Wednesday, August 2, 2017

Tanah Longsor Sukabumi : Penyebab Dan Dampaknya

Indonesia ialah sebuah negeri yang bisa dikatakan cukup kaya dan subur. Maka tak mengherankan jikalau dari dulu indonesia bisa dibilang menjadi rebutan. Hal ini bisa kita ketahui dari banyak sekali catatan sejarah yang ada. Namun, ternyata di balik kesuburan tanah yang ada, ini menyimpan banyak sekali macam kengerian yang bisa dikatakan sangat banyak.


Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai banyak sekali daerah rawan bencana. Kondisi ini disebabkan oleh keadaan alam dari indonesia sendiri yang bisa dikatakan cukup menarik. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai gunung berapi terbanyak. Selain itu juga dilewati oleh banyak sekali macam lempengan planet bumi yang setiap ketika sanggup menimbulkan bencana alam.


Jika kita melihat kondisi yang ada maka memang bukan hal yang gila jikalau peristiwa ialah sebuah hal yang lumrah. Munculnya musibah yang terjadi di indonesia bisa dari banyak sekali macam penyebab. Karena itu proses penanggulangan peristiwa alam yang ada di indonesia bisa dikatakan cukup bermacam-macam dan banyak sekali. Salah satu musibah yang cukup sering terjadi ialah banjir dan tanah longsor. Kedua peristiwa ini ialah jenis yang paling lumrah dan yang paling umum.


Membahas mengenai musibah yang ada di Indonesia maka kita akan membahas mengenai salah satu musibah yang gres terjadi. kita akan membahas mengenai peristiwa tanah longsor sukabumi yang bisa dikatakan cukup besar dengan menjadikan dampak yang bisa dikatakan tidak ringan.


PENYEBAB


Indonesia ialah sebuah negeri yang bisa dikatakan cukup kaya dan subur Tanah Longsor Sukabumi : Penyebab dan DampaknyaJika membicarakan mengenai tanah longsor maka intinya tak akan terlalu jauh dari kondisi tanah itu sendiri. Salah satu penyebab tanah longsor yang bisa kita ketahui ialah tanah yang kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan posisinya. Hal ini bisa disebabkan lantaran sifat dan jenis tanah itu sendiri. Namun, juga bisa disebabkan oleh faktor luar yang cukup mempengaruhi. Salah satunya ialah faktor dinamika perubahan atmosfer yang menimbulkan hujan sejarah berlebihan. Hujan berlebihan ini sanggup menjadikan kandungan air pada tanah akan berlebihan sehingga lebih memberatkan tanah itu.


Hujan yang berlebihan ini juga yang menjadi salah satu penyebab dari insiden tanah longsor sukabumi. Berdasarkan data yang ada. Sehari sebelum terjadinya longsoran ini tempat sukabumi di guyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi. Guyuran hujan ini terjadi dalam jangka waktu yang bisa dikatakan cukup lama. Selain itu menurut data PVMBG tempat Sukabumi merupakan salah satu tempat yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadinya tanah bergerak. Tingkat kemungkinan terjadinya dari menengah sampai tinggi


Indonesia ialah sebuah negeri yang bisa dikatakan cukup kaya dan subur Tanah Longsor Sukabumi : Penyebab dan DampaknyaSelain itu tempat daerah Cisolok yang menjadi lokasi terjadinya peristiwa ini juga mempunyai kontur tanah yang juga cukup berbahaya. Hal ini dikarenakan desa ini mempunyai sudut kemiringan sampai 30 derajat. Kawasan daerah cisolok ini sendiri termasuk kedalam jenis lereng terjal sampai sangat terjal. Selain itu tanah yang ada di daerah cisolok ini juga mempunyai tingkat porositas yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui porositas ialah salah satu dari sifat fisik tanah yang cukup penting. Namun juga harus diperhatikan dengan baik.


Guyuran hujan yang terjadi selama beberapa jam menjadi sebuah hal yang berbahaya dengan kondisi tanah yang mempunyai porositas tinggi, ketika tanah menjadi jenuh maka kemampuanya untuk mengikat akan hilang. Hal ini sanggup kita lihat dari jenis dan bentuk dari longsoran yang terjadi pada tanah longsor sukabumi. Longsoran yang terjadi ini pada awalnya bertipe luncuran namun kemudian bermetamorfosis aliran. Perubahan ini disebabkan lantaran kandungan air yang ada di dalam tanah sudah sangat jenuh dan berlebihan. Permukaan tanah yang termasuk kedalam jenis tanah gembur juga sangat berperan aktif dalam menimbulkan terjadinya longsoran ini.


DAMPAK


Indonesia ialah sebuah negeri yang bisa dikatakan cukup kaya dan subur Tanah Longsor Sukabumi : Penyebab dan DampaknyaJika berbicara mengenai dampak yang muncul pada insiden tanah longsor di sukabumi, bisa dikatakan cukup besar. Kita semua tahu bahwa dampak tanah longsor memang mungkin akan bermacam-macam dan bermacam-macam tergantung dari jenis dan kondisi yang ada. Namun, bisa dikatakan para insiden tanah longsor sukabumi, bisa dikatakan cuku besar. Hal ini dibuktikan dengan jumlah korban yang bisa dikatakan cukup banyak. Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan oleh PVMBG, terdapat 64 korban selamat, 31 korban meninggal, 2 korban masih hilang dan dalam tahap pencarian, serta 2 korban luka ringan. Serta tak sedikit dari infrastruktur yang mengalami rusak berat dan tak bisa dipakai lagi. Hal tersebut tentunya bis kita jadikan sebuah bukti bahwa tanah longsor memang cukup berbahaya dan harus diperhatikan dengan baik.


Itulah tadi beberapa klarifikasi mengenai tanah longsor sukabumi yang bisa kalian ketahui. Terjadinya tanah longsor bisa disebabkan oleh banyak sekali macam penyebab dan kondisi yang bermacam-macam. akan lebih baik jikalau kita bisa lebih memahami dan mengerti mengenai kondisi dan karakteristik dari lingkungan dimana kita tinggal. Pengenalan ini sedikit banyak bisa membantu kita untuk lebih paham akan kemunculan bahaya. Semoga isu tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com