Tuesday, August 1, 2017

Lubuk Laut: Pengertian – Proses Terbentuknya – Fungsi

 yaitu sesuatu yang sangat menarik untuk kita pelajari bersama Lubuk Laut: Pengertian – Proses terbentuknya – Fungsi

Berbagai macam bentuk morfologi laut


Bentuk permukaan Bumi yaitu sesuatu yang sangat menarik untuk kita pelajari bersama. Bentuk yang tidak rata menciptakan permukaan Bumi atau kerak bumi menjadi sebuah tempat yang sangat bermacam-macam dan ditempati oleh banyak makhluk hidup. Karena bentuk yang tidak rata inilah, karakteristik di permukaan Bumi pun berbeda- beda sehingga makhluk hidup yang hidup di atasnya pun berbeda- beda antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Misalnya saja di tempat pegunungan yang berudara sejuk mempunyai karakteristik berbeda dengan tempat dataran rendah yang cenderung hangat. Bukan hanya karakteristik tanah dan udaranya saja yang berbeda, namyn juga makhluk hidup yang hidup pun berbeda- beda.


Nah, itu sebagain kecil citra permukaan Bumi yang tertuang dalam ekosistem darat, kemudian bagaimana dengan yang berada di bawah laut? Selama ini kita hanya sanggup melihat bahari sebagai genangan air yang saangat luas tanpa sanggup melihat dasarnya secara langsung. Ternyata dasar bahari yang tertutupi oleh air juga mempunyai relief yang tidak rata. Hal ini disebut dengan morfologi laut.


Di dalam bahari juga terdapat dataran yang tinggi, rendah, bahkan sangat rendah. Ada gunung laut, ada lubuh laut, ada pegunungan laut, punggung laut, palung bahari dan lain sebagainya. Semuanya ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di permukaan Bumi, hanya saja letaknya yang ada di bawah laut. Salah satu yang akan kita bahas yaitu lubuk bahari atau basin.


Pengertian Lubuk Laut atau Basin


Lubuk bahari atau Basin merupakan salah satu bentuk morfologi bawah laut. Lubuk bahari atau basin merupakan bentuk permukaan Bumi bawah bahari yang berupa cekungan dengan dasar membulat, dalam dan luas. Jika diperbandingkan dengan bentuk permukaan bumi atas bahari maka lubuk bahari atau basin ini sama dengan lembah namun lubuk bahari berada di bawah laut.


Penyebab Terbentuknya Lubuk Laut


Lubuk bahari merupakan bentuk permukaan bumi yang terjadi sebab suatu penyebab atau proses tertentu. Adapun penyebab terbentuknya lubuk bahari yaitu proses pemerosotan dasar bahari atau ingresi. Lubuk bahari ini terjadi secara sedikit demi sedikit atau berangsur- angsur. Seiring dengan berjalannya waktu. Adapun lubuk bahari di Indonesia ada banyak sekali. Beberapa tumpuan lubuk bahari atau basin yang ada di bahari Indonesia antara lain sebagai berikut:


Manfaat Lubuk Laut atau Basin


Lubuk bahari merupakan relief dasar bahari yang mempunyai beberapa fungsi atau manfaat. Adapun beberapa manfaat dari lubuk bahari antara lain sebagai berikut:



  1. Sebagai tempat hidup aneka macam macam hewan laut


Fungsi dari lubuk bahari salah satunya yaitu sebagai tempat hidup dari aneka macam hewan laut. Binatang bahari yang hidup di lubuk bahari merupakan hewan yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan oksigen yang banyak, sebab lubuk bahari merupakan cekungan yang rendah. Sementara untuk tumbuh- flora mulai sedikit ditemukan.



  1. Sebagai tempat penelitian


Lubuk bahari juga merupakan salah satu tempat yang sanggup dipakai sebagai penelitian, khususnya yaitu penelitian bawah laut.



  1. Sebagai bukti bahwa acara bawah bahari itu ada


Lubuk bahari atau basin dan juga bentuk morfologi bawah bahari lainnya yaitu suatu bukti bahwa acara bawah bahari itu ada, ibarat acara geologi dan tektonisme yang melibatkan aneka macam unsur di laut.



  1. Memperindah pemandangan bawah laut


Lubuk bahari juga merupakan sebuah tempat yang menyumbangkan pemandangan indah bawah laut, apalagi jikalau berdampingan dengan morfologi bahari lainnya.


Nah itulah beberapa hal yang sanggup kami sampaikan mengenai lubuk bahari atau basin. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com