Monday, October 23, 2017

√ Mengenal Dan Mempelajari Komponen Arsitektur Platform Android

komputerdia.com - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Android merupakan salah satu operating system smartphone yang bersifat Open Source, dan pada dasarnya berbasiskan Linux yang dibangun untuk banyak sekali jenis bentuk perangkat dan platform, dimana dengan sifat open source menyerupai itu sudah tentunya android sanggup dikembangkan oleh siapa saja .

Selain itu, ada juga yang mendefinisikan Pengertian Android yaitu sebuah sistem operasi khusus yang dirancang untuk perangkat mobile layar sentuh atau disebut dengan smartphone. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux yang sudah terbukti ketangguhan dan kehandalannya.

Sementara itu, berdasarkan pandangan lainnya Pengertian Android yaitu suatu sistem operasi berbasis Linux yang dimanfaatkan sebagai media untuk melaksanakan pengelolaan sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet.

Smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android yaitu smartphone HTC Dream, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008, dan berdasarkan riset serta sumber yang telah saya baca , pada penghujung tahun 2009 diperkirakan  terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan sistem Android.

Semenjak kehadirannya pada 9 Maret 2009, Android telah hadir dengan versi 1.1, yaitu sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada apalikasinya, menyerupai jam alrm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Hingga dikala ini, versi android sendiri sudah mencapai versi terbarunya yakni Android Pie  atau Android 9.0, untuk mengetahui perkembangan android, kalian sanggup membaca di artikel Daftar urutan Versi OS Android Terlengkap dan Terbaru

Perlu kalian ketahui bahwa Sistem operasi Android ini mulai dikembangkan pada tahun 2003 oleh 4 pakar teknologi berjulukan Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2005 perusahaan raksasa Google berhasil mengakuisisi project Android tersebut, sebagai anak perusahaannya. 

Selain mengenal android secara definisi, kita juga harus mengerti dan mengetahui beberapa komponen penyusun pada sistem operasi android. Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa komponen yang menjadi penyusun android.

Baca Juga Artikel Lainnya :

merupakan salah satu operating system smartphone yang bersifat  √ Mengenal dan Mempelajari Komponen Arsitektur Platform Android

Perlu kalian ketahui, bahwa dikala ini terdapat beberapa komponen utama yang berjalan dan menjadi elemen penting didalam sistem operasi android , ketika dikala kita menggunakan perangkat yang menggunakan OS Android. Komponen utama tersebut diantaranya yaitu : 
  1. System Apps 
  2. Java API Framework 
  3. Linux Kernel 
  4. Hardware Abstraction
  5. Native C/C++Library
  6. Dll.
Dan dibawah ini merupakan gambar ilustrasi dari komponen - komponen utama tersebut :

merupakan salah satu operating system smartphone yang bersifat  √ Mengenal dan Mempelajari Komponen Arsitektur Platform Android

Perlu digaris bawahi, bahwasannya bagi kalian Developer Android Pemula ,sangatlah penting untuk mengenal dan mempelajari apa saja Komponen Arsitektur dari Platform Android tersebut. Oleh alasannya yaitu itu pada artikel kali ini ,saya akan sedikit menawarkan klarifikasi mengenai Komponen Arsitektur apa saja yang dipakai di Platform Android.

Penjelasan Komponen Arsitektur Platform Android

1. Linux Kernel

Linux Kernel yaitu bab paling inti dari sistem operasi android jikalau dilihat dari segi fungsionalnya secra secara mendalam , pada perangkat Android akan menghandle semua jenis drivers ,agar komponen-komponen hardware yang ada pada perangkat Android, sanggup berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Sebagai contoh, Android Runtime (ART) yang memang bergantung pada kernel Linux untuk fungsionalitas dasar menyerupai threading dan administrasi memori tingkat rendah.
Menggunakan kernel Linux memungkinkan Android untuk memanfaatkan fitur keamanan inti dan memungkinkan produsen perangkat untuk mengembangkan driver perangkat keras untuk kernel yang cukup dikenal.

2. System Apps / Sistem Aplikasi

System Apps yaitu Aplikasi yang Secara Default atau Built-in , sudah terinstall di banyak sekali perangkat Android. Sudah kita ketahui semuanya bahwa Android secara defaultnya telah dilengkapi dengan serangkaian aplikasi inti untuk menunjang aktivitas para penggunanya seperti 
  • Email
  • Perpesanan atau aplikasi SMS
  • Kalender
  • Browser atau Penjelajah Internet
  • Kontak
  • Panggilan, dll. 
dan aplikasi yang disertakan bersama platform tersebut, tidak mempunyai status khusus pada aplikasi yang ingin dipasang pengguna. Jadi, misalnya menyerupai aplikasi pihak ketiga sanggup dijadikan sesudah utama untuk dijadikan default. Dalam hal ini sanggup menyerupai browser, contact, pengolah pesan atau aplikasi default lainnya yang pada dasarnya sanggup digantikan peranannya dengan aplikasi pihak ketiga dari para pengembang.

3. Native C/C++Library

Native C/C++Library merupakan sebuah sumbangan library yang dikhususkan bagi kalian yang menajdi developer, dimana fitur ini diseting menggunakan bahasa pemrograman C atau C++, guna ditujukan untuk mengembangkan Aplikasi Android. Terdapat banyak sekali macam library yang sanggup kalian kembangkan , menyerupai WebKit ,OpennGL ES, Media Framework dan lain-lain.

Banyak komponen dan layanan sistem Android inti menyerupai ART dan HAL dibuat dari kode orisinil yang memerlukan pustaka orisinil yang tertulis dalam bahasa pemrograman C atau C++. Platform Android memungkinkan kerangka kerja Java API mengekspos fungsionalitas beberapa pustaka orisinil pada aplikasi. Misalnya, kalian sanggup melaksanakan pengaksesan OpenGL ES melalui kerangka kerja Java OpenGL API Android guna menambahkan sumbangan untuk menggambar dan memanipulasi fitur grafik 2D dan 3D pada aplikasi yang kalian buat.


4. JAVA API Framework

JAVA API Framework  merupakan suatu kumpulan library Java yang sanggup kalian gunakan untuk melaksanakan pengembangan pada Aplikasi Android. Dalam menciptakan dan mengembangkan Aplikasi android, kalian juga harus memperhatikan tiga komponen utama, yakni View System ,Content Provider dan Managers
  • System View / Tampilan Sistem yang kaya dan luas serta sanggup kalian gunakan untuk menciptakan UI aplikasi, termasuk daftar, kisi, kotak teks, tombol, dan bahkan browser web yang sanggup disematkan
  • Pengelola Sumber Daya, menawarkan saluran ke sumber daya bukan kode menyerupai string yang dilokalkan, grafik, dan file layout.
  • Manager / Pengelola Aktivitas yang mengelola daur hidup aplikasi dan menawarkan back-stack navigasi yang umum.
  • Content Provider / Penyedia Materi yang memungkinkan aplikasi mengakses data dari aplikasi lainnya, menyerupai aplikasi Kontak, atau untuk membuatkan data milik sendiri
  • Pengelola Notifikasi yang mengaktifkan semua aplikasi guna menampilkan lansiran khusus pada bilah status.

5. Hardware Abstraction Layer (HAL)

Hardware Abstraction Layer (HAL) yaitu komponen-komponen hardware pada perangkat Smartphone atau  gadget pada umumnya , menyerupai Audio ,Bluetooth ,Camera, Sensor , dan lain sebagainya. Jika API kerangka bekerja untuk melaksanakan panggilan untuk mengakses perangkat keras, maka sistem Android akan memuat modul pustaka untuk komponen perangkat keras tersebut.

6. Android Runtime (ART)

Perlu kalian ketahui bahwa pada dasarnya android menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman utamany. Pada rangkaian kerjanya, Java akan mengcompile ke dalam bytecode, kemudian dihukum oleh Java Virtual Machine, yang tersedia di banyak sekali macam perangkat dan sistem operasi . 

Bytecode merupakan suatu hasil binary code (.class) dari arahan code j4va (.j4va) yang telah dicompile ,dan hanya sanggup dibaca oleh Java Virtual Machine ,yang kemudian dilanjutkan untuk dipakai oleh Sistem operasi menyerupai di Mac, Linux, dan Sistem operasi windows . Dibawah ini yaitu ilustrasi gambar dari ART

merupakan salah satu operating system smartphone yang bersifat  √ Mengenal dan Mempelajari Komponen Arsitektur Platform Android

Sumber http://www.komputerdia.com