Friday, September 8, 2017

√ Referensi Tanaman Dan Fauna Di Indonesia Yang Khas Dari Masing-Masing Daerah

Flora dan Fauna di Indonesia - Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil, sudah tidak diragukan lagi bila menyimpan kekayaan hayati di dalamnya. Flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) endemik di Indonesia pun tak kalah banyak jumlahnya. Bahkan dapat dibilang di setiap pulau atau provinsi di Indonesia niscaya mempunyai setidaknya satu tumbuhan dan fauna khasnya (lihat juga: Hewan Langka di Indonesia). Untuk mempelajari lebih dalam ihwal tumbuhan dan fauna di Indonesia tersebut, berikut yaitu tumbuhan dan fauna khas di Indonesia yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Letak geografis Indonesia yang sangat strategis ternyata tidak hanya besar lengan berkuasa pada sektor ekonomi saja. Letak geografis ini ternyata juga besar lengan berkuasa pada kekayaan hayati di Indonesia, termasuk kekayaan tumbuhan dan fauna.

Seperti yang sudah umum diketahui bahwasannya tumbuhan dan fauna di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu tipe Asiatic, Autralis dan tipe peralihan. Berdasarkan ketiga tipe ini jugalah, tumbuhan dan fauna di Indonesia juga mempunyai karakteristik yang bermacam-macam tergantung pada kelompok tipenya. Beberapa jenis tumbuhan dan fauna berikut referensi kekayaan alam di Indonesia.

1. Bunga Sedap Malam dan elang bondol
Dari pulau Jawa, tumbuhan dan fauna orisinil yang khas yang berasal dari tempat Jawa yaitu elang bondol dan bunga sedap malam. Meskipun bunga sedap malam bukan termasuk tumbuhan yang hampir punah, namun bunga ini yaitu tumbuhan khas yang banyak dicari di Jawab terutama Jawa Timur. Untuk fauna, elang bondol yaitu fauna khas dari tempat Jawa yang keberadaannya sudah hampir punah.

2. Harimau Sumatera dan Bunga Bangkai
Jika berbicara Sumatera, ada banyak sumber daya alam yang busa ditemukan disini, termasuk tumbuhan dan fauna. Flora khas tempat Sumatera yang banyak dikenal secara luas yaitu bunga bangkai raksasa. Meskipun bunga ini mempunyai ciri khas baunya yang menyengat, namun saat mekar bunga ini yaitu bunga yang sangat dilindungi di Indonesia. Sedangkan untuk faunanya, semua niscaya oke bila harimau Sumatera yaitu fauna yang sangat terkenal dan benar-benar merepresentasikan Pulau Sumatera.

3. Orang Utan dan Bunga Anggrek Hitam
Dari tempat di Pulau Kalimantan, ada bunga anggrek hitam yang banyak tumbuh dan ditemukan di hutan Kalimantan (lihat: Fungsi Hutan). Sayangnya sebagai tumbuhan pujian masyarakat Kalimantan ini pun terancam punah alasannya yaitu semakin rusak dan semakin hilangnya habitat orisinil bunga ini. Hal serupa juga terjadi pada orang utan, fauna endemik yang hanya dapat ditemukan di hutan Kalimantan ini.

4. Burung Maleo dan Kayu Eboni
Dari tempat Sulawesi ada burung maleo dan kayu eboni. Flora dan fauna ini yaitu jenis yang sangat terkenal di masyarakat dan mengakibatkan keduanya sebagai simbol tumbuhan dan fauna khas dari tempat Sulawesi Tengah. Sayangnya keduanya termasuk dalam tumbuhan dan fauna endemik yang hampir punah.

5. Buah Merah dan Burung Cendrawasih
Tak ada fauna lain yang dapat merepresentasikan Papua selain burung cenderawasih. Ya, keindahan burung ini diyakin merupakan penggambaran dari keindahan Papua. Sedangkan buah merah yaitu tumbuhan dengan banyak khasiat yang hanya dapat Anda temukan di Papua.

Asal Daerah Flora dan Fauna Populer
Jawa Bunga sedap malam dan elang bondol
Sumatera Bunga Bangkai dan harimau sumatera
Kalimantan Orang utan dan Bunga anggrek hitam
Sulawesi Burung Maleo dan pohon eboni
Papua Burung cendrawasih dan buah merah

Itulah tadi klarifikasi lengkap ihwal tumbuhan dan fauna di Indonesia yang khas dan terkenal dari masing-masing daerah. Dengan isu ini Anda jadi semakin tahu bila setiap tempat di Indonesia mempunyai tumbuhan dan fauna khas dan mencerminkan tempat tersebut.
Sumber http://www.geologinesia.com