Wednesday, August 2, 2017

√ Pengertian Komponen Fungsi Kelebihan Dan Kekurangan Lan

Pengertian Komponen Fungsi Kelebihan dan Kekurangan LAN √ Pengertian Komponen Fungsi Kelebihan dan Kekurangan LAN


Local Area Network atau yang biasa disingkat LAN ialah sebuah jaringan komputer yang biasanya dipakai ditempat - kawasan yang berskala kecil ibarat warnet, universitas, perusahaan, dan lainnya.

LAN sendiri sanggup saya artikan sebagai perangkat yang menghubungkan beberapa komputer dalam cakupan area yang kecil.

Selain LAN, ada juga jaringan komputer lain berjulukan WAN dan MAN, perbedaan diantara ketiga jaringan komputer tersebut ialah Cakupan Area Jaringannya.

Sebenarnya kau sudah sering ketemu dengan LAN tetapi kau tidak menyadarinya, contohnya pada setiap warnet mereka niscaya memakai LAN atau Sekolah kau juga pastinya memakai LAN.

Cara Kerja LAN sendiri sedikit rumit, tetapi yang namanya LAN niscaya membutuhkan sebuah penghubung atau yang biasa disebut router dan switch, ibarat dua buah kota yang dihubungkan oleh jembatan.

Router sendiri ialah penghubung antara jaringan LAN dengan jaringan lain, ibarat contohnya jaringan Internet, jadi tanpa adanya router mungkin warnet tidak akan sanggup memakai Internet.

Switch sendiri ialah yang menghubungkan tiap - tiap komputer pada jaringan LAN, sehingga kita sanggup menyebarkan data dengan komputer yang lain, atau menyebarkan printer dengan yang lain.

LAN juga mempunyai Pusat Data yang menyimpan semua data - data pada setiap komputer yang terhubung dengan jaringan LAN, dan sentra datanya tersebut dinamakan Server.

Sehingga semakin banyak komputer yang ditampung dalam suatu LAN maka servernya pun harus mempunyai kapasitas yang lebih besar pula, semoga sanggup menampung semua data yang ada.

Sebuah LAN juga mempunyai admin ataupun pengawas jaringan tersebut, kalau diwarnet kita sering menyebutnya operator, jadi kiprah operator warnet juga menjaga komputer yang lain untuk tidak melaksanakan hal yang tidak diinginkan.

Fungsi dan Manfaat LAN


LAN mempunyai banyak fungsi dan manfaat, tetapi saya hanya akan memberitahu kalian beberapa fungsi dari LAN.

Sarana Berbagi, dengan LAN kau sanggup menyebarkan data dengan komputer lain tanpa harus pergi kekomputer yang kau tuju atau memakai modem dan semacamnya.

Berinternet, ibarat yang saya tuliskan diatas, bahwa LAN juga berfungsi sebagai penyedia susukan internet, jadi hanya dengan memakai kabel RJ-45 komputer kau sanggup memakai Internet tanpa harus memakai Wifi atau semacamnnya.

Memusatkan Data, itulah kegunaan dari server, yaitu memusatkan data yang kau miliki sehingga saat kau ingin menghapus semua data atau beberapa data kau sanggup eksklusif menuju keserver.

Penghemat Biaya, LAN sanggup menghemat biaya kamu, ibarat menggunaka 1 Printer untuk semua komputer yang terhubung pada jaringan LAN, jadi kau sanggup menghemat biaya daripada membeli printer untuk setiap komputer.

Masih banyak lagi fungsi serta manfaat dari LAN, bila kau tahu fungsi lain dari LAN kau sanggup memberitahukannya dikolom komentar.

Kekurangan LAN


Selain banyak sekali kelebihan dari LAN yang sudah saya tuliskan diatas, LAN ternyata mempunyai beberapa kekurangan ibarat berikut.

Cakupan Sempit, LAN mempunyai batas area yang sanggup dicakup, sehingga kau tidak sanggup memakai LAN dalam Cakupan Area yang Luas.

Biaya Instalasi Mahal, saya tadi menuliskan LAN sanggup menghemat biaya kamu, tetapi dalam instalasinya LAN memerlukan biaya yang cukup mahal, terlebih bila komputer yang kau gunakan cukup banyak maka biaya juga bertambah.

Rentan, walaupun saya katakan LAN mempunyai Admin sebagai pengawas, itu tidak menutup kemungkinan bahwa jaringan komputer yang satu ini mempunyai banyak celah untuk masuk kedalam jaringannya.

Misalnya orang tidak bertanggung jawab (Cracker) sudah memasuki server sebuah LAN, maka mereka sanggup melaksanakan apa saja yang mereka inginkan pada jaringan LAN tersebut, contohnya menghapus semua data yang ada dan lainnya.
Itulah opini pribadi saya mengenai LAN, bila kau mempunyai beberapa masukan atau aksesori kau sanggup katakan pada saya lewat kolom komentar dibawah atau menghubungi saya melalui Contact Us.
Sumber http://www.domarsma.com