Wednesday, August 2, 2017

√ Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Dan Atasi Sesuai Penyebabnya

Sakit perut memang sebuah penyakit yang sering kali dialami oleh banyak orang, dan yang paling banyak dikeluhkan ialah sakit perut sebelah kiri. memang keadaan sakit perut sebelah kiri seringkali identik dengan penyakit magh atau dalam bahasa medisnya gastritis.

berbagai orang yang tiba berobat kerumah sakit ataupun ke klinik dengan keluhan sakit perut sebelah kiri, dan memang sehabis mendapat investigasi lebih lanjut oleh dokter, diagnosa yang paling banyak muncul ialah gastritis.

Penyebab sakit perut sebelah kiri
namun tahukah kalian bahwa tidak semua sakit perut sebelah kiri disebabkan oleh gastritis, lantaran yang hanya muncul diagnosa gastritis apabila sakit perut yang dirasakan ialah sebelah sakit perut sebelah kiri kepingan atas. dan tidak untuk sakit perut sebelah kiri bawah. itupun hanya salah satu penyebab dari sekian banyak penyakit pelopor sakit perut sebelah kiri.

adapun beberapa keadaan atau penyakit yang sanggup mengakibatkan sakit perut ialah sebagai berikut :

Penyebab sakit perut  sebelah kiri

1. Cedera.

Cedera merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri kepingan atas dan kepingan bawah. adapun cedera yang sanggup mengakibatkan sakit perut sebelah kiri, ialah ibarat terjatuh atau terhantam benda tumpul, yang mengakibatkan cedera pada otot perut akhir tekanan yang cukup keras, adanya cedera pada jaringan penunjang sekitar perut berupa ligamen atau tendon sekitarnya, dan Adanya tekanan yang cukup keras pada tulang panggul yang mengakibatkan nyeri alih ke arah perut kiri.


2. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal merupakan salah satu penyebab Sakit perut sebelah kiri bawah. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan lalu menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga sanggup dirasakan bersama harapan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas dikala buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.


3. Batu Ginjal

Pada waktu watu ginjal masih berukuran kecil memang belum ada tanda-tanda apapun, namun pada dikala watu ginjal sudah besar dan melebihi diameter jalan masuk ureter. watu ginjal yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga mengakibatkan iritasi dan bahkan luka. Gejala watu ginjal yang sanggup muncul apabila watu bergesekan dengan ureter di antaranya ialah nyeri pada pinggang, perut kepingan bawah atau samping, dan selangkangan yang sanggup disertai mual.

Dengan demikian salah satu tanda-tanda yang timbul dari watu ginjal ialah sakit perut kepingan bawah dan samping. sehingga watu ginjal merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri.


4. Tinja yang mengeras atau sembelit

salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri kepingan atas ialah tinja mengeras atau impaksi tinja. hal ini disebabkan lantaran adanya tinja yang mengering dan mengeras, sehingga kotoran atau tinja menumpuk pada kepingan kolon. tentulah dengan keadaan ini dengan waktu berhari - hari akan mengakibatkan perasaan tidak nyaman pada perut atau sakit perut pada sebelah kiri kepingan atas.


5. usus besar yang robek / peradangan usus besar

Peradangan yang terjadi pada usus besar sanggup memengaruhi pergerakan normal usus besar, sehingga menjadikan rasa sakit atau tidak nyaman pada kepingan perut sebelah kiri atas menurut letak usus besar.


6. Gastritis

Gastritis ialah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Gastritis sanggup terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau sanggup terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik sehabis makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh sehabis makan.


7 Divertikulitis

Divertikulitis ialah peradangan pada divertikula yaitu kantung kecil membuncit yang sanggup terbentuk di lapisan sistem pencernaan. Kantung ini paling sering ditemukan di kepingan bawah usus besar.

Divertikulitis sanggup mengakibatkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri atas dan bawah, tapi sanggup terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri atas dan bawah, divertikulitis juga sanggup mengakibatkan nanah di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar pada kebiasaan buang air besar Anda (diare berdarah sporadik).


8. Kehamilan Ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak sanggup menjadi akhir dari kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di dalam jalan masuk yang menghubungkan rahim dan indung telur alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yang berisiko tinggi, dan mengakibatkan tanda-tanda nyeri di sisi di mana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi pada perut kepingan bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan v@gin@ abnormal, dan nyeri payudara. Ketika ada kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.


9. Angina

Angina ialah istilah yang dipakai untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya ajaran darah ke otot jantung. Angina ialah tanda-tanda dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi ibarat dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada. Angina, juga disebut angina pectoris, sanggup menjadi duduk perkara yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dimiliki perempuan sanggup berbeda dari tanda-tanda angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering mengatakan tanda-tanda ibarat mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin mencicipi ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini sanggup mengakibatkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.

Angina relatif umum tetapi sanggup sulit untuk membedakan dari nyeri dada lainnya, ibarat rasa sakit perut sebelah kiri atas atau ketidaknyamanan dari gangguan pencernaan. Jika Anda mempunyai nyeri dada yang tidak sanggup dijelaskan, cari santunan medis segera.


10. Kista Ovarium

Kista ovarium ialah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan ovarium. Wanita mempunyai satu pasang ovarium. masing-masing berukuran sebesar kacang almond  yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak perempuan mempunyai kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium, terutama yang telah pecah, kadang menghasilkan tanda-tanda serius ibarat sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah dan menyerang tiba-tiba tiba-tiba, perut yang parah, atau rasa sakit yang disertai demam atau muntah. Gejala umum yang mewakili stress berat ibarat panas dingin, kulit lembab; napas cepat; dan kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan yang mengatakan keadaan darurat dan memerlukan perhatian medis segera.


11. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) ialah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga sanggup mengakibatkan duduk perkara pergerakan usus, mulai dari sembelit sampai diare.


12.Ulcerative sdfdftis

Ulcerative sdfdftis (UC) ialah penyakit yang mengakibatkan peradangan pada dinding jalan masuk pencernaan. Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan ialah sakit perut dan diare, feses berdarah dan berlendir. Buang air besar sanggup menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam.

UC sanggup melemahkan dan kadang sanggup mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun tidak diketahui obatnya, pengobatan sanggup sangat mengurangi tanda dan tanda-tanda penyakit, dan bahkan membawa remisi jangka panjang.


13. Radang pankreas / Pankreatitis akut

Pankreatitis akut ialah peradangan yang menyakitkan dari pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut.keluhan biasa terjadi mendadak dan mengakibatkan nyeri tumpul andal (rasa sakit ibarat ditekan atau diremas) di sekitar kepingan perut atas. Nyeri ini sanggup bertambah jelek dan menjalar sepanjang punggung sampai kepingan bawah tulang belikat kiri.

Kaprikornus jangan pernah anggap remeh sakit perut sebelah kiri. lantaran sakit perut sebelah kiri berbagai penyebabnya. dari yang penyakit yang tidak berbahaya sampai yang sangat berbahaya. penanganan sakit perut sebelah kiri harus diadaptasi dengan penyebabnya.

untuk penanganan awal pada sakit perut sebelah kiri sanggup dilakukan kiat berikut ini :

  • hentikan acara dan berbaring sampai sakit perut sebelah kiri berkurang
  • berikan kompresan air hangat sambil berbaring
  • minumlah air putih (hangat kuku) secara perlahan
  • hindari masakan dan minuman yang sanggup memperparah keadaan seperti, kopi, teh, masakan pedas dan masakan bersantan.
  • hindari juga obat anti nyeri yang mengandung zat asam
Apabila telah melaksanakan kiat diatas dan mencoba minum obat sakit perut dan obat maag, tetapi dalam beberapa hari tidak kunjung reda sakit perut nya. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter supaya sanggup mendapat terapi yang sesuai dengan penyebab sakit perut sebelah kiri yang sedang diderita.

Sumber http://bangsalsehat.blogspot.com