Thursday, November 2, 2017

√ Mengenal Fungsi Sajian Kafe Dan Fungsi Icon Di Microsoft Office Word 2010

komputerdia.com - Sebelum melangkah ke pembahasan cara-cara yang sanggup kalian lakukan di office word 2010, tahap pertama yang perlu kalian perhatikan yakni memahami bab dari fungsi sajian kafe serta fungsi icon dari microsoft office word 2010 ini.

Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai sajian serta fungsi dari setiap masing - masing sajian yang terdapat di office word 2010. Untuk kalian yang belum membaca postingan saya sebelumnya, kalian sanggup membacanya di artikel terkait berikut ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon Word 2010


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010


A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010

cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Tabs Menu yakni bab dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana sajian ini difungsikan untuk susukan cepat menuju suatu susukan fungsi yang sanggup kalian gunakan dikala kalian sedang menciptakan dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab sajian office word 2010 yakni sebagai berikut :
  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View

B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010

cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Ribbon jika diartikan secara menyeluruh yakni bab utama sajian office word 2010 yang menampilkan beberapa sajian susukan cepet menyerupai Tabs menu, Groups Menu dan Command.

Namun kalau kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool sajian yang terdapat pada bab tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bab yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut memiliki fungsi kerja masing-masing dan sanggup kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon yakni sebagai berikut
  1. Tabs Menu - Bagian ini sanggup terlihat di bab atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan menurut tabs tertentu menyerupai Home, Insert, Page Layout yakni pola tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs sajian pada Ribbon, menyerupai groups clipboard, group font dan group paragraph.
  3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok menyerupai yang disebutkan di atas

C. Pengertian Title Bar Office Word 2010

cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title kafe ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun dikala kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berkembang menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .


D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010 


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Ruler atau penggaris merupakan tool yang sanggup kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bab yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
  1. Ruler horizontal muncul sempurna di bawah bab Ribbon dan sering dipakai untuk mengatur margin dan tab stop. 
  2. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering dipakai untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.


E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010

cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

Status kafe merupakan sebuah tampilan kafe kecil yang menawarkan gosip banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan gosip banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan gosip bahasa yang kalian gunakan.


F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010

  1. Save - Menyimpan dokumen ke kawasan penyimpanan komputer
  2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain menyerupai PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
  3. Open - Untuk membuka file dokumen yang sanggup terbaca di office word 2010
  4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
  5. Info - Untuk menampilkan gosip lain menyerupai kalau kalian akan menawarkan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
  6. Recent - Untuk melihat gosip dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
  7. New - Untuk menciptakan dokumen gres yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, menciptakan design template dll.
  8. Print - Menampilkan gosip dokumen yang akan diprint, serta kalian juga sanggup mengatur setelan print out yang diinginkan
  9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim eksklusif dokumen yang kalian buat, salah satunya yakni eksklusif mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
  10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
  11. Options - Untuk melaksanakan pengaturan di aplikasi office word 2010, menyerupai display, theme, font default dll.
  12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010

G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
  1. Paste - Untuk menempelkan goresan pena atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
  2. Cut - Untuk memotong goresan pena atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
  3. Copy - Untuk menyalin goresan pena atau gambar didalam dokumen word
  4. Font Style - Untuk menentukan atau merubah jenis goresan pena yang kalian inginkan
  5. Bold (B) - Untuk menciptakan goresan pena menjadi tebal
  6. Italic (I) - Untuk menciptakan goresan pena menjadi miring
  7. Underline (U) - Untuk menciptakan goresan pena bergaris bawah
  8. abc - Untuk menciptakan goresan pena coret
  9. Superscript dan Subscripot X -  Untuk menciptakan pangkat pada goresan pena menyerupai kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Untuk pola penulisannya kalian sanggup lhat Di Artikel ini.
  10. Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
  11. A Style - Untuk menciptakan style atau gaya pada tulisan
  12. Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
  13. Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau goresan pena di dalam dokumen
  14. Align Lef t- Untuk merubah goresan pena dokumen menjadi rata kiri
  15. Align Center - Untuk merubah goresan pena dokumen menjadi rata tengah
  16. Align Right - Untuk merubah goresan pena dokumen menjadi rata kanan
  17. Align Justify - Untuk merubah goresan pena dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
  18. Shading Color - Untuk merubah warna blok pada goresan pena dokumen (background color).
  19. Icon Tabel - Untuk menciptakan tabel secara manual
  20. Bullets - Untuk menciptakan icon kecil disamping tulisan
  21. Numbering - Untuk menciptakan nomor disamping tulisan
  22. Multilevel List - Untuk menciptakan kombinasi list antara bullets dan numbering
  23. Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
  24. Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan aksara atau juga menurut angka

H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
  1. Cover Page - Untuk menciptakan cover halaman pada dokumen
  2. Blank Page - Untuk menambah halaman gres pada dokumen yang sedang dikerjakan
  3. Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, menyerupai dikala kalian akan menciptakan dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, misalnya sanggup kalian lihat di Artikel ini .
  4. Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
  5. Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
  6. Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil menyerupai icon bawaan dari word 2010
  7. Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes menyerupai tabung, segitiga, kubus dll.
  8. SmartArt - Untuk menciptakan smartart menyerupai diagram batang, circle proses dll.
  9. Chart - Untuk menambahkan diagram chart menyerupai diagram alur kemudian lintas
  10. Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
  11. Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
  12. Bookmark - Untuk menyimpan bab dari dokumen yang kalian anggap penting
  13. Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga sanggup dikatakan sebagai hak cipta kalian
  14. Footer - Sama menyerupai header, namun letaknya berada dibawah dokumen 
  15. Page Number - Untuk menciptakan nomor halaman pada dokumen
  16. Text Box - Untuk menciptakan tek didalam kotak
  17. Wordart - Untuk menciptakan goresan pena dengan gaya-gaya yang unik
  18. Drop Cap - Untuk menciptakan goresan pena menyerupai bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
  19. Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
  20. Symbol - Sama dengan fungsi Equation

I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout


cara yang sanggup kalian lakukan di office word  √ Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
  1. Themes - Untuk menciptakan theme atau tema yang akan kalian gunakan
  2. Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
  3. Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
  4. Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
  5. Column - Untuk menentukan mode kolom goresan pena pada setiap halaman dokumen
  6. Watermark - Untuk menciptakan gambar transparan pada halaman dokumen yang sanggup disebut juga sebagai identitas orisinil dari dokumen yang kalian buat
  7. Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
  8. Page border - Untuk menciptakan bingkai halaman

Sumber http://www.komputerdia.com