Wednesday, October 18, 2017

4 Perbedaan Rawa Dan Sungai

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Tidak hanya insan yang membutuhkan air, namun hewan dan tumbuhan pun tidak sanggup hidup tanpa adanya air. Tuhan menentukan Bumi sebagai planet di tata surya yang sanggup ditempati oleh makhluk hidup bukan tanpa alasan. Ada aneka macam alasan mengapa planet Bumi menjadi satu- satunya planeit yang mendukung kehidupan, dan salah satu alasannya yakni kesediaan air. Air di Bumi jumlahnya lebih banyak daripada daratan. Air di bumi sanggup dibedakan menjadi air maritim dan air daratan. Sumber air di daratan ada banyak sekali, diantaranya yakni sungai, rawa, danau, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara rawa dengan sungai.


Perbedaan Rawa dan Sungai


Rawa dan sungai yakni pola dari sumber- sumber air yang berada di daratan Bumi. Adapun kita menemukan rawa- rawa di daerah- daerah pedalaman. Sementara sungai lebih banyak ditemukan dan sanggup membelah di tempat pemukiman rakyat. Adapun keduanya mempunyai perbedaan yang berarti. Beberapa perbedaan antara rawa dan sungai antara lain sebagai berikut:



  1. Bentuk Rawa dan Sungai


Pertama yang akan kita sebutkan dari perbedaan rawa dan sungai yakni dari bentuknya. Sungai merupakan sumber air yang bentuknya panjang, bahkan sangat panjang. Sungai ini juga tidak terlalu lebar (meskipun di beberapa tempat sungai juga tergolong lebar). Panjang sungai bahkan sanggup memenuhi sebuah pulau dari ujung timur sampai barat atau utara sampai selatan. Sungai berasal dari sumber air di pegunungan dan mengalir sampai ke laut. Sungai yang dekat dengan maritim biasanya sangat lebar dan disebut dengan muara sungai. Sementara rawa merupakan sumber air yang tidak terlalu panjang menyerupai sungai namun biasanya lebih lebar daripada sungai pada umumnya.



  1. Letak Rawa dan Sungai


Selain dari bentuknya, perbedaan rawa dan sungai juga dilihat dari letaknya. Rawa biasanya terletak di hutan- hutan tropis dan jauh dari pemukiman penduduk. Rawa ini biasanya berada di sekitaran tanah gambut atau berlumpur yang selalu basah. Rawa juga berada di daerah yang sulit dijangkau oleh insan dengan kendaraannya. Sementara sungai lebih umum, terdapat di wilayah yang tidak terlalu terpencil, bahkan di tengah pemukiman penduduk. Bahkan di kota besar, bantaran atau pinggiran sungai sering dipakai sebagai tempat tinggal. Di negara maju sungai berada di tengah kota. Sementara di Indonesia sungai lebih banyak terdapat di pinggir sebuah wilayah lantaran dipakai pula sebagai pembatas suatu daerah.



  1. Aliran Air


Perbedaan antara sungai dengan rawa selanjutnya yakni mengenai pemikiran airnya. Rawa yakni sumber air yang sebagian besar airnya berupa genangan yang tidak banyak bergerak. Oleh alasannya yakni itu rawa lebih banyak di singgahi binatang- hewan yang buas. Sementara itu sungai yakni sumber air yang airnya terang mengalir menuju ke muara sungai untuk kemudian dialirkan ke laut. Ketika curah hujan lebih banyak, rawa mungkin sanggup meluap airnya menjadi lebih banyak yang menggenangi daratan, namun sungai sanggup berupa derasnya pemikiran air sungai tersebut sebelum selanjutnya meluap.



  1. Ekosistem


Perbedaan dari rawa dan sungai selanjutnya yakni dari segi ekosistem. Ekosistem ini sanggup berupa komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik ini berupa tumbuhan dan juga binatang, sementara itu komponen abiotik berupa suhu, tanah, udara, dan lain sebagainya. Ekosistem di rawa dihuni oleh binatang- hewan yang buas dan berbahaya menyerupai ular, buaya, dan lain sebagainya. Sementara itu sungai mempunyai hewan yang lebih dekat menyerupai ikan dan udang kecil. Tumbuhan yang hidup di rawa biasanya lebih besar daripada di sungai.


Nah itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh rawa dan juga sungai. Perbedaan rawa dan sungai memang sangat banyak, dan sanggup dilihat dari segi fisik maupun non fisik. Semoga info ini bermanfat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com