and Free Exit)


Ciri- ciri atau karakteristik yang selanjutnya ialah adanya kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan atau Free Entry and Free Exit. Hal ini berarti tidak ada kendala apabila suatu perusahaan ingin memulai bisnis gres kalau dianggapnya menguntungkan dan sanggup menutup usahanya apabila ternyata perjuangan tersebut rugi. Ciri khas ibarat ini tidak akan kita temui pada jenis pasar lain. Di pasar lain kemungkinan  ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar, contohnya dengan menerbitkan surat perjanjian tertentu. Ciri yang demikian ini mungkin hanya sanggup dirasakan oleh produsen selaku penjual namun kemungkin tidak dirasakan oleh pembeli atau konsumen selaku masyarakat, sehingga mungkin tidak banyak diketahui orang secara umum.



  1. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen


Ciri khusus lain yang sanggup dirasakan oleh pihak penjual dan pembeli ialah barang yang diperjual belikan di pasar persaingan tepat ini bersifat homogen atau serupa. Dengan demikian pasar persaingan tepat merupakan pasar yang sangat tepat untuk mencari alternatif barang apabila brand atau merk  yang kita cari tidak dijual di pasar. Dalam mencari barang subtitusi atau pengganti ini maka barang yang akan kita dapatkan sanggup jadi sangat ibarat dan sangat identik, baik ciri fisik maupun kualitasnya, sehingga produk- produk ini sangat identik atau sama tidak sanggup dibedakan. Di pasar tepat ini artinya apabila kita ingin membeli suatu barang dari suatu brand dagang, maka kemungkinan barang yang akan kita beli tersebut akan sama persis dengan barang dari brand dagang lain. Inilah yang juga mensugesti mengapa penjual tidak sanggup memilih harga, alasannya ialah apabila harga terlalu tinggi maka konsumen atau pembeli akan lari ke penjual lain.



  1. Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang tepat wacana pasar


Karakteristik atau ciri khusus dari pasar persaingan tepat yang tidak kelihatan ialah bahwa penjual dan pembeli di pasar ini sama- sama mempunyai pengetahuan yang lebih mengenai seluk- beluk jual beli barang yang bersangkutan. Dengan demikian salah satu pihak tidak ada yang mempunyai imbas lebih untuk mensugesti pihak lain. Di pasar persaingan tepat ini, penjual dan pembeli sangat mengetahui dengan benar mengenai keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar, dan mencakup setiap perubahannya. Akibat dari pengetahui lebih yang dimiliki oleh pihak- pihak ini antara lain sebagai berikut:



  • Seluruh sumber daya yang dipakai sepenuhnya untuk menghasilkan laba yang bersifat maksimal

  • Tidak ada produsen atau penjual yang menjual barang dagang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar

  • Tidak ada konsumen atau pembeli yang membeli barang dagang dengan harga lebih tinggi daripada harga pasar yang berlaku di pasaran.


Nah itulah beberapa akhir yang ditimbulkan dari pengetahuan yang lebih mengenai pasar oleh produsen maupun konsumen. Dengan kata lain, kekuatan keduanya ialah sama.



  1. Mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna


Ciri dari pasra persaingan tepat selanjutnya ialah kelancaran mobilotas atau perpindahan sumber ekonomi. Hal ini berarti tidak dijumpai kesulitan meskipun sedikit apabila sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu daerah ke daerah yang lainnya. Hal ini alasannya ialah intinya semua daerah produksi mempunyai kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli. Dengan ini artinya pasar tepat merupakan daerah yang baik bagi orang- orang yang mempunyai bisnis yang umum dilakukan oleh orang banyak, alasannya ialah dipasr tepat ini cukup fleksibel dan ramah bagi pelaku pasar yang masih baru.



  1. Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung


Satu hal yang perlu kita ketahui di pasar persaingan tepat ialah bahwa pemerintah selaku penyelenggara perekonomian negara tidak ikut campur secara eksklusif mengenai pasar ini. Peranan pemerintah dalam pasar ini ialah membentu mengawasi jalannya perekonomian supaya selaras dengan kepentingan masyrakat dan tidak adanya kerusuhan yang sanggup merugikan salah satu pihak.


Demikianlah beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh pasar persaingan tepat yang tidak dimiliki oleh jenis pasar lainnya. Selanjutnya ialah mengenai prosedur pembentukan harga di pasar Persaingan sempurna.


Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar Persaingan Sempurna


Pasar persaingan tepat ialah pasar dimana mengenai harga barangnya tidak sanggup ditentukan oleh kedua pelaku ekonomi baik penjual maupun pembeli. Di pasar persaingan sempurna, harga ditentukan oleh kekuatan interaksi antara penjual dan pembeli tersebut, yaitu menurut pada kekuatan penawaran dan permintaan. Permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Sementara penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen di tingkat harga tertentu. Sehingga penjual maupun pembeli hanya sebagai peserta harga atau price taker. Ada beberapa hal yang menjadi alasan- alasan mengapa penjual dan pembeli tidak sanggup memilih harga mereka sendiri, salah satunya ialah banyaknya penjual sehingga dikala satu penjual menaikkan harga maka pembeli akan sanggup lari ke penjual lainnya. Kedua barang yang diperdagangkan sangat identik bahkan hampir sama natar segi fisik maupun kualitasnya, sehingga konsumeb akan mempunyai alternatif penjual lain dikala brand atau brand yang dipilihnya tiba- datang menaikkan harga. Namun hal ini bukan berarti produsen selaku penjual akan dirugikan, tetap ada batasan harga terendah menjual, sehingga produsen tidak akan dirugikan oleh penawaran harga yang dilakukan oleh konsumen yang terkadang memang meminta harga yang sangat rendah. Di pasar persaingan tepat ini, nasib produsen juga masih dilindungi demi terjalinnya kelangsungan aktivitas perekonomian secara terus- menerus.


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna


Setiap jenis pasar pastilah mempunyai kekurangan dan juga kelebihannya masing- masing. Hal ini alasannya ialah sistem yang diterapkan oleh masing- masing jenis pasar ini berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Terkadang kelebihan dan kekurangan ini justru menjadi ciri khas atau karakteristik yang menandai wacana satu jenis pasar. Seperti halnya jenis pasar yang lain, pasar persaingan tepat mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasar persaingan tepat akan kita bahas dalam bab ini.



  1. Kelebihan pasar persaingan sempurna


Pasar persaingan tepat mempunyai beberapa kelebihan baik untuk produsen maupun untuk konsumen. Adapun kelebihan pasar persaingan tepat antara lain sebagai berikut:



  • Adanya hak kebebasan bagi individu dan swasta dalam menjalankan usahanya. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah pemerintah tidak turut campur tangan secara eksklusif di dalam pasar ini serta pembentukan harganya.

  • Perkembangan ekonomi sanggup berlangsung secara cepat alasannya ialah terdapat efisiensi kerja yang baik dan persaingan yang bebas dalam pasar. Persaingan bebas dipasar akan sanggup memajukan semangat masing- masing produsen supaya tetap sanggup bertahan di pasar tersebut.

  • Terdapat banyak pilihan produk bagi pembeli. Hal ini alasannya ialah barang yang diperjualbelikan sangat identik sehingga konsumen bebas memilih akan membeli dari produsen manakah itu. Terlebih lagi di pasar persaingan tepat tidak ada monopoli dari produsen tertentu.



  1. Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna


Selain mempunyai keunggulan, pasar persaingan tepat juga mempunyai kekurangan. Adapun aneka macam kekurangan pasar persaingan tepat antara lain sebagai berikut:



  • Pedagang- pedagang di pasar persaingan tepat kurang melaksanakan penemuan dan pengembangan produk.

  • Upaya peningkatan kualitas akan produk cenderung lambat alasannya ialah semua produk sifatnya sama dan kualitasnya dianggap sama oleh konsumen.

  • Timbulnya konflik keadilan antar produsen, dimana produsen yang kaya mempunyai laba dengan modalnya sehingga sanggup memakai sumber daya secara lebih efisien. Hal ini pada akhirnya akan mebuat distribusi pendapatan akan semakin timpang atau tidak merata.


Nah itulah beberapa keunggulan dan juga kelemahan yang dimiliki oleh pasar persaingan tepat yang sanggup dirasakan oleh produsen atau penjual maupun konsumen selaku pembeli. Kelemahan dan keunggulan tersebut juga sanggup menjadi ciri yang dimiliki oleh pasar ini. Demikianlah gosip yang sanggup kami sampaikan mengenai pasar persaingan sempurna, agar bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com