Wednesday, August 2, 2017

√ Rumus Koefisien Determinasi

Rumus untuk koefisien determinasi yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya mengenai rumus koefisien korelasi product moment. menyerupai yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa saat kita memakai kegiatan komputer SPSS, maka tidak perlu lagi repot-repot untuk menghitung koefisien determinasinya alasannya yakni sudah otomatis keluar pada outputnya. namun hal ini diharapkan untuk melengkapi belahan metodologi penelitian.


koefisien determinasi ini yakni salah satu belahan dari analisis regresi linier berganda ataupun regresi liner sederhana yang mana dipakai untuk mengukur kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen. dengan kata lain, nilai koefisien determinasi menyatakan proporsi keragaman pada variabel bergantung yang bisa dijelaskan oleh variabel penduganya (Nawari, 2010). koefisien determinasi disimbolkan dengan R square. Oke sob, silahkan di lihat di bawah ini rumus yang dipakai untuk menghitung koefisien determinasi:


Rumus untuk koefisien determinasi yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini merupak √ Rumus koefisien determinasi


Sumber: Sugiyono dalam Syaibani (2014)


Nilai Koefisien determinasi berikasr antar 0 hingga 1. apabila nilai koefisien determinasi mendekati 1 artinya imbas variabel independen terhadap variabel dependen semakian kuat, dan sebaliknya apabila nilai koefisien determinasi mendekati 0 maka imbas variabel independen terhadap variabel dependen semakin lemah (Nawari, 2010).


hanya  itu yang bisa kami sampaikan mengenai rumus koefisien determinasi. mungkin di lain kesempatan kami sanggup membahas lebih dalam lagi mengenai koefisien determinasi ini. kalau ada masukan atau pertanyaan silahkan hub kami melalui kontak yang sudah disediakan di web ini (hubungi kami di jam kerja ya!). bagi yang membutuhkan jasa olah data juga bisa menghubungi kami. tks Admin.


Referensi:


Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Medi Komputindo


DESTIAN SYAIBANI, .2014. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas


 



Sumber https://www.spssstatistik.com