artikel cara menciptakan angket atau disebut juga kuesioner penelitian ini kami buat khusus untuk anda yang sedang menyusun kiprah simpulan dan tentu saja dalam tahap simpulan tawaran penelitian. angket atau kuesioner merupakan instrumen penelitian yang biasa dipakai pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
kuesioner ini termasuk salah satu sumber data primer yang diambil pribadi dari responden di lapangan. bagi orang yang belum pernah melaksanakan penelitian tentu saja hal ini menjadi sedikit rumit, oleh alasannya ialah itu kami hadir disini untuk memperlihatkan klarifikasi bagaimana cara angket atau kuesioner itu dibuat.
pertama-tama kami ingin menjelaskan bahwa angket atau kuesioner itu dibentuk tidak asal-asalan melainkan itu berangkat dari landasan teori yang telah diajukan. pada praktiknya seseorang sanggup saja memakai angket atau kuesiner orang lain (pada penelitian terdahulu) yang telah melewati proses validasi.
kuesoner penelitian dibentuk menurut landasan teori yang telah dibentuk sebelumnya dan telah dirangkum dalam sebuah tabel yang biasa disebut dengan “kisi-kisi kuesioner atau angket”. kami akan coba memperlihatkan teladan hal tersebut menyerupai berikut:
untuk menciptakan angket berkaitan dengan variabel kepuasan pelanggan (misalnya), maka kuesioner tersebut akan berangkat dari teori kepuasan itu sendiri. pada teladan ini teori kepuasan pelanggan meliputi indikator kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empathy, dan tangibles. maka indikator tersebut akan dimasukkan ke dalam tabel kisi-kisi. lihat contohnya pada gambar berikut:
berdasarkan kisi-kisi yang terdapat pada gambar di atas, maka sanggup kami jelaskan bahwa untuk variabel kepuasan pelanggan akan dibentuk pertanyaan sebanyak 12 pertanyaan, yang mana pertanyaan untuk no 1 dan 2 berkaitan dengan kehandalan, pertanyaan no 3,4, dan 5 berkaitan dengan cepat tanggap, pertanyaan 6 dan 7 berkaitan dengan jaminan, pertanyaan no 8 dan 9 berkaitan dengan empathy, dan pertanyaan no 10, 11, dan 12 berkaitan dengan Tangibles.
sesuai dengan klarifikasi diatas kami akan menciptakan teladan pertanyaan sesuai dengan ketentuan diatas
- prosedur pelayanan konsumen tepat
- karyawan sanggup menuntaskan masalah konsumen
- karyawan cepat tanggap dalam melayani konsumen
- informasi yang diberikan karyawan terang dan gampang dimengerti
- konsumen dibantu dengan cepat dikala mengalami masalah
- silahkan diteruskan…………..
sekian artikel cara menciptakan angket ataupun kuesioner ini kami buat,semoga bermanfaat untuk kita semua. jikalau anda ialah orang yang telah selesai melaksanakan penelitian, mungkin artikel kami yang lain perihal cara input data ke excel bisa bermanfaat.
Sumber https://www.spssstatistik.com