![]() |
Soal bahan umum bimtek pembelajaran kurun 21 |
Soal dan Kunci Jawaban Materi Umum Bimbingan Teknis Pembelajaran Abad 21 - Setiap kegiatan training dan training guru atau sering disingkat dengan Diklat Guru biasanya ada pre-test dan post test termasuk dalam kegiatan training guru dengan bahan umum ihwal bimbingan teknik pembelajaran kurun 21.
Berikut soal dan kunci tanggapan bahan umum bimbingan teknis pembelajaran kurun 21 :
1. Siswa Sekolah Menengah Pertama pada umumnya mempunyai usia 12 – 15 tahun. Dengan demikian, mereka dilahirkan pada Abad 21 dan akan hidup dalam Abad 21. Oleh alasannya ialah itu, kita sebagai seorang guru perlu membekali siswa semoga mereka siap menghadapi tantangan hidup di Abad 21. Kemampuan yang perlu diberikan atau dilatihkan guru ke siswa semoga siswa siap menghadapi masa depan mereka ialah ....
A. keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan penggunaan alat komunikasi
B. pemahaman ilmu pengetahuan, penguasaan penggunaan teknologi, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berpikir kritis
C. kreativitas dan inovasi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berkolaborasi, dan keterampilan berpikir kritis
D. keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, penggunaan peralatan elektronika, dan keterampilan berkolaborasi
2. Dalam komunikasi selalu ada unsur pengirim dan akseptor pesan, namun pesan yang dikirimkan tidak selalu sanggup diterima dengan baik oleh akseptor pesan tersebut. Kendala dalam komunikasi sanggup berasal dari pengirim pesan atau akseptor pesan. Kendala yang berasal dari pengirim pesan ialah ....
A. kurangnya motivasi dan prasangka yang keliru
B. prasangka yang keliru dan gangguan fisik
C. gangguan jalan masuk komunikasi dan tidak adanya umpan-balik
D. situasi emosional dan kurangnya motivasi
3. Dalam pembelajaran kolaborasi, peserta didik sanggup bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk memecahkan permasalahan yang mereka hadapi. Berikut ini merupakan kemampuan kerja sama yang harus dimiliki siswa kurun 21.
(1) menunjukkan kemampuan bekerja secara efektif dengan banyak sekali kelompok
(2) mempunyai keluwesan dan kesediaan membantu dalam berkompromi mencapai tujuan bersama
(3) menunjukkan kemandirian dalam berpikir kritis dan penyelesaian dilema yang dihadapinya
(4) setiap individu ialah milik kelompok dan bertanggung jawab terhadap kelompoknya Pernyataan ihwal kemampuan kerja sama tersebut yang benar ialah pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
4. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional, yang mencakup kemampuan untuk berpikir reflektif dan independen. Berikut ini merupakan keterampilan inti berpikir kritis, yaitu ....
A. interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri
B. interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplorasi, dan pengaturan diri
C. interpretasi, aplikasi, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri
D. interpretasi, analisis, evaluasi, deskripsi, eksplorasi, dan pengaturan diri
5. Pola daerah duduk ideal untuk membangun keterampilan komunikasi dan kerja sama ialah ....
6. Kreativitas merupakan kemampuan untuk membayangkan atau membuat sesuatu yang baru. Menurut para ahli, kreativitas tidak didominasi oleh faktor inteligensi, namun lebih didominasi oleh faktor pendidikan. Dengan demikian, kreatifitas intinya sanggup dilatihkan kepada siswa. Salah satu cara atau teknik yang sanggup dipakai guru untuk melatih kreativitas siswa dikenal dengan nama teknik ....
A. SCANPER
B. SCAMPER
C. SCACPER
D. SCAMPEL
7. Fenomena Revolusi Indiustri (RI) 4.0. sudah mulai memasuki di hampir seluruh sendi kehidupan kita. Jantung RI 4.0 ialah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Salah satu pola benda atau objek yang mengandung AI dalam kehidupan sehari-hari kita ialah ....
A. robot cerdas
B. telepon cerdas
C. berpikir cerdas
D. kota cerdas
8. Bar code atau Quick Responses Code (QR Code) merupakan pola aplikasi dari ....
A. big data
B. virtual reality (VR)
C. internet of things (IoT)
D. artificial intelligence (AI)
9. RI 4.0. cepat atau lambat akan berdampak pada masyarakat Indonesia khususnya di bidang lapangan kerja. Ada sejumlah pekerjaan yang diprediksi akan hilang akhir RI 4.0., antara lain ....
A. pengasuh bayi/lansia
B. dokter
C. guru
D. teller bank
10. Sejumlah lapangan kerja akan tetap bertahan dalam RI 4.0 yakni pekerjaaan atau profesi yang berciri ....
A. pengulangan
B. mekanis
C. kreatif
D. praktis
11. Kegiatan pembelajaran yang bisa mengakomodasi banyak sekali tuntutan kebutuhan akan kompetensi kurun XXI, serta sesuai dengan karakteristik sumberdaya insan kekinian ialah model pembelajaran berbasis projek (PjBL). Salah satu reasoning (alasan) dari pernyataan tersebut ialah ....
A. memakai projek sebagai proses pembelajaran
B. pembelajaran menekankan pada penggunaan internet
C. menekankan mencar ilmu kontekstual melalui kegiatan
D. pementingan pembelajaran pada aktivitas-aktivitas peserta didik
12. Perkembangan kehidupan insan pada era kekinian berlangsung secara cepat dan dinamis. Kecakapan hidup kekinian yang sanggup dikembangkan melalui proses pembelajaran berbasis projek (PjBL) ialah ....
A. competition
B. communication
C. cooperation
D. community
13. Proses pembelajaran berbasis projek (PjBL) mempunyai perbedaan dengan model- model pembelajaran kurun XXI lainnya. Salah satu karakteristik dari PjBL yang membedakan dengan model pembelajaran yang lain ialah adalah ....
A. peserta didik sebagai sentra kegiatan pembelajaran
B. peserta didik terlibat secara aktif dalam menghasilkan produk
C. berbasis pada dilema kontekstual untuk ditemukan jawabannya
D. bersifat interdisipliner untuk pertanda kebenaran konsep
14. Peran utama guru dalam pembelajaran berbasis projek (PjBL) ialah ....
A. mengidentifikasi KD-KD yang bisa dikembangkan menjadi PjBL
B. mengkondisikan terjadinya kegiatan mencar ilmu peserta didik
C. membuatkan banyak sekali sumber mencar ilmu peserta didik
D. memfasilitasi peserta didik untuk melakukan jadwal sekolah
15. Langkah paling penting dalam pembelajaran berbasis projek (PjBL) ialah perancangan langkah-langkah penyelesaian projek. Salah kegiatan dalam perancangan langkah-langkah penyelesaian projek ialah ....
A. menemukan dilema kontekstual untuk dijadikan projek
B. menemukan sumber mencar ilmu terkait penyelesaian projek
C. memilih produk yang akan diselesaikan dalam projek
D. menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam penyelesaian projek
Sumber http://www.didno76.com