Monday, September 18, 2017

√ Pengertian Topologi Star, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan Dan Impelementasinya

Pengertian Topologi Star, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan dan Impelementasinya – Pada klarifikasi kali ini kami akan membahas wacana topologi star. Yang mencakup pengertian topologi star, fungsi, ciri-ciri, karakteristik, cara kerja, kelebihan dan kekurangan, serta implementasi topologi star yang akan dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Topologi Star, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan dan Impelementasinya


Membahas lengkap wacana apa itu topologi star, simak uraiannya dibawah ini.


Pengertian Topologi Star


Topologi star atau disebut juga topologi bintang ialah topologi jaringan yang berbentuk konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Pada topologi star pemakaian biaya sanggup dikatakan menengah. Pada topologi star setiap komputer dihubungkan dengan menggunakan perangkat yang disebut dengan Hub/Switch. Hub dalam topologi ini fungsinya untuk mendapatkan dan meneruskan sinyal-sinyal yang dikirim dari komputer satu ke komputer lain. Media transmisi yang digunakan pada topologi bintang ialah kabel UTP yang telah dilengkapi dengan konektor RJ 45.


Fungsi Topologi Star


Adapun fungsi dari topologi star ialah sebagai penghubung antar komputer satu dengan komputer lainnya didalam jaringan komputer, baik komputer tersebut sebagai server ataupun sebagai client. Selain itu untuk menyambungkan antar komputer di satu jaringan/network pada topologi star juga sanggup digunakan untuk menyambungkan perangkat keras komponen jaringan lainnya, menyerupai router, acces point, modem dan lainnya.


Ciri-Ciri Topologi Star


Ciri-ciri pada topologi star ialah terdapatnya hub atau switch yang menyambungkan setiap komputer server dan client.


Karakteristik Topologi Star


Adapun karakteristik dari topologi star ialah sebagai berikut:



  • Pada tiap node saling komunikasi secara direct atau pribadi dengan central node. Traffic data mengikuti ajaran dari node ke central node dan kembali lagi

  • Mudah pengembangannya dikarenakan pada tiap node hanyan memiliki kabel yang secara pribadi terhubung ke central node.

  • Apabila ada kerusakan di salah satu node maka hanya node tersebut yang terganggu, sedangkan yang lainnya tidak terganggu.

  • Bisa di pakai kabel lower lantaran cukup menghandel satu trafik node dan seringkali menggunakan kabel UTP.

  • Tipe kabel yang digunakan ialah jenis UPT dan konektor RJ 45

  • Jika tiap paket data yang masuk ke hub kemudian di sebarkan kesemua node yang tersambung sangat banyak, maka kinerja jaringan akan menjadi lemah/turun.


Cara Kerja Topologi Star


Adapun cara kerja dari topologi star ialah sebagai berikut:



  • Hub yang telah tersambung dengan server penyedia paket data sudah harus siap untuk sebagai pusat dari jaringan komputer.

  • Lalu, pasang kabel-kabel di dalam port pada hub atau switch yang digunakan sebagai sentral.

  • Jika tiap kabel sudah terpasang, hubungkan kabel-kabel tersebut ke dalam komputer-komputer yang dijadikan sebagai client atau user.

  • Dengan menyerupai itu, setiap user atau client akan mendapatkan data yang sama menyerupai apa yang dimiliki oleh server sebagai sentral dan juga sumber paket data.Jika menggunakan topologi star dalam pembuatan suatu jaringan komputer,maka harus menciptakan setiap komputer yang digunakan sebagai user dan membutuhkan tiap komputer dengna satu instalasi kabel. Oleh alasannya ialah itu jikalau memiliki 50 unit komputer client atau user, maka membutuhkan 50 unit kabel supaya suatu jaringan topologi star sanggup berjalan dengan baik dan optimal di setiap komputer user.Penggunaan topologi star bukan saja yang konvensional, tetapi telah ada istilah topologi star hybrid. Yang intinya topologi ini sama saja dengan topologi star umumnya. Tetapi yang membedakan ialah pemakaian kabelnya yang seringkali menggunakan beberapa tipe kabel di suatu jaringan komputernya.Pemakaian beberapa tipe kabel lebih menuju pada kualitas dari transfer data yang sanggup dilaksanakan oleh server dan hub atau switch kepada user. Semakin cantik kualitas dan jenis kabel yang digunakan di topologi star, maka semakin cantik pula kualitas dari transfer sinyal dan paket data dalam jaringan komputer tersebut.


Kelebihan Topologi Star


Adapun kelebihan dengan topologi star ialah sebagai berikut:



  • Dapat Dipakai Pada Banyak Komputer Server Dan Client

    Dengan menggunakan topologi star maka sanggup untuk menangani komputer server dan client dalam jumlah yang banyak. Untuk pemakaian komputer di satu ruangan yang sanggup mencapai 30-50 unit, saluran data diantara komputer didalam ruangan tersebut masih sanggup di tangani oleh jaringan topologi star ini.

  • Sangat Ringan Dalam Maintanance

    Dalam topologi star maintanance lebih gampang atau ringan, yang harus dilakukan ialah dengan melihat kondisi komputer server, hub atau switch dan juga kabel yang menyambungkan hub dengan komputer. Jika salah satu komputer user terjadi kerusakan pada jaringannya, maka cukup melihat kondisi kabel yang mengalami kerusakan, tidak harus melihat semua kabel satu per satu. Hal ini menimbulkan maintance semakin ringan.

  • Speed Transfer Pada Jaringan Komputer Sama Besar

    Menggunakan topologi star pada jaringan komputer maka setiap komputer server atau user yang tersambung akan mendapatkan kecepatan dan juga transfer data yang sama besar. Sehinggga sanggup meningkatkan efisiensi dari pemakaian jaringan tersebut.

  • Dapat Menggunakan Berbagai Tipe Kabel

    Dengan menggunakan topologi star, maka topologi ini sangat support dengan banyak sekali tipe kabel yang berbeda dalam satu jaringan komputer.

  • Mudah Dalam Pengembangan

    Jaringan komputer yang menggunakan topologi star gampang dalam pengembangannya. Jika ingin menambah jumlah komputer user dan client, maka hanya perlu membeli kabel, dan sanggup menyambungkan pribadi dengan hub atau switch yang digunakan sebagai sentral transmisi data dalam jaringan yang dibuat. Tanpa perlu instalasi kabel ulang yang sanggup membutuhkan waktu yang lama.

  • Tingkat Keamanan Jaringan Tinggi

    Tingkat keamanan pada topologi star cukup tinggi, hal ini dikarenakan dengan topologi star susah dirusaka tau diterobos oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, lantaran sudah memiliki tingkat keamanan tinggi.

  • Kemudahan Operasi Jaringan

    Pemakaian dan pengaplikasian pada topologi star saat membentuk jaringan komputer sangat mudah, sehingga banyak yang menentukan menggunakan topologi star dalam membangun jaringan komputer.


Kekurangan Topologi Star


Kekurangan dari topologi star ialah sebagai berikut:



  • Banyak Kabel Yang Dibutuhkan

    Penggunaan kabel yang banyak dalam topologi star ialah salah satu kekurangan jenis topologi ini. Karena untuk mewujudkan topologi star ini dibutuhkan kabel yang banyak, lantaran satu kabel digunakan untuk satu komputer user atau client.

  • Hub atau Switch Perlu Perawatan

    Hub atau switch dalam topologi star ialah hardware yang memiliki fungsi utama. Oleh alasannya ialah itu diharapkan perawatan dari alat ini dengan baik, jikalau terjadi kerusakan pada komponen hub maka akan mengakibatkan sambungan dan transfer data didalam semua jaringan akan mengalami gangguan dan kerusakan.

  • Lalu Lintas Padat Bisa Menurunkan Kecepatan Transfer Data

    Dalam topologi star jikalau kemudian lintas sangat padat, maka sanggup menurunkan kecepatan transfer data dan sanggup menurunkan kualitas dari jaringan komputer.

  • Biaya Membangun Jaringan Lebih Tinggi

    Dengan banyaknya bahan-bahan yang harus digunakan untuk membangun topologi star, maka sudah sanggup diperkirakan biaya yang digunakan akan lebih tinggi dari pada jenis topologi lain. Banyaknya kabel yang digunakan dan hub inilah yang sanggup menciptakan biayanya lebih mahal atau tinggi.


 Pada klarifikasi kali ini kami akan membahas wacana topologi star √ Pengertian Topologi Star, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan dan Impelementasinya


Impelementasi Topologi Star


Topologi star ialah salah satu jenis topologi yang banyak diaplikasikan pada jaringan komputer umumnya, lantaran sanggup mengurangi biaya maintanance. Penggunaan topologi ini biasanya pada jaringan komputer yang terdiri 20-30 komputer dan implementasinya biasanya pada lokasi:



  • Sekolah

  • Kantor

  • Warnet

  • Instansi

  • Dan lainnya


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Topologi Star, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan dan Impelementasinya semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id