Monday, July 31, 2017

√ Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat Dan Ciri Pribadinya

Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri Pribadinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan ihwal pengertian Integritas. Yang meliputi pengertian integritas, fungsi integritas, tujuan integritas, manfaat dan ciri-ciri eksklusif yang berintegritas dengan pembahasan lengkap dan ringan. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri Pribadinya


Mari kita bahas pengertian integritas terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Integritas


Integritas yaitu konsistensi atau keteguhan yang tidak bisa tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip. Pengertian lain dari integritas ialah konsep yang menawarkan konsistensi atau keteguhan perbuatan dengan nilai-nilai dan prinsip. Pada budpekerti integritas bisa diartikan sebagai kebenaran dan kejujuran perbuatan yang dilakukan seseorang.


Istilah integritas jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang orang masih awam atau tidak memahami arti kata ini, untuk itu istilah integritas memang bekerjasama dengan perilaku seseorang, sifat yang menempel pada eksklusif seseorang.


Pengertian Integritas Menurut Para Ahli


Dibawah ini ialah pengertian integritas berdasarkan para jago berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.


1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Pengertian integritas berdasarkan KBBI ialah mutu, sifat, dan keadan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


2. Andreas Harefa


Pengertian integritas berdasarkan Andreas Harefa ialah tiga kunci yang bisa diamati, yaitu menawarkan kejujuran, memenuhi komitmen dan mengajarkan sesuatu dengan konsisten.


3. Ippho Santosa


Pengertian integritas berdasarkan Ippho Santosa ialah sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan.


4. Henry Cloud


Pengertian integritas berdasarkan Henry Cloud ialah ketika berbicara ihwal integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap bab diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusian.


Fungsi Integritas


Fungsi dari integritas antara lain yaitu:



  • Cognitive functions of integrity

    Yang meliputi kecerdasan moral dan self insight. Sedangkan self insight itu sendiri meliputi self knowledge dan self reflection. Artinya, integritas fungsinya memelihara moral dan budpekerti seseosran yang selanjutnya mendorong beliau untuk mempunyai pengetahuan yang luas.

  • Affective functions of integrity

    Yang meliputi conscience dan self regard. Dalam konteks ini integritas fungsinya memelihara nurani seseorang supaya tetap hanif sebagai seorang hamba supaya terang perbedaan diantara dirinya dengan hewan. Seba secara biologis manusian dan hewan, sama-sama mempunyai hepar “hati”, tetapi binatang tidak mempunyai qalb, sesuatu yang ada di diri setiap manusia.


Tujuan Integritas


Tujuan dari integritas ialah sebagai berikut:



  • Integritas ialah salah satu kunci untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan

  • Integritas menyebabkan insan bisa memimpin dan dipimpin

  • Integritas menciptakan lahirny kepercayaan

  • Integritas bisa melahirkan prestasi


Manfaat Integritas


Manfaat dari integrtias adalah:



  • Manfaat Secara Fisik

    Diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita setiap ketika merasa siap melaksanaan acara atau pekerjaan sehari-hari

  • Manfaat Secara Intelektual

    Dengan mental dan pengetahuan kita bisa memaksimalkan kemampuan otak kita

  • Manfaat Secara Emosional

    Diri menjadi lebih penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi, dan penuh kehangatan emosional dalam interaksi kerja

  • Manfaat Secara Spiritual

    Membuat diri seseorang menjadi lebih bijaksana dalam menilai segala sesuatu termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan atau yang tidak menciptakan bahagia ibarat keberhasilan, kegagalan, dan penderitaan.

  • Manfaat Secara Sosial

    Kita akan bisa menciptakan berkembang suatu korelasi baik satu sama lainya dalam lingkungan masyarakat, bisa bekerja sama untuk menuntaskan kiprah atau acara yang menuntut kekompakan dan kolaborasi yang baik, mempunyai kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi daerah untuk orang lain di dalam hati kita.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan ihwal pengertian Integritas √ Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri Pribadinya


Ciri-Ciri Pribadi Yang Memiliki Integritas


Ciri-ciri seseorang yang mempunyai integritas ialah sebagai berikut:



  • Apabila berjanji selalu menepati

  • Tidak plin plan dan taat asa

  • Memiliki komitmen yang teguh dan bertanggung jawab

  • Satu kata satu perbuatan

  • Jujur dan terbuka

  • Menghargai waktu

  • Menjaga prinsip dan nilai-nilai yang telah diyakini

  • Dan lain sebagainya


Demikianlah telah dijelaskan ihwal Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri Pribadinya semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id