Perangkat Input dan Output – Komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari perangkat input dan output. Perangkat input maupun output mempunyai peranan penting dalam mengerjakan fungsinya masing-masing. Selain itu ada juga yang disebut sebagai hardware dan software.
Input dan output biasanya dilambangkan dengan I/O, merupakan sistem mikroprosesor yang digunakan untuk menghubungkan perangkat luar dengan komputer. Benda yang termasuk dalam perangkat input dan output diantaranya mouse, keyboard, flashdisk, joystick, monitor, serta printer.
a. Perangkat Input Komputer
- Keyboard
- Mouse
- Touch Pad
- Light Pen
- Scanner
- Joystick
- Trackball
- Kamera Digital
- Handycam
- Webcam
- Graphic Pad
- Barcode Reader
- Microphone
- Finger Print
- Card Reader
- CD Room (I/O)
- Flashdisk (I/O)
b. Perangkat Output Komputer
- Monitor
- Printer
- Plotter
- Headphone/Earphone
- Proyektor
- Speaker
Untuk lebih terang dan mendalam, simak artikel berikut. Berikut akan dijelaskan mengenai input dan output device, mulai dari pengertian hingga contohnya.
Daftar Isi Artikel
Pengertian Input
Input ialah masukan. Jadi, perangkat input pada komputer berarti perangkat masukan yang memberi perintah pribadi berupa isu digital pada pengguna. Benda ini sanggup dilihat dan diraba, bukan menyerupai perangkat lunak komputer yang sifatnya tidak sanggup diraba alasannya ialah berupa 2 dimensi.
Perangkat input merupakan perangkat pendukung yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan alat komputasi ini. Berikut ini ialah daftar pola input device beserta penjelasannya.
1. Keyboard
Keyboard ialah alat untuk memasukkan data yang berupa huruf, simbol, angka, dan lain-lain. Dengan perangkat keyboard kita bisa menciptakan teks, laporan, dan sejenisnya. Untuk huruf, terdapat abjad A hingga Z; sedangkan angka, ada angka 0,1, hingga 9.
Selain itu sanggup memasukkan tanda baca koma, titik, perintah, tanya. Juga ada simbol garis miring, titik dua, kurung, persen, pagar, bintang, tanda kutip, dan lain sebagainya. Keyboard mengalami pengembangan beberapa kali sehingga terdapat banyak sekali macam varian port, menyerupai port serial, PS/2, wireless, dan USB.
2. Mouse
Mouse merupakan perangkat input yang digunakan untuk menunjuk posisi pointer atau kursor pada layar. Mouse ialah istilah pinjaman dari bahasa Inggris yang artinya tikus. Bentuknya pas untuk genggaman tangan dan ukurannya kurang lebih sama dengan rata-rata ukuran tikus.
Terdapat dua tombol yang bisa diklik dengan jari telunjuk dan jari tengah. Orang menyebutnya klik kanan dan kiri. Masing-masing tombol mempunyai fungsi berbeda. Klik kiri mempunyai fungsi menyerupai enter atau mengatakan OK. Sedangkan klik kanan mempunyai beberapa pilihan menu.
3. Light Pen
Light pen (pena cahaya) ialah sejenis piranti layar sentuh sebagai pengganti jari tangan. Sebagai salah satu perangkat input atau input device pada komputer, light pen sering digunakan untuk keperluan grafis, atau menggambar.
Bentuknya sangat portable menyerupai pulpen dan bisa mengeluarkan sensor cahaya ketika ujung pena digoreskan pada layar monitor. Makara kita sanggup menulis maupun menggambar dengan mudah. Layar monitor bisa merekam tiap baris per detik sebanyak 6 sinyal elektronik.
Monitor yang sanggup mendapatkan sinyal cahaya dari light pen bukanlah monitor sembarangan, melainkan monitor yang mempunyai kabel penghubung. Contohnya Notebook Sharp. Pemakaian light pen digunakan untuk kegiatan tertentu menyerupai Computer Aided Design (CAD) atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
4. Touchpad
Touchpad merupakan perangkat input yang bekerja layaknya mouse, yaitu sebagai penunjuk pointer atau kursor.
Bedanya, mouse tergolong portable device yang sanggup dipasang dan dilepas. Kalau touch pad biasanya terdapat pada laptop / notebook yang sudah terpasang permanen. Cara menggunakannya hanya dengan menggerakkan jari pada permukaan touch pad.
5. Scanner
Scanner mempunyai fungsi untuk menampilkan / mengcopy teks atau gambar melalui layar monitor dan sanggup disimpan berupa file. Hasil copy-annya sangat menyerupai mulai dari warna dan bentuk. Untuk ukuran bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.
Mesin scanner zaman kini fungsinya bisa merangkap sebagai mesin fotokopi, dan printer. Ketiga kiprah penting dalam percetakan ini sanggup ditemukan dalam satu alat (3 in 1).
6. Joystick
Joystick ialah alat berupa tuas dan bisa bergerak ke segala arah. Kegunaannya untuk mentransmisikan arah pada permainan video game. Perangkat ini dilengkapi dengan tombol-tombol untuk melaksanakan beberapa fungsi dan tugas.
7. Trackball
Trackball merupakan benda kecil bundar yang sanggup digerakkan ke atas dan ke bawah. Benda ini terdapat pada mouse, biasanya terletak di tengah atas. Fungsinya untuk menggerakkan layar secara vertikal (naik / turun). Trackball memudahkan pengguna dalam menggeser atau memindahkan halaman.
8. Kamera Digital
Kamera digital ialah perangkat yang ada pada laptop berupa kamera kecil yang terpasang di erat monitor bab atas. Bisa juga berupa kamera portable yang sanggup terhubung ke komputer dengan kabel. Kamera ini bisa mengambil foto maupun video, dan menyimpannya di dalam perangkat komputer atau laptop.
9. Handycam
Fungsi Handycam tidak jauh beda dengan kamera digital. Sesuai dengan namanya, handycam sifatnya sangat handy, bisa dibawa kemana-mana.
Dapat digunakan untuk merekam video, melaksanakan foto, dan sanggup menyimpannya dalam ukuran tertentu. Selain itu juga bisa membagi / sharing / transfer file berupa soft copy ke perangkat lain.
10. Webcam
Webcam fungsinya tak jauh beda dari kamera digital. Webcam ialah kamera yang terhubung ke web, bisa untuk melaksanakan panggilan video (video call) dan berfoto. Biasanya input device ini terpasang pada komputer dan diletakkan di atas monitor. Bentuk webcam mini menyerupai kamera CCTV dan sanggup merekam kalau diaktifkan.
11. Graphics Pad
Graphics pad merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggambar sketsa. Alat ini sanggup memungkinkan pemakainya menggambar dengan tangan layaknya menulis atau menggambar menggunakan kertas. Jika menulis di atas kertas menggunakan pensil atau pena, piranti ini menggunakan perangkat khusus yang dinamakan light pen.
12. Barcode Reader
Barcode sering kita jumpai di kemasan produk-produk yang diperjual belikan di pasaran. Ada alat khusus untuk membaca data pada barcode. Piranti ini termasuk dalam input device atau perangkat input komputer. Data pada barcode yaitu berupa kumpulan data optik atau berbentuk isyarat batang / simbologi linear / satu dimensi (1D).
Piranti satu ini biasanya ada di toko swalayan untuk mentranskripsi isyarat batang barcode suatu produk. Alat barcode memudahkan kiprah insan biar lebih efektif, efisien dalam bekerja. Sehingga pelayanan di toko pun menjadi lebih cepat.
Pengertian Output
Output berarti ‘luar’. jadi perangkat output atau output device ialah piranti pada komputer yang sanggup menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari hasil pengolahan data. Data diolah oleh komputer kemudian dikeluarkan berupa produk.
Alat yang bisa menghasilkan produk dari olahan data komputer inilah yang disebut perangkat output. Produk itu bisa berupa suara, video, cetakan (hardcopy), teks, gambar, foto, dan sebagainya. Berikut ini ialah pola alat-alat output.
1. Monitor
Monitor ialah keluaran yang berupa sinyal elektronik sehingga menghasilkan gambar yang sering kita lihat di layar monitor. Gambar tersebut hasil dari pemrosesan data. Resolusi gambar tiap monitor berbeda-beda.
Resolusi mempengaruhi ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin anggun gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda menyerupai televisi yang mempunyai bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung.
Terdapat banyak sekali jenis monitor, yaitu monitor LCD, tabung sinar kathoda, monitor plasma, dan monitor OLED. Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan media penampil yang menggunakan kristal cair.
LCD ini sanggup kita temui pada alat elektronik, misalnya kalkulator, televisi, notebook, dan layar komputer. Beberapa kelebihan LCD diantaranya hanya membutuhkan daya listrik rendah, mengeluarkan panas sedikit, tipis /flat, dan beresolusi tinggi.
Tabung sinar katode (cathode ray tube / CRT) biasanya digunakan dalam televisi, layar komputer, oskiloskop. Piranti satu ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun. Pada era ke 20 CRT banyak digunakan oleh orang-orang untuk menonton tv yang sering disebut tv tabung. CRT pada TV tabung ini dikembangkan oleh Philo Farnsworth.
Sinar katode dihasilkan dari katode yang diberi energi panas di dalam sebuah vakum sehingga menghasilkan ajaran elektron dengan kecepatan tinggi.
Selanjutnya, monitor plasma mulai digunakan sekitar tahun 1970 dan diciptakan oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow tahun 1964.
Terakhir, monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) ialah semi konduktor yang terbuat dari lapisan organik dan bertugas sebagai pemancar cahaya. OLED biasanya digunakan dalam elektroluminensi, misalnya pada apk tampilan layar. Teknologi diode cahaya organik ini ukurannya sangat tipis sekitar 1 mm atau kurang.
2. Printer
Perangkat keras printer berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks maupun gambar / foto. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan ialah tinta dan tinta bubuk (toner).
Perbedaannya terletak pada sistemnya. Tinta atau sembur tinta tidak membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta bubuk (laser) butuh pemanasan.
Mesin printer kini mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Satu piranti tidak hanya satu fungsi, tetapi mempunyai beberapa fungsi, menyerupai scan, print, fotokopi.
Saat ini ada mesin cetak versi gres yang sanggup menghasilkan cetakan dalam bentuk 3D. Perangkat cetak 3 in 1 ini memudahkan pekerjaan penggunanya, entah itu yang bekerja di institusi negeri, swasta, perorangan, perjuangan percetakan, maupun perjuangan rumahan.
Pencetak modem ialah alat yang sangat canggih. Benda elektronik yang ada pada sebuah mesin pencetak sama dengan benda elektronik yang terdapat pada komputer.
Mesin cetak mempunyai 6 jenis yaitu Daisy Wheel, Dot Matrix, Drum, Laser, Chain, dan Ink-jet / Bubble Jet. Sekarang perangkat cetak tersedia dengan kemampuan multifungsi sehingga pekerjaan di bidang percetakan maupun penerbitan menjadi lebih mudah.
3. Plotter
Plotter merupakan printer grafis yang bisa menggambar grafis berdasar data yang dimasukkan. Plotter bisa mencetak gambar dengan menyesuaikan ukuran blueprint arsitektur dan engineering.
Alat output ini dibagi menjadi 3, plotter Gerber Infinit, Mechano, dan Final. Selain ketiga macam plotter tersebut, masih ada jenis plotter lainnya, menyerupai plotter pena, elektrostatis, thermal, pemotong, dan format lebar.
Plotter pena menghasilkan keluaran berbentuk garis kontinyu pada plastik transparan atau kertas. Plotter elektrostatis memanfaatkan energi listrik biar menarik tinta pada kertas. Kemudian tinta dicairkan melalui pemanasan.
Kualitasnya memang tidak sebaik plotter pena, namun plotter elektrostatis mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibanding jenis pena. Selanjutnya, plotter thermal bisa digunakan pada film buram maupun kertas. Caranya yaitu memanfaatkan energi panas supaya terbentuk gambar.
Lalu plotter pemotong mempunyai fungsi untuk memangkas karet, gabus, vinyl, dan sebagainya. Alat ini biasanya dimanfaatkan pada industri pakaian atau sepatu untuk menciptakan pola dan memotong. Plotter format lebar banyak dimanfaatkan oleh perusahaan grafis. Piranti ini bisa menghasilkan cetakan berwarna dengan format lebar.
4. Speaker
Speaker ialah perangkat keras yang sanggup menghasilkan data berupa audio / suara. Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, alasannya ialah bisa mengeluarkan volume bunyi yang menggelegar.
Berbeda dengan earphone yang sifatnya private, bunyi hanya bisa didengar oleh pengguna. Sedangkan speaker mengeluarkan gelombang bunyi yang sifatnya keras sehingga orang di sekitar bisa mendengar.
Speaker cocok digunakan ketika ada kegiatan besar atau ingin menikmati musik kencang biar gelombang bunyi mencapai ke indera pendengaran pendengar, walaupun dengan jarak beberapa meter dari sumber suara.
Speaker ukurannya ada yang besar dan kecil. Kini, model dan teknologinya makin canggih, salah satunya terdapat pemanis fitur bluetooth, sehingga tak perlu kabel sebagai penghubung.
5. Headphone / Earphone
Earphone atau headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio tanpa santunan speaker. Perangkat ini sanggup dipasang pada indera pendengaran pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar bunyi yang muncul dari komputer. Selain itu, piranti ini juga sanggup digunakan untuk berbicara alasannya ialah ada perangkat komunikasinya.
5. Proyektor
Perangkat keras ini merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar proyeksi atau benda lain yang sanggup mendapatkan pantulan cahaya. Ada banyak sekali jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide, overhead, dan proyektor proyeksi.
Perangkat output satu ini mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya, dan display, kemudian memproyeksikan video atau gambar ke layar atau dinding.
Demikian artikel singkat mengenai klarifikasi alat alat input dan output pada komputer beserta dengan pengertian, gambar dan pola alat I/O input output device. Semoga artikel ini bermanfaat, hingga jumpa di artikel selanjutnya .. #WASSALAM
Sumber https://salamadian.com