Thursday, June 15, 2017

√ Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar


Laptop tersusun dari aneka macam komponen yang saling berkaitan dan mempunyai peranan yang sangat penting. Dan setiap komponen penyusun laptop mempunyai fungsi dan kedudukan yang berbeda-beda. Komponen pada laptop tidak sanggup bekerja dengan sendirinya, niscaya membutuhkan seorang user yaitu manusia. Jika komponen laptop tidak bekerja dengan baik, maka kemungkinan yang meyebabkan hal itu terjadi sangat banyak sekali.

Salah satu komponen penyusun sebuah laptop yaitu keyboard. Keyboard merupakan papan input atau papan perintah. Dari keyboard inilah suatu perintah akan dieksekusi. Untuk jenisnya, setiap laptop mempunyai jenis keyboard yang berbeda-beda, ada yang tersusun lamgsung dengan casing laptop dan juga ada yang terpisah dengan casing laptop. Keyboard ada dua jenis, yaitu keyboard internal dan keyboard eksternal. Mungkin dari namanya saja teman-teman sudah sanggup membedakan antara kedua jenis keyboard ini. Untuk keyboard internal tersusun pribadi bersamaan dengan komponen laptop lainnya, sedangkan keyboard eksternal terpisah dengan komponen laptop yang lainnya.

Kerusakan pada keyboard laptop sangat sering terjadi dengan aneka macam penyebabnya, mulai dari kecerobohan penggunanya sendiri dan terjadi error pada hardware. Untuk itu sebagai pengguna yang baik seharusnya sanggup merawat dan menjaga komponen-komponen pada laptop terutama keyboard dengan baik dan benar. Apabila dijaga dan dirawat, maka akan memperpanjang umur keyboard tersebut. Membersihkan keyboard termasuk hal yang penting, dan juga harus dilakukan dengan rutin biar keadaan keyboard akan tetap terjaga. Berikut ada beberapa tips untuk membersihkan keyboard :

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencabut semua sumber arus laptop, cabutlah kabel power kalau dalam keadaan dicharge, dan lalu lepaslah baterai laptop. Dan juga jangan lupa untuk mencabut sema perangkat atau kabel yang terhubung pribadi ke laptop, menyerupai kabel USB dan lainnya. Langkah selanjutnya yaitu miringkan laptop biar yummy dan lebih simpel dalam pembersihannya. Tiuplah keyboard biar debunya hilang, atau lebih baiknya dengan memakai kompresor biar pembersihannya sanggup dilakukan dengan maksimal. Keyboard juga sanggup dicuci layaknya anda mencucui sebuah pakaian, dan sesudah dicuci jangan lupa untuk dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Penjemuran tamat apabila keyboard memang sudah benar-benar kering.

Cara membersihkan keyboard yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan batasan atau tepi pada keyboard dengan memakai alat khusus atau juga sanggup dengan memakai sendok teh atau alat lainnya, dilapisi dengan sedikit kain yang agak lembut yang sedikit basah. Gunakanlah alat penyedot debu biar debu yang berada dalam keyboard sanggup dibersihkan secara menyeluruh. Bisa juga dengan memakai alat pengering rambut (hair dryer) untuk meniup kotoran yang berada disela-sela keluar. Lakukanlah pencucian ini secara teliti dan menyeluruh.

Setelah keyboard sudah dibersihkan dan tidak ada lagi kotoran atau debu yang tersisa, sebaiknya gunakanlah keyboard protektor untuk mencegah debu melekat dan masuk pada sela-sela laptop pada ketika digunakan. Biasanya keyboard protector  terbuat dari materi karet yang sanggup melekat dengan baik di keyboard. Hal ini ditujukan biar sanggup menetralisir masuknya debu atau kotoran kedalam keyboard.

Demikianlah tips atau cara membersihkan keyboard laptop dengan baik dan benar. Semoga sanggup membantu dan juga sanggup menawarkan isu yang bermanfaat buat sahabat semuanya. Dan terimakasih juga telah berkunjung di blog ini.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com