Sunday, September 10, 2017

√ Karakteristik Benua Asia Yang Membedakannya Dengan Benua Lain

Apa saja karakteristik Benua Asia? - Ada total 5 benua besar yang ada di dunia ini, Benua Eropa, Amerika, Asia, Australia dan Afrika. Diantara kelima benua tersebut, Benua Asia yakni benua yang paling besar dan paling luas yang ada di dunia (lihat Peta Asia). Secara geografis, Benua Asia ini terletak diantara Benua Eropa dan Benua Afrika serta Benua Australia.

Selain itu, Benua Asia juga diapit oleh samudera-samudera yang luas menyerupai Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Arktik. Untuk mengenal lebih dalam perihal Benua Asia, berikut akan dijelaskan perihal karakteristik Benua Asia yang harus Anda pahami.

Setiap benua mempunyai karakteristik berbeda yang membedakannya antara satu benua dengan benua lainnya. Seperti juga Benua Asia yang mempunyai karakteristik khusus. Berikut ini yakni karakteristik Benua Asia yang membedakannya dengan benua lain.

1. Benua Terluas di Dunia
Karakteristik pertama dan populer dari Benua Asia yakni luasnya. Benua Asia mempunyai luas mencapai 43.149.671km2. Jika dihitung, benua Asia ini menempati seperempat dari luas daratan di permukaan bumi. Luasnya juga sama dengan 4 kali luas Benua Eropa. Dengan luas ini, tak heran bila di Benua Asia terdiri dari bermacam-macam negara yang dibagi ke dalam beberapa wilayah.

2. Sepertiga Bagiannya yakni Pegunungan
Karakteristik selanjutnya yang menempel pada Benua Asia yakni bahwa benua ini populer dengan pegunungannya. Total sepertiga dari wilayah Benua Asia itu sendiri yakni pegunungan. Tak hanya pegunungan, di Benua Asia juga terdapat banyak gunung api yang masih aktif melaksanakan aktivitas erupsi.

Banyaknya pegunungan yang ada di Benua Asia ini tidak lepas dari lokasinya yang berada di area lempeng tektonik. Lempeng tektonik yang saling bertumbukan inilah yang menjadikan munculnya pegunungan bahkan menjadikan wilayah Asia sering mengalami gempa bumi.

3. Memiliki Dataran Tinggi Tertinggi dan Dataran Rendah Terluas
Masih dari kenampakan alamnya, Benua Asia juga dikenal sebagai benua yang mempunyai dataran tinggi tertinggi dan dataran rendah paling luas di bumi. Adanya puncak tertinggi di dunia, yaitu puncak Everest di Pegunungan Himalaya lalu menobatkan Benua Asia menjadi benua tertinggi.

Selain itu, permukaan Benua Asia juga dihiasi dengan dataran rendah yang sangat luas. Sebut saja menyerupai dataran rendah Turan, Siberia dan beberapa dataran rendah populer lainnya yang ada di Benua Asia.

4. Tempat Bertemunya Tiga Buah Jalur Pegunungan yang Besar
Sudah dijelaskan sebelumnya bila Benua Asia mempunyai pegunungan dengan jumlah yang sangat banyak. Karena jumlah pegunungan yang banyak ini, maka pertemuan antar pegunungan bukanlah hal yang aneh.

Yang menarik yakni adanya satu daerah di Asia yang menjadi daerah bertemunya 3 jalur pegunungan besar sekaligus, pegunungan Muda Sirkum Pasifik, Pegunungan Australia dan Pegunungan Muda Sirkum Mediterania. Tempat pertemuan itu berada di maritim Kepulauan Banda. Maka tak heran bila di wilayah ini sangat rawan terjadi gempa bumi.

Karakteristik dari Benua Asia sanggup dirangkum dalam tabel menyerupai di bawah ini:

Karateristik Keterangan/contoh
Benua Terluas di Bumi 43.149.671km² / 4x luas daratan Benua Eropa
Dataran Tinggi Tertinggi puncak tertinggi di puncak everest
Dataran Rendah terluas Dataran rendah Siberia

Demikian tadi klarifikasi perihal karakteristik Benua Asia yang khas dan tidak dimiliki oleh benua manapun. Informasi ini akan menunjukkan pengetahuan lebih banyak untuk Anda.
Sumber http://www.geologinesia.com