Sunday, September 24, 2017

√ Metode Dalam Pembelajaran Remedial

Metode yang dipakai dalam pembelajaran remedial yaitu metode yang dilaksanakan dalam keseluruhan acara bimbingan mencar ilmu mulai dari tingkat identifikasi kasus hingga dengan tindak lanjut.

Metode yang sanggup dipakai yaitu:
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Tugas
  • Tutor
  • Pengajaran individual 

1. Tanya Jawab
Metode ini dipakai dalam rangka pengenalan kasus untuk mengetahui jenis dan sifat kesulitannya. dalam rangka perbaikan (remedial) serangkaian tanya jawab sanggup membantu siswa dalam:
  • memahami dirinya;
  • mengetahui kelebihan/kekurangannya;
  • memperbaiki cara-cara belajar. 
Tanya jawab sanggup dilakukan secara individual maupun secara kelompok. Kelebihan metode ini dalam pembelajaran remedial yaitu:
  • memungkinkan terbinanya hubungan guru-siswa;
  • meningkatkan motivasi belajar;
  • merupakan kondisi yang menunjang pelaksanaan penyuluhan;
  • menumbuhkan rasa harga diri. 

2. Diskusi
Metode ini dipakai dengan memanfaatkan interaksi antar-individu dalam kelompok untuk memperbaiki kesulitan mencar ilmu yang dialami oleh kelompok siswa. Kelebihan metode ini dalam pembelajaran remedial, yaitu:
  • setiap individu dalam kelompok sanggup mengenal diri dan kesulitannya dan menemukan jalan pemecahannya.
  • interaksi dalam kelompok menumbuhkan perilaku percaya mempercayai.
  • mengembangkan kolaborasi antar-pribadi.
  • menumbuhkan kepercayaan diri.
  • menumbuhkan rasa tanggung jawab. 

3. Metode Tugas
Metode ini sanggup dipakai dalam rangka mengenal kasus dan dalam rangka pemberian bantuan. dengan pemberian tugas-tugas tertentu baik secara individual maupun secara kelompok, siswa yang mengalami kesulitan sanggup ditolong.

Dengan metode ini siswa dibutuhkan dapat:
  • lebih memahami dirinya;
  • dapat memperluas/memperdalam materi yang dipelajari;
  • dapat memperbaiki cara-cara mencar ilmu yang pernah dialami. 

4. Metode Tutor
Tutor ialah siswa yang sebaya yang ditunjuk/ditugaskan membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar, alasannya hubungan antara sahabat umumnya lebih dekat dibandingkan hubungan guru-siswa. Dengan petunjuk-petunjuk dari guru, tutor ini membantu temannya yang mengalami kesulitan. pemilihan tutor ini didasarkan atas prestasi, punya hubungan sosial baik dan cukup disenangi oleh teman-temannya. Tutor berperan sebagai pemimpin dalam acara kelompok sebagai pengganti guru.

Dengan Tutor ini ada kelebihannya, yaitu:
  • Adanya hubungan yang lebih dekat dan akrab.
  • Tutor sendiri kegiatannya merupakan pengayaan dan menambah motivasi belajar.
  • dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri. 

5. Pengajaran individual
Pengajaran individual ialah interaksi antara guru-siswa secara individual dalam proses mencar ilmu mengajar. Pendekatan metode ini bersifat individual sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa. Materi yang diberikan mungkin pengulangan, mungkin materi gres dan mungkin pengayaan apa yang telah dimiliki siswa. Pengajaran individual ini bersifat teraputik, artinya mempunyai sifat penyembuhan dengan cara memperbaiki cara-cara mencar ilmu siswa. Untuk melakukan pengajaran individual ini guru dituntut mempunyai kemampuan membimbing dan bersikap sabar, ulet, rela, bertanggung jawab, mendapatkan dan memahami, dan sebagainya. Hasil yang dibutuhkan dalam pengajaran ini disamping adanya perubahan prestasi mencar ilmu juga perubahan dalam pemahaman diri siswa.

Sumber http://www.catatanmatematika.com