Monday, August 14, 2017

Penyebab Pergerakan Tanah Dan Contohnya


Tanah merupakan salah satu hal yang sangat penting keberadaanya bagi planet bumi. Berbagai macam relief permukaan bumi terbentuk dan tersusun dari komponen tanah yang berbeda-beda. Ada banyak sekali macam jenis-jenis tanah yang mempunyai karakteristik dan sifat yang tak sama satu dengan yang lain. sifat dan karakteristik tanah ini juga akan berafiliasi dengan cara pemanfaatannya.





Tanah merupakan faktor penting yang dipakai untuk tempat hidup orang banyak. Berbadai macam kemudahan yang mendukung hajat hidup orang banyak, membutuhkan tanah sebagai lahan untuk berdiri. Namun, tanah sendiri tak selamanya sanggup diandalkan, hal ini lantaran ada banyak sekali hal yang sanggup menciptakan tanah tersebut justru menjadi hal yang cukup berbahaya.





Tanah intinya yaitu sebuah komponen organik yang bisa dikatakan hidup. Maka tak mengherankan kalau kita banyak sekali menemukan kejadian, atau peristiwa yang mengakibatkan tanah tersebut sanggup bergerak ibarat mempunyai kehidupan. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa penyebab pergerakan tanah. Kita selama ini hanya mengenal istilah tanah bergerak, namun kita tak mengetahui secara niscaya penyebabnya. Ada beberapa penyebab seperti





PENYEBAB





1. Erosi





Jika berbicara mengenai penyebab dari pergerakan tanah, maka salah satu hal yang bisa jadikan penyebab yaitu timbulnya erosi. Penyebab dari abrasi ini sendiri bisa berasal dari banyak sekali jenis air tanah yang ada. Salah satunya yaitu abrasi yang ditimbulkan oleh air hujan. Biasanya pergerakan tanah yang disebabkan oleh hal ini banyak kita temukan di Lereng-lereng bukit yang curam. Hal ini bisa terjadi ketika vegetasi yang ada pada tempat tersebut bisa dikatakan sangat minim.





Hal ini akan menjadi sangat berbahaya apabila terjadi pada ketika trend hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Ada banyak sekali perjuangan mengurangi abrasi tanah yang bisa kita lakukan salah satunya yaitu dengan penanaman vegetasi kembali,pada tebing yang membahayakan.





2. Tanah Jenuh Air





Beberapa jenis tanah yang ada di indonesia yaitu tanah yang suka akan air. Biasanya tanah ibarat ini banyak kita temukan pada macam-macam tanah liat yang tersebar secara luas. Tanah yang bisa menyerap air dengan cepat ini akan sangat berbahaya ketika trend hujan tiba. Hal ini dikarenakan ketika intensitas hujan tinggi,akan berbanding dengan laju perembesan tanah yang tinggi pula.





Ketika tanah tersebut telah mencapai titik jenuhnya, maka ada kemungkinan tanah akan kehilangan daya penopang. Hal inilah yang sering terjadi pada beberapa peristiwa yang berupa tanah ambles. Dan indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mempunyai tempat dengan tipe tanah ibarat ini.





3. Gempa bumi





Penyebab pergerakan tanah yang satu ini dikarenakan adanya pergerakan pada lempeng tektonik bumi. Gempa bumi ini sanggup menjadikan penurunan permukaan tanah dan juga likuikfaksi. Gempa bumi sendiri merupakan salah satu jenis musibah yang bisa  dikatakan sangat menyebar rata. Terjadinya gempa bumi ini tidak memiliki  hubungan  terhadap jenis dan karakteristik tanah. Hal ini dikarenakan kekuatannya yang terkadang cukup besar maka dampak negatif yang timbul akan berbeda-beda. Sebagai salah satu negara yang menjadi pertemuan beberapa lempeng dunia, Indonesia merupakan negara dengan ancaman gempa bumi yang cukup sering.





4. Beban Berlebih





hal ini mungkin akan banyak terjadi di perkotaan, terutama kota besar. Ancaman terjadinya pergerakan tanah akhir beban yang berlebih bisa sangat terjadi. Apalagi dengan pembangunan yang terus berkelanjutan dan tidak mengindahkan aspek alami. Banyak pembangunan gedung yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah pembangunan yang benar. Sehingga ketika terjadi pergerakan tanah maka bangunan atau kemudahan tersebut akan sanggup roboh. Selain itu proteksi beban berlebih pada tanah tanpa melihat terlebih dahulu karakteristik dan sifat dari tanah tersebut juga merupakan sebuah hal yang sangat berbahaya.





CONTOH





Sebagai salah satu negara yang sangat rentan ditimpa oleh bencana, terutama yang berafiliasi dengan tanah. Maka sangat diharapkan untuk tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang ada dalam proses pembangunan dan perlakukan pada tanah tersebut.Salah satu pola peristiwa yang berafiliasi dengan tanah yaitu amblasnya tanah di tempat gubeng surabaya. Bencana yang satu mempunyai banyak sekali penyebab yang mungkin saling berkaitan satu sama lain.





Kejadian amblesnya tanah di tempat gubeng sangat mungkin untuk dihubungkan dengan pergerakan tanah itu sendiri. Salah satu penyebab pergerakan tanah yang mungkin yaitu lantaran tanah tersebut telah jenuh air dan terjadi beban yang berlebih. Jika dilihat dari jenis tanah yang ada di Surabaya kebanyakan yaitu tanah lempung berpasir. Tanah jenis ini merupakan salah satu jenis tanah yang sangat menyukai air. Telah kita bahas sebelumnya bahwa hujan dengan intensitas tinggi dan sering, sanggup mengakibatkan jenis tanah ini mencapai titik jenuhnya secara cepat.Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain yang mungkin mendukung,seperti infrastruktur yang ada pada tempat tersebut.





Itulah tadi beberapa klarifikasi mengenai penyebab pergerakan tanah yang bisa kita pelajari.Pergerakan tanah merupakan salah satu peristiwa yang sangat mungkin untuk sering terjadi ketika trend hujan tiba. Karena itu sebaiknya kita tetap mengenal kondisi lingkungan dimana kita berada, serta melaksanakan beberapa pencegahan yang ada. Semoga gosip tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com