Monday, May 1, 2017

√ Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis Dan Misalnya (Lengkap)

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Paragraf Persuasi. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, jenis dan teladan paragraf persuasi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)


Mari kita bahas pengertian paragraf persuasi terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Paragraf Persuasi


Paragraf persuasi merupakan paragraf yang mengandung permintaan atau bujukan kepada pembaca supaya melaksanakan atau mengikuti apa yang dituliskan dalam paragraf tersebut. Paragraf persuasi dibentuk berdasarkan pemahaman atau perkiraan bahwa setiap pandangan atau pendirian umat insan sanggup berubah-ubah.


Paragraf persuasi mempunyai tujuan yakni untuk mempengaruhi atu mengajak pembaca supaya percaya dan melaksanakan apa yang telah ditulis dan disampaikan penulis didalam paragraf. Supaya pembaca percaya, paragraf persuasi harus diikuti dengan bukti dan data pendukug yang kuat.


Pada paragraf persuasi seringkali ditemukan kata-kata yang sifatnya mengajak “ayo”, “mari” dan “lakukanlah”. Paragraf ini seringkali dijumpai di dalam iklan, himbauan atau propaganda di media massa.


Ciri-Ciri Paragraf Persuasi


Paragraf persuasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:



  • Sering menggunakan alasan-alasan yang besar lengan berkuasa diikuti dengan data dan fakta yang menjadi pendukung untuk mengajak, mengingat paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca

  • Berupaya untuk meyakinkan pembaca biar melaksanakan atau percaya yang ditulis oleh penulis

  • Banyak menggunakan kata-kata permintaan ibarat ayo, mari, lakukanlah dan lain sebagainya.

  • Seringkali menghindari konflik supaya kepercayaan pembaca tidak hilang dan biar komitmen pendapat antara penulis dan pembaca sanggup dicapai.


Jenis-Jenis Paragraf Persuasi


Menurut fungsinya, paragraf persuasi dibagi menjadi empat jenis, antara lain sebagai berikut:


Paragraf Persuasi Politik


Paragraf persuasi politik merupakan jenis paragraf persuasi yang berisi perjuangan untuk mempengaruhi pembaca untuk memilih pilihan pada calon atau partai politik tertentu.


Seringkali di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang berisi paragraf tersebut.


Paragraf Persuasi Pendidikan


Paragraf persuasi pendidikan seringkali digunakan oleh instansi atau dalam dunia pendidikan untuk mendukung tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan sanggup dalam bentuk himbauan, motivasi ataupun anjuran.


Paragraf Persuasi Advertensi/Periklanan


Paragraf persuasi advertensi merupakan paragraf persuasi yang mempunyai tujuan komersil. Paragraf advertensi seringkali digunakan oleh produsen perusahaan untuk mengenalkan dan memasarkan produk tertentu dengan cita-cita konsumen tertarik untuk membelinya.


Paragraf Persuasi Propaganda


Paragraf persuasi propaganda seringkali digunakan untuk memberikan informasi yang bertujuan supaya pembacanya mau percaya dan melaksanakan apa yang diterangkan oleh penulis di dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak dijumpai di media cetak ibarat majalah, portal informasi online, surat kabar dan lain sebagainya.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Paragraf Persuasi √ Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)


Contoh Paragraf Persuasi



  • Contoh A

    Membaca merupakan kegiatan yang banyak manfaatnya. Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. Menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh jaman yang semakin maju.


    Selain bermanfaat, membaca juga yaitu kegiatan yang begitu menyenangkan. Membaca buku mempunyai manfaat juga untuk membuat otak menjadi lebih fresh dan tidak tegang. Oleh lantaran itu, marilah membuat budaya membaca lantaran membaca sanggup memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.


  • Contoh B

    Hutan yaitu paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak sanggup hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan, setiap hari menghasilkan oksigen yang sangat kita butuhkan dalam bernafas.


    Apabila hutan kita tidak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakaran maka cepat atau lambat pohon-pohon akan habis. Hal itu akan berakibat terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup termasuk manusia.


    Apabila hutan habis, maka tidak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah tolong-menolong kita melaksanakan kampanye jadwal one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan tolong-menolong menjaga hutan. Untuk adanya masa depan untuk kita serta anak cucu kita.



Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap), semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id