Sunday, June 18, 2017

√ Pengertian Dan Fungsi Processor

 Processor yaitu otak dari sebuah sistem komputer √ Pengertian dan Fungsi Processor

Processor yaitu otak dari sebuah sistem komputer. Semua proses dikendalikan oleh processor. Lalu apakah yang dimaksud dengan processor itu? Fungsinya buat apa? Berikut penjelasannya.

Pengertian Processor

Seperti yang diketahui bahwa processor yaitu otak dari sebuah komputer. Processor yaitu sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan dipakai sebagai sentra atau otak dari sebuah komputer.

Processor diletakkan pada socket yang telah disediakan dimotherboard, dan juga sanggup diganti dengan jenis processor lain asalkan sesuai dengan socket yang ada dimotherboard.

Processor juga berperan penting terhadap kecepatan yang dihasilkan oleh sebuah komputer atau laptop.

Untuk kecepatannya tergantung dari jenis dan kapasitas processor yang digunakan.

Processor yaitu sebuah chip yang sering disebut dengan “Microprosessor” yang kini ukurannya telah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut dihitung  dari kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi.

Untuk brand processor yang banyak dipakai dikala ini ada AMD, Apple, VIA, IBM, Cyrix, IDT dan tentunya Intel. Untuk bagian-bagian terpenting dari processor ada 3, yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU) : Pengatur kemudian lintas data menyerupai input dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan jalan masuk cukup tinggi.

Fungsi Processor

Processor mempunyai peranan yang sangat penting dikomputer atau laptop, alasannya yaitu processor merupakan  sentra pengendali dan pemrosesan kerja sebuah komputer.

Umumnya processor berfungsi hanya untuk memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian nantinya akan menghasilkan output (keluaran).

Untuk cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, menyerupai harddisk dan RAM. Fungsi dari sebuah processor sangat penting dan sanggup digambarkan sebagai otak dari sebuah komputer, dimana setiap data akan melalui processor untuk mengeluarkan atau outputnya. Processor sering disebut juga dengan CPU (Central Prosessing Unit).

Dapat diketahui juga bahwa processor hanya sanggup mengenali bahasa mesin dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik, dimana bilangan nol (0) menerangkan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menerangkan adanya sinyal listrik.

Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi processor, semoga informasinya sanggup bermanfaat buat teman-teman semuanya. Dan jangan lupa dishare ya, supaya menjadi ibadah, alasannya yaitu membuatkan sesuatu yang bermanfaat itu merupakan sebuah ibadah.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com