Thursday, July 27, 2017

√ Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik Bentuknya

Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik & Bentuknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Media Komunikasi. Yang meliputi pengertian media komunikasi, teori media komunikasi, fungsi media komunikasi, jenis-jenis media komunikasi, karakteristik media komunikasi dan bentuk media komunikasi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik & Bentuknya


Mari kita bahas dulu pengertian media komunikasi terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Media Komunikasi


Media komunikasi ialah suatu sarana atau alat yang dipakai untuk memberikan pesan dari komunikator kepada publik. Media mendominasi dalam berkomunikasi yaitu panca indera insan menyerupai indera pendengaran dan mata.


Media juga ialah jendela yang sangat mungkin kita untuk sanggup melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai tafsiran yang sanggup membantuk memahami pengalaman, sebagai landasan penyampai informasi, sebagai komunikasi interaktif yang meliputi pendapat audien, suatu pemberi tanda intruksi atau petunjuk, sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhaap orang lain, cermin yang menawarkan refleksi diri dan penghalang yang menutup kebenaran.


Media komunikasi juga merupakan sebagai suatu sarana yang dipakai untuk memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan dalam penyampaian suatu informasi. Media komunikasi mempunyai peranan pentng untuk kehidupan masyarakat.


Sederhananya, media komunikasi yaitu suatu mediator dalam penyampaian suatu informasi dari komunikator terhadap komunikan yang tujuannya supaya efisien untuk membuatkan informasi atau pesan.


Teori Media


Terdapat beberapa teori media, antara lain sebagai berikut:


Teori Semiotik Pesan


Media mempunyai daya tarik dari sudut pandang semiotik atas adonan suatu simbol yang diatur secara spasial dan kronologis untuk menciptakan suatu pesan, kesan dan memberikan suatu gagasan untuk memperlihatkan sebuah makna dari publik.


Teori Sosiokultural Pesan


Media yang disajikan untuk sosialisasi dan kulturisasi dan juga penempatan suatu makna yang sanggup memunculkan sebuah argumentasi dari publik terhadap media supaya sanggup menawarkan sebuah inforamsi yang mempunyai huruf dan tidak menciptakan timbulnya SARA.


Teori Sosiopsikologis


Teori yang mencampurkan antara sosial dan psikologis dari audien yang menikmati sebuahmedia. Jika status sosial digabungkan dalam psikologis dari audien sanggup dicontohnya sebagai sebuah konten atau isi program yang sifatnya segmented/segmentaasi acara.


Teori Sibernitika


Pengaruh dari pendapat publik dari suatu isi media merupakan sebuah fenomeda yang menciptakan tertarik atau sanggup disebut sebagai teori “spiral ketenangan” menunjukan bahwa komunikasi interpersonal dan media berjalan bersama dalam perkembangan pendapat masyarakat.


Teori Kritis


Implikasi budaya yang lebih luas, dalam sebagian hal teori kritis ini dikatakan bahwa banyak ideologi atau paham dari sebuah pemilik meida yang seharusnya sanggup dikritis oleh publik semoga tidak ada keberpihakan dalam memberikan sebuah informasi.


Fungsi Media Komunikasi


Ada beberapa fungsi media komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:


Fungsi Media Komunikasi Menurut Marshall Mc Luhan



  • Efektifitas

    Media komunikas akan menjadikanmudah kelancaran dalam memberikan informasi

  • Efisiensi

    Media komunikasi akan mengakibatkan cepat penyampaian dalam suatu informasi

  • Konkrit

    Media komunikasi akan membantu mempercepat konten pesan yang mempunyai sifat abstrak

  • Motivatif

    Media komunikasi akan lebih atraktif dan menawarkan suatu informasi yang sanggup dipertanggungjawabkan


Fungsi Media Komunikasi Menurut Burgon Dan Huffner



  • Efisiensi Penyebaran Informasi

    Penghematan dari segi biaya, tenaga, anutan dan waktu

  • Memperkuat Eksistensi Informasi

    Media komunikasi yang hi-tech sanggup menciptakan informasi maupun pesan lebih mempunyai kesan kepada komunikan

  • Menghibur

    Media komunikasi sanggup menciptakan bahagia dan lebih menarik untuk audien

  • Kontrol Sosial

    Media komunikasi ialah pengawasan dalam suatu kebijakan sosial


Jenis-Jenis Media Komunikasi Menurut Fungsi Media



  • Fungsi Produksi

    Media komunikasi mempunyai kegunaan supaya menghasilkan sebuah informasi

  • Fungsi Reproduksi

    Media komunikasi mempunyai kegunaan untuk sanggup memproduksi ulang dan memperbanyak atau menjiplak suatu informasi

  • Fungsi Penyampai Informasi

    Media komunikasi mempunyai fungsi untuk sanggup mengkomunikasikan dan menyebarluaskan pesan terhadap komunikan sebagai sasaran informasi

  • Karakteristik Media Komunikasi

    Karakteristik suatu media komunikasi antara lain sebagai berikut:

  • Karakteristik Dalam Media Intra Personal

    Pikiran adlaah umpan balik yang didapatkan oleh eksklusif seseorang dan hanya memutar dalam diri sendiri, arus pesan yang tersampaikan merupakan persepsi yang memusat, efek yang dihasilkan dalam karakteristik intrapersonal yaitu sikap dan perilaku

  • Karakteristik Inter Personal

    Semua panca indera berkhasiat untuk menjadi umpan balik dari suatu informasi yang disampaikan, dengan cara kode tertulis, lisan, instruksi dan juga arus pesan dua arah dan mempunyai efek kepada sikap yang tinggi dan rendah kepada kognitif.

  • Karakteristik Media Massa

    Sifatnya lembaga, satu arah, meluas dan bersamana dan juga menggunakan peralatan teknis atau mekanis dan sifatnya terbuka

  • Karakteristik Media Publik

    Didapatkan oleh seluruh alat indera baik ekspresi ataupun instruksi arus pesan yang disampaikan sanggup satu atau dua arah banyak dan terbatas dan juga mempunyai efek tinggi kepada perilaku, namun demikian rendah kepada kognitif.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Media Komunikasi √ Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik  Bentuknya


Bentuk Media Komunikasi


Adapun bentuk-bentuk dari media komunikasi ialah sebagai berikut:



  • Media Cetak

    Seluruh jenis barang/media komunikasi yang sanggup dilaksanakan dengan proses pencetakan dan sanggup dipakai sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi. Misalnya: Surat kabar, buku, brosur, majalah dan buletin

  • Media Visual atau Media Pandang

    Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui panca indera dan sanggup dilihat. Misalnya: gambar dan foto

  • Media Audio

    Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui indera pendengaran. Misalnya: Radio dan tape recorder

  • Media Audio Visual Aid (AVA)

    Media komunikasi yang sanggup dilihat dan juga sanggup didengar untuk memperoleh informasi secara bersamaan. Misalnya: Televisi, Laptop


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik & Bentuknya semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id