Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri-Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang mencakup pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga, kelebihan dan kekurangan serta pola pasar persaingan monopolistik. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.
Daftar Isi
- 1 Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
- 1.1 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik
- 1.2 1.Terdapat Banyak Penjual
- 1.3 2.Barang Yang Diperjualbelikan Terdeferensiasi
- 1.4 3.Adanya Kemampuan Penjual Untuk Mempengaruhi
- 1.5 4.Penjual Praktis Keluar Masuk Pasar
- 1.6 5.Terdapat Kegiatan Promosi
- 1.7 Sistem Harga Pasar Persaingan Monopolistik
- 1.8 Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
- 1.9 Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik
- 1.10 Contoh Pasar Persaingan Monopoliktik
Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik yaitu sebuah pasar yang mempunyai bentuk interaksi terhadap undangan dan penawaran dan juga beberapa besar penjualnya memperlihatkan barang yang seakan-akan tetapi tidak sama dikarenakan masing-masing perusahaan mempunyai ciri khas tersendiri.
Pengertian lain dari pasar persaingan monopolistik yakni sebuah pasar yang mempunyai banyak produsen yang menghasilkan barang berbeda corak. Didalam pasar persaingan monopolistik, penjual ataupun pembeli mempunyai kemampuan untuk menentukan harga sebuah produk. Hal ini dikarenakan produsen memproduksi barang yang coraknya berbeda, maka produsen itu bisa menghasilkan atau menciptakan produk yang sesuai dengan undangan pasar.
Pasar persaingan monopolistik berada diantara pasar persaingan tepat dan pasar monopoli, mengakibatkan sifat pasar persaingan monopolistik ini mempunyai unsur pasar persaingan tepat dan pasar monopoli.
Bentuk pasar persaingan monopolistik ini awalnya dikenalkan oleh ekonom Amerika Serikat di tahun 1930-an yaitu Edward Chamberlin dan Joan Violet Robinson. Terjadinya pasar persaingan ini yakni lantaran tidak puasnya pada model pasar persaingan tepat yang dirasa kurang realistis.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik
Terdapat ciri-ciri atau karakteristik pasar persaingan monopolistik antara lain:
1.Terdapat Banyak Penjual
Walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna, penjual pada pasar persaingan monopolistiknya jumlahnya banyak. Pasar persaingan monopolistik ini tidak mempunyai produsen yang skala produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
2.Barang Yang Diperjualbelikan Terdeferensiasi
Barang yang dibentuk produsen satu dengan produsen lainnya dalam pasar persaingan monopolistik ini bisa dibedakan meskipun barang yang dihasilkan sama, tetapi ada perbedaan pada corak mulai dari kemasan, kualitas, ataupun cara pembelian.
Perbedaan itu mengakibatkan barang yang diproduksi dalam pasar persaingan monopolistik sifatnya sebagai pengganti yang akrab atau close subtitute dan tidak mempunyai sifat pengganti sempurna.
3.Adanya Kemampuan Penjual Untuk Mempengaruhi
Produsen di pasar persaingan monopolistik mempunyai kuasa dalam mempengaruhi harga barang walaupun tidak sekuat pada pasar monopoli.
Kemampuan ini bisa dilihat dari perjuangan produsen untuk mempertahankan keistimewaan produk yang dibuat. Misalnya pada industri deterjen, produk A lebih populer lantaran kelembutannya sedangkan produk B yang populer dengan keharumannya.
4.Penjual Praktis Keluar Masuk Pasar
Perusahaan lain gampang keluar masuk pasar yang bersayarat mempunyai kemampuan menciptakan produk dengan corak berbeda dan lebih menarik dari produk sebelumnya.
5.Terdapat Kegiatan Promosi
Adanya acara promosi sanggup kuat pada gambaran masyarakat terhadap produk yang dihasilnya perusahaan, lantaran dalam pasar persaingan monopolistik harga bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi konsumen.
Sistem Harga Pasar Persaingan Monopolistik

Harga yang terdapat pada pasar persaingan monopolistik bisa dipengaruhi perusahaan dengan layanan khusus, merek yang sudah tercipta pada konsumen, dan efek iklan.
Dalam penentuan keuntungan atau rudi perusahaan pada pasar persaingan monopolistk hampir sama dengan perusahaan pada dasar monopoli. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah permintaan.
- Untuk jangka pendek. Perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik mungkin beruntung atau sanggup juga merugi.
- Untuk jangka panjang. Perusahaan bisa mendapat keuntungan normal setelah perusahaan-perusahaan terseleksi dengan cara ilmiah.
Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
Ada kelebihan dari pasar persaingan monopolistik, antara lain:
Menghasilkan Barang Berbeda Corak
Hal ini memberi keuntungan konsumen disebabkan konsumen bisa menentukan produk barang yang sesuai dengan selera dan kemampuan mereka mengakibatkan sanggup meningkatkan kesejahteraan mereka.
Distribusi Pendapatan Dalam Masyarakat Lebih Merata
Keuntungan produsen yang terbentuk dari perusahaan kecil sifatnya normal, maka pemilik modal tidak mempunyai kekayaan berlebih. Dan juga kesempatan kerja yang tercipta menjadi lebih besar.
Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik
Terdapat kekurangan dari pasar persaingan monopolistik, antara lain:
Operasi Tidak Seefisien Pasar Persaingan Sempurna
Hal ini disebabkan lantaran harga yang lebih tinggi, kuantitas produksi lebih rendah dan tidak tercapai efisiensi baik produk ataupu alokatif.
Perusahaan Tidak Mempunyai Inisiatif Untuk Melakukan Inovasi
Modal dan pasar yang sangat terbatas dan juga kecenderungan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang menghalangi produsen atau perusahaan untuk menciptakan suatu inovasi.
Contoh Pasar Persaingan Monopoliktik
Dalam pasar monopolistik ada perbedaan produk atau diferensiasi produk, mengakibatkan pembeli bebas menentukan produk yang mereka suka. Seperti umumnya pembeli tidak gampang keproduk lain, walaupun ada produk gres yang keluar di pasar.
Seperti contohnya, apabila kalian sika terhadap produk lagu KPOP dan mengoleksi semua album kpop tersebut dalam bentuk CD ataupun kaset, tidaklah mungkin kalian membeli garang dan CD lagu-lagu dangdut, walaupun hal itu banyak muncul lagu-lagu dangdut baru.
Contoh yang lain yakni perusahaan A mengeluarkan produk pewangi pakaian dan perusahaan B juga mengeluarkan produk serupa untuk pakaian, keduanyan memasuki pasar dan konsumen yang risikonya akan menilai produk tersebut.
Demikian telah dijelaskan wacana Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri-Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan, Contoh Terlengkap supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.
Silakan Baca Juga:
- 12 Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli Terlengkap
- Pengertian Ergonomi,Tujuan, Manfaat, Prinsip, Ruang Lingkup Terlengkap
- Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik, Implementasi Terlengkap
- Pengertian Akuntabilitas, Jenis-Jenis, Dimensi, Tingkatan Terlengkap
Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id