RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 6 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan perkembangan system manajemen wilayah Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan wacana perkembangan system manajemen wilayah Indonesia.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Semangat kebangsaan, Cinta tanah air , Gemar membaca.
IV. Materi Pokok
§ Perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan wacana perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia
F Tanya jawab wacana perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia
F Menunjukkan perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
F Mengamati peta / atlas, globe sehabis itu memperlihatkan dalam peta/atlas, globe tersebut
F Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
F Mengamati dan mendiskusikan wacana perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Peta
§ Globe
§ Buku yang relevan
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Semangat kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. § Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa § Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca aneka macam bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya. | § Menjelaskan perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia § Menunjukan perkembangan sistem manajemen wlayah Indonesia dalam Peta/globe § Membandingkan perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga | Tertulis, | uraian | Jelaskan perkembangan sistem manajemen wilayah Indonesia |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
H.Dzulkifli Dinar, LC Evalina,S.Pd
NIY : 120 045 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 7 – 12 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan wacana kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Cinta tanah air , Cinta hening , Bersahabat .
IV. Materi Pokok
§ Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan wacana kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F Tanya jawab dan observasi wacana kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Peta, atlas
§ Globedan Buku yang relevan
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa § Cinta hening : Sikap, perkataan, dan tindakan yang mengakibatkan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya § Bersahabat : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara,bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain | § Menunjukan wacana kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga § Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | Tertulis, | uraian | Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
H.Dzulkifli Dinar, LC Evalina,S.Pd
NIY : 120 045 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 13 – 18 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan wacana benua-benua.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Cinta hening , Bersahabat .
IV. Materi Pokok
§ Benua-benua
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukan benua-benua
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
F Membedakan benua-benua
F Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Peta,
§ Globe
§ Buku yang relevan
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Cinta hening : Sikap, perkataan, dan tindakan yang mengakibatkan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya § Bersahabat : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara,bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain | § Menunjukkan benua-benua § Membedakan benua- benua | Tertulis, | Pengamatan | Gambarkan atlas/globe |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
H.Dzulkifli Dinar, LC Evalina,S.Pd
NIY : 120 045 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 5 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami tanda-tanda (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan tanda-tanda (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan wacana benua-benua.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Toleransi, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
IV. Materi Pokok
§ Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengamatan Peta Asia Tenggara
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab wacana Peta Asia Tenggara
F Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
F Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
F Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
F Mendiskusikan wacana ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Menunjukkan ciri-ciri tanda-tanda ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
F Menyebutkan ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Tanya jawab ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
F Kesimpuan guru dan siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. § Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan berbagi upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. § Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi pemberian pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan § Tanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | § Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia § Membandingkan ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara lain | Tertulis | jawab singkat | § Jelaskan tanda-tanda (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga § Bandingkan ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara lain |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP / NIK : NIP / NIK :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 6 – 9 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami tanda-tanda (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi peristiwa alam.
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan wacana cara-cara menghadapi peristiwa alam.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Toleransi, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
IV. Materi Pokok
§ Cara menghadapi peristiwa alam
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan wacana jenis-jenis peristiwa alam
F Menjelaskan wacana cara-cara menghadapi peristiwa alam
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab wacana cara-cara menghadapi musibah
F Mendiskusikan wacana cara-cara menghadapi peristiwa alam
F Mengamati gambar peristiwa alam
F Menentukan cara-cara menghadapi peristiwa alam
F Mendiskusikan pemberian yang sesuai dengan musibah yang terjadi
F Tanya jawab wacana pelajaran yang lalu
F Mendiskusikan penyebab tiap jenis peristiwa alam
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
F Kesimpulan guru da siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. § Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan berbagi upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. § Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi pemberian pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan § Tanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | § Menjelaskan carca-cara menghadapi peristiwa alam § Tanya Jawanb jenis-jenis peristiwa alam | Tertulis | jawab singkat | Jelaskan carca-cara menghadapi peristiwa alam |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP / NIK : NIP / NIK :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 10 – 14 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di kurun globalisasi
II. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada kurun globalisasi dan imbas konkret serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Menjelaskan peranan Indonesia pada kurun globalisasi dan imbas konkret serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia.
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Toleransi, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
IV. Materi Pokok
§ Peranan Indonesia pada kurun globalisasi dan imbas konkret serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Tanya jawab wacana materi Yang telah diajarkan
F Menjelaskan imbas konkret terhadap kehidupan bangsa Indonesia akhir globalisasi
F Menjelaskan imbas negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akhir globalisasi
F Menjelaskan contoh-contoh perubahan sikap masyarakat sebagai imbas globalisasi.
F Menjelaskan peranan Indonesia pada kurun globalisasi
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan peranan Indonesia pada kurun globalisasi.
F Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada kurun globalisasi.
F Mendiskusiakan imbas konkret globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
F Mendiskusikan imbas negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
F Kesimpulan guru da siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar pabrik tekstil
§ Gambar kilang minyak
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. § Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan berbagi upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. § Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi pemberian pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan § Tanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | § Menjelaskan Peranan Indonesia pada kurun globalisasi § Menjelaskan referensi perubaan sikap masyarakat sebagai imbas globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | Tertulis:, | Jawab, singkat | Jelaskan referensi perubaan sikap masyarakat sebagai imbas globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP / NIK : NIP / NIK :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 15 – 18 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di kurun globalisasi
II. Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa sanggup Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
v Karakter siswa yang diperlukan :
¨ Jujur , Kerja keras , Kreatif, Tanggung jawab
IV. Materi Pokok
§ Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan dogma masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengamatan Peta Asia Tenggara
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab wacana Peta Asia Tenggara
F Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
F Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
F Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
F Mendiskusikan wacana ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Menemutunjukkan ciri-ciri tanda-tanda ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
F Menyebutkan ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Tanya jawab ciri-ciri tanda-tanda alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
F memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara mulut maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik mulut maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
F Kesimpulan guru da siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya mengakibatkan dirinya sebagai orang yang selalu sanggup dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan § Kerja keras : Perilaku yang memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi aneka macam kendala mencar ilmu dan tugas,serta menuntaskan kiprah dengan sebaik-baiknya. § Kreatif : Berpikir dan melaksanakan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil gres dari sesuatu yang telah dimiliki § Tanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | § Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia § Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri § Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri | Tertulis:, | Jawab, singkat | Jelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang kala Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang kala Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP / NIK : NIP / NIK :