Wednesday, October 18, 2017

√ Layayan Bimbingan Konseling (Kunjungan Rumah)

PROGRAM KEGIATAN PENDUKUNG
LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (KUNJUNGAN RUMAH)
SMP NEGERI ............ MAKASSAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


A. Latar Belakang
Kegiatan kunjungan rumah merupakan salah satu aktivitas pendukung yang diadakan untuk memahami diri siswa yang lebih lengkap dalam proses pemberian pemberian yang diberikan melalui layanan bimbingan konseling di sekolah.
Sekolah, khususnya tingkat sekolah menengah pertama merupakan lembaga pendidikan formal yang terorganisasi dan merupakan wadah kolaborasi kelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan untuk memanfaatkan sumber daya yang selektif, efektif dan efisien alasannya adanya persamaan motif untuk membantu akseptor didik (siswa) mencapai kedewasaannya.
Salah satu problem yang dihadapi dunia pendidikan, khususnya pada jenjang sekolah menengah pertama yakni bagaimana menanamkan dan menumbuhkan motivasi dan semangat berguru di kalangan siswa, alasannya motivasi dan semangat yakni hal yang penting dalam mencapai prestasi berguru yang tinggi. Berpangkal dari problem rendahnya motivasi berguru siswa maka muncullah banyak masalah-masalah yang berkaitan dengan siswa mulai dari tidak adanya minat, prestasi yang rendah, sering membolos, terlambat ke sekolah, perkelahian pelajar, pergaulan bebas, narkotika dan kenakalan pelajar lainnya.


Oleh alasannya itu, salah satu elemen penting di sekolah yang dituntut secara maksimal yakni bimbingan konseling (guidance and counseling). Peran ini tidak hanya menjadi tanggung jawab guru BK saja melainkan seluruh komponen pendidik yang ada di sekolah.
Penanganan permasalahan sering kali memerlukan pemahaman yang lebih lengkap perihal suasana rumah atau keluarga siswa. Untuk itu perlu dilakukan kunjungan rumah bagi siswa yang mengalami educational problems and social problem.
B.   Tujuan dan Fungsi Kunjungan Rumah
Kegiatan kunjungan rumah bertujuan:
1.             Untuk memperoleh banyak sekali keterangan (data) pelengkap yang diharapkan dalam pemahaman lingkungan dan permasalahan siswa, terutama perihal keadaan keluarga atau orang bau tanah siswa.
2.             Untuk mengkomunikasikan kepada orang bau tanah perihal permasalahan yang sedang dihadapi siswa.
3.             Membangun janji orang bau tanah terhadap pembahasan dan pengentasan problem siswa.
C.  Materi Kunjungan Rumah
Melalui kunjungan rumah akan diperoleh banyak sekali data dan keterangan perihal banyak sekali hal yang besar kemungkinan ada sangkut pautnya dengan permasalahan siswa. Data keterangan ini mencakup :
1.      Kondisi rumah tangga dan orang tua.

2.              Fasilitas berguru yang ada di rumah.
3.              Hubungan antara anggota keluarga.
4.              Sikap dan kebiasaan siswa di rumah.
5.              Berbagi pendapat antara orang bau tanah dan anggota keluarga lainnya terhadap siswa.
6.              Komitmen orang bau tanah dan anggota keluarga lainnya dalam perkembangan siswa dan pengentasan problem siswa.
D.  Hasil Kunjungan Rumah
Hasil yang diharapkan dari kunjungan rumah yang sukses ialah apabila guru pembimbing memperoleh data/keterangan pelengkap yang amat berarti bagi pemecahan problem siswa dan memperoleh janji yang besar lengan berkuasa dari orang bau tanah dan anggota keluarga lainnya untuk memecahkan problem siswa. Seluruh hasil kunjungan rumah dicatat dan didokumentasikan dengan rapi oleh guru pembimbing dan sebanyak-banyaknya dipergunakan untuk mendukung layanan pemecahan problem siswa yang bersangkutan (misalnya layanan pembelajaran, layanan konseling perorangan maupun layanan bimbingan konseling kelompok). Hasil kunjungan rumah diintegrasikan dalam himpunan data siswa.,
E.  Waktu Pelaksanaan Kunjungan Rumah
Kegiatan kunjungan rumah di laksanakan 10(Sepuluh) kali dalam 1 bulan
F.   Penyelenggaraan Kunjungan Rumah
Kegiatan kunjungan rumah dilaksanakan oleh: 1.   Kepala sekolah


2.              Guru BK
3.              Walikelas
G.  Sumber Dana
Sumber pembiayaan kunjungan rumah berasal dari dana BOS. H.  Anggaran Biaya
            Terlampir
I.   Penutup
Demikianlah citra agenda aktivitas pendukung bimbingan konseling lewat kunjungan rumah bagi siswa yang bermasalah, dengan impian biar sanggup terlaksana dan sukses atas dukungan dan partisipasi pihak terkait.

Mengetahui:                                                                Makassar, 10 April 2013
Kepala Sekolah                                                                          




..................................                                                                         ..................................
NIP.                                        130 860 854                                        NIP. 




LAMPIRAN
ANGGARAN BIAYA
PELAKSANAAN KEGIATAN PENDUKUNG LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING (KUNJUNGAN RUMAH)
SMP NEGERI .............. MAKASSAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Biaya transportasi = Rp. 40.000 1 kali kunjungan
Diperkirakan dalam 3 bulan terdapat 30 kali kunjungan rumah
30 x Rp. 40.000          =  Rp. 1.200.000
Jadi biaya kunjungan rumah triwulan pelajaran 2012/2013  sebanyak Rp.1.200.000
( satu juta dua ratus ribu rupiah )


Mengetahui:                                                                                        Makassar,10 April 2013
Kepala Sekolah                                                                          




..................................                                                                         ..................................
NIP.                                        130 860 854                                        NIP. 

Sumber http://risalridwan.blogspot.com