Friday, September 15, 2017

16 Pengertian Ras Berdasarkan Para Jago Terlengkap

16 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal ras. Lebih tepatnya pengertian ras yang berdasarkan pernyataan para mahir yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama. Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap 16 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap



Pengertian Ras Menurut Para Ahli


Kata ras berasal dari istilah bahasa perancis race, bahasa latin radix yang mempunyai arti “akar“. Istilah ini sudah dipakai semenjak era ke-20 dalam makna biologis untuk mengatakan suatu populasi insan yang bermacam-macam dari segi genetik dengan para anggota yang mempunyai fenotipe yang sama.




  1. Chainur Arrasjid (1972) Dosen Fakultas Hukum USU


    Pengertian ras berdasarkan Chainur Arrasjid ialah segolongan insan yang mempunyai persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.



  2. Dunn dan Dobshansky


    Pengertian ras berdasarkan Dunn dan Dobshansky ialah persamaan gen/kateogri individu secara bebuyutan mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras mempunyai pengertian sercara biologis dan fisik tidak termasuk sifat-sifat budanyanya.



  3. Haldane


    Pengertian ras berdasarkan Haldane adlah suatu kelompok yang aneka macam kesamaan satu set huruf tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.



  4. Banton (1967)


    Pengertian ras berdasarkan Banton ialah suatu tandan peran, perbedaan fisik yang dijakdikan dasar untuk tetapkan tugas yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis “ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek sosial berkaitan tugas dan kebiasaan yang dilakukan.



  5. Daljoeni


    Pengertian ras berdasarkan Daljoeni adalah:



    • Suatu kategori tertentu dari seseorang yang sanggup superior atau inferior yang ditandai oleh karakteristik fisik, menyerupai warna kulit, tekstur rambut, dan lipatan mata.

    • Pengelompokkan insan berdasarkan karakteristik biologis, misal; kaukasoid, negroid, australoid, dan indian.




  6. Gill Dan Gilbert


    Pengertian ras berdasarkan Gill dan Gilbert ialah pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang sanggup dibedakan berdasarkan karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.



  7. Kohlbrugge


    Pengertian ras berdasarkan Kohlbrugge ialah insan yang mempunyai kesamaan ciri-ciri jasmani alasannya diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Bisa diambil kesimpulan bahwa ras ialah golongan insan dengan ciri fisik yang sama. Para mahir antropologi fisik pada umumnya membagi ras berdasarkan lokasi geografis, ciri-ciri fisik dan prinsip evolusi rasial.



  8. Grosse


    Pengertian ras berdasarkan Grosse ialah golongan insan yang merupakan satu kesatuan alasannya kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapa dibedakan dengan kesatuan lain.



  9. Koentjaraningrat


    Pengertian ras berdasarkan Koentjaraningrat ialah golongan insan yang mengatakan aneka macam ciri badan yang tertentu dengan frekuensi yang besar.



  10. Stephen K. Sanderson


    Pengertian ras berdasarkan Stephen K. Sanderson ialah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri dan diidentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.



  11. Alex Thio


    Pengertian ras berdasarkan Alex Thio ialah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat mempunyai ciri-ciri biologis yang berbeda.



  12. Horton dan Hunt


    Pengertian ras berdasarkan Horton dan Hunt ialah suatu kelompok insan yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang dipakai oleh masyarakat.



  13. Bruce J. Cohen


    Pengertian ras berdasarkan Bruce J. Cohen ialah kategori individu yang secara turun temurun mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.



  14. AAE (Academic American Encylclopedia 1980)


    Pengertian ras berdasarkan AAE ialah suatu kajian teori yang dipakai untuk menyatakan suatu persamaan, dari warna kulit, rupa, bentuk, warna rambut, perilaku, dan tingkat intelektual. Pengertian tersebut tentu saja mengakibatkan bahwa insan menganggap segala kondisi kaum mereka ialah lebih tepat dibandingkan dengan kaum lain.



  15. Webster’s New Collegiate Dictionary (dalam Webster 1976)


    Pengertian ras berdasarkan Webster’s New Collegiate Dictionary ialah suatu bentuk kelompok insan yang dianggap mempunyai kesamaan secara turun temurun dan kesamaan tersebut sanggup untuk mengenali tipe insan lain.



  16. Wikipedia


    Pengertian ras berdasarkan Wikipedia adlah suatu sistem pembagian terstruktur mengenai yang dipakai untuk mengkategorikan insan dalam populai atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotipe, asal seruan geografis, tampang jasmani dan kesukuan yang diwarisi.



Demikianlah telah dijelaskan perihal 16 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.


Silakan Baca Juga:



 



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id