Saturday, July 29, 2017

√ Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator Dan Unsurnya (Lengkap)

Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator dan Unsurnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana remunerasi. Yang mencakup pengeritian remunerasi, pengertian remunerasi berdasarkan para ahli, tujuan remunerasi, indikator remunerasi, dan unsur-unsur remunerasi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator dan Unsurnya (Lengkap)


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Remunerasi


Dilihat dari kata terjemahan, Remunerasi yakni penggajian (payment) atau dengan sebutan lain remunerasi yaitu imbalan uang ataupun lainnya yang sudah ditetapkan oleh peraturan tertentu sebagai imbalan pekerjaan yang bersifat rutin.


Pengertian lain dari remunerasi yakni balas jasa atau imbalan yang diberikan oleh perusahana terhadap tenaga kerjanya sebagai prestasinya alasannya sudah membantu dalam meraih tujuan perusahaan.


Dan terdapat juga pengertian lainnya, Remunerasi yaitu imbalan yang diberikan kantor atau perusahaan kepada tenaga kerjanya alasannya sudah berjasa kepada kantor atau perusahaan dalam membantu mencapai tujuannya.


Istilah remunerasi sering ditemukan dan berkaitan dengan proses penggajian tenaga kerja, ibarat remunerasi PNS, remunerasi TNI, remunerasi karyawan dan lain sebagainya. Istilah remunerasi ini juga tidak bisa dipisahkan dengan honor dan upah. Gaji merupakan imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja atau pegawai berdasarkan periode waktu tertentu, misalnya harian, mingguan dan bulanan.


Sedangkan upah yakni imbalan yang diterima tenaga kerja atau pegawai berdasarkan hitungan waktu yang tetap, jadi sanggup menggunakan istilah ibarat tarif per jam, tarif per dokumen dan lain sebagainya yang masih bisa dihitung.


Pengertian Remunerasi Menurut Para Ahli


Berikut ini yakni definisi dari remunerasi berdasarkan ahlinya, silahkan disimak.


1. Rosenberg (1983)


Pengertian remunerasi berdasarkan Rosenberg yakni upah dan segala macam bentuk manfaat finansial lainnya yang diterima seseorang sebagai hasil dari suatu pekerjaan tertentu.


2. Komarrudin (1983)


Pengertian remunerasi berdasarkan Komarrudin yakni bentuk tunjangan prestasi akhir (balas jasa) atau hadiah khususnya untuk jasa yang sudah dipergunakan.


3. Mochammad Surya (2004)


Pengertian remunerasi berdasarkan Mochammad Surya yakni sesuatu yang diterima pegawai sebagai bentuk imbalan dari donasi yang telah ia berikan kepada organisai dimana daerah ia bekerja.


4. Oxford American Dictionaries


Pengertian remunerasi berdasarkan Oxford American Dictionaries yakni kata serapan dari bahasa Inggris remunerate yang berarti pay (someone) for services rendered or work done.


5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Pengertian remunerasi berdasarkan KBBI yakni sebagai tunjangan hadiah (penghargaan atas jasa dan sebagainya; imbalan


Tujuan Remunerasi


Tujuan dari remunerasi yakni sebagai berikut:



  • Untuk mendorong terciptanya sumber daya insan yang berkualitas

  • Untuk menjaga sumber daya insan yang produktif, supaya tidak pindah ke perusahana lain dan membentuk sikap yang orientasinya pada layanan dan juga mengurani dan mencegah adanya tindakan korupsi, kongkalikong dan nepotisme (KKN)

  • Untuk membuat persaingan kasatmata diantara tenaga kerja di suatu perusahaan

  • Untuk menghasilkan penghasilan atau keuuntungan yang sebesar-besarnya pada sebuah perusahaan dengan memanfaatkan modal seefektif dan seefisien mungkin

  • Untuk membuat dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja

  • Untuk membuat tata pengelolaan perusahaan yang baik dan bersih


Indikator Remunerasi


Indikator dari remunerasi yang menjadi efek untuk tenaga kerja antara lain:



  • Remunerasi yang didapat oleh tenaga kerja harus sesuai dengan donasi yang dilakukan terhadap perusahaan atau kantor

  • Tinggi rendahnya tingkat remunerasi di suatu perusahaan

  • Umumnya remunerasi ini diberikan kepada tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau skill yang berprestasi


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana remunerasi √ Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator dan Unsurnya (Lengkap)


Unsur Remunerasi


Unsur-unsur dari remunerasi yakni sebagai berikut:

Ada dua unsur yang ada di remunerasi yakni kompensasi dan bonus atau komisi. Kompensasi merupakan keseluruhan hal yang diterima tenaga kerja atau pegawai baik dalam berupa fisik ataupun non fisik. Hal ini sanggup dihitung dan sanggup diberikan pada tenaga kerja dan seringkali kompensasi tidak dikenai pajak.


Sementara bonus atau komisi yakni imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja atau pegawai dengan perhitungan presentase, ibarat laba penjualan produk. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan.


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator dan Unsurnya (Lengkap), agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id