Monday, July 24, 2017

4 Jenis Flora Yang Hidup Di Tempat Tundra

Berbicara mengenai planet bumi maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya. Kenampakan alam yang ada di planet bumi ini mempunyai jenis yang sangat beragam. Setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda, pun dengan aneka macam vegetasi maupun fauna yang ada di dalamnya.


Hal tersebut sangat bergantung pada kondisi alam yang ada pada lokasi tersebut. setiap tempat akan mempunyai bentuk dan imbas yang bermacam-macam pada makhluk hidup yang ada di dalamnya. Setiap imbas baik biotik dan abiotik akan membentuk suatu relasi timbal balik yang sangat khusus. Hal tersebut biasa kita sebut dengan Simbiosis. Hubungan tersebut kemudian membentuk ekosistem-ekosistem tertentu yang terdiri dari tumbuhan dan fauna yang berbeda pula.


Berbicara mengenai ekosistem yang ada di bumi, maka ada aneka macam macam jenis ekosistem yang sanggup kita temukan. Setiap ekosistem alam tersebut akan berbeda satu sama lain, sesuai dengan dimana ia berada. Bahkan, sebuah ekosistem yang sama pun adang tetap mempunyai perbedaan.


Kumpulan dari aneka macam macam ekosistem yang mempunyai kemiripan itu kemudian sanggup kita golongkan sebagai sebuah bioma. Ada aneka macam macam jenis bioma yang sanggup kita ketahui, menyerupai bioma gurun, bioma sabana, bioma hutan hujan tropis, dan beberapa jenis bioma lain.


Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis bioma yang ada di bumi. Pembahasan kali ini akan berkisar mengenai jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra. Daerah yang satu tergolong merupakan sebuah lokasi yang sangat unik dan menarik. hal tersebut sanggup kita temukan dari beberapa jenis atau golongan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Mengenai tumbuhan yang hidup di dalamnya ada beberapa jenis yang sanggup kita ketahui, seperti


DAERAH TUNDRA


Tundra merupakan salah satu daerah yang membentuk relief permukaan bumi. Daerah yang satu ini mempunyai suhu yang sangat rendah dan merupakan kebaikan dari daerah gurun. Dengan suhu yang cukup rendah, maka hal tersebut juga sangat kuat terhadap jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Kebanyakan daerah tundra disebut sebagai daerah tanpa pohon.


Hal tersebut alasannya sangat sedikit pohon yang sanggup bertahan pada suhu yang rendah. Kawasan tundra mempunyai curah hujan yang sangat rendah. Serta waktu matahari bersinar yang sangat minim, hal ini menjadikan tumbuhan pada daerah ini sanagt sedikit mendapatkan sinar matahari setiap harinya. Namun, bukan berarti daerah ini tak mempunyai tumbuhan. Ada beberapa jenis tumbuhan yang ada di daerah ini, seperti


1. Lumut


 maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya 4 Jenis Tumbuhan yang Hidup di Daerah TundraJenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra kebanyakan di dominasi oleh tumbuhan lumut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jenis tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan  yang mempunyai ketahanan hidup yang cukup tinggi. Pada daerah tundra biasanya kita akan banyak menemukan lumut yang melekat pada bebatuan.


Selain lumut maka tumbuhan lain yang juga sanggup hidup di daerah ini yakni alga. Meskipun masih sanggup dikategorikan sebagai saudara erat dengan lumut. Namun, tumbuhan yang satu ini merupakan hasil simbiosis dengan ganggang. Pada daerah tundra bisanya alga alan banyak kita temukan pada daerah cekungan yang banyak terdapat air.


2. Rerumputan


 maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya 4 Jenis Tumbuhan yang Hidup di Daerah TundraSatu lagi jenis tumbuhan yang sanggup dikatakan cukup sering kita temukan di daerah tundra. Bisanya jenis rumput yang ada yakni jenis rumput teki atau sejenisnya.


Rerumputan akan ditemukan pada daerah yang masih mempunyai lapisan tanah di atasnya. Jenis rumput yang satu ini meskipun tak sanggup menembus lapisan permafrost, tapi cukup sanggup bertahan dengan baik. Selain jenis rumput teki, juga terdapat jenis rumput kapas.


3. Tumbuhan Perdu


 maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya 4 Jenis Tumbuhan yang Hidup di Daerah TundraPerdu atau tumbuhan semak yakni salah satu jenis tumbuhan yang akan kita temukan di daerah Tundra. Jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra memang mempunyai ciri khusus yang sangat menarik. Begitu juga dengan tumbuhan perdu yang ada di daerah ini.


Bisanya jenis tumbuhan yang satu ini mempunyai batang yang tak terlalu besar dan sangat sedikit mempunyai daun. Ada beberapa jenis semak yang biasa ditemukan di daerah tundra, yaitu Semak Salik dan Bentula. Kedua jenis tumbuhan perdu itulah yang cukup sering ditemui pada daerah tundra.


4. Ericaceae


 maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya 4 Jenis Tumbuhan yang Hidup di Daerah TundraJenis tumbuhan yang satu ini sanggup digolongkan sebagai jenis tumbuhan berbunga yang ada di daerah tundra. Tumbuhan yang satu ini memang banyak ditemukan pada lokasi yang kurang subur. Meskipun tidak terlalu banyak, namun keberadaan jenis tumbuhan yang satu ini memang mendominasi pada beberapa daerah di daerah tundra. Tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan yang cukup menarik alasannya untuk membantu dirinya bertahan juga memakai relasi dengan beberapa jenis jamur.


Itulah tadi beberapa jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra. Meskipun daerah tundra disebut sebagai salah satu daerah yang cukup ekstrem. Namun, bukan berarti daerah tersebut tidak mempunyai beberapa jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Tanaman yang ada di daerah tundra memang lebih sedikit dan mempunyai ciri yang jauh berbeda dari daerah lain. Semoga gosip tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com