Sunday, April 30, 2017

√ Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Contoh

Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal teks eksposisi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah, jenis-jenis dan teladan teks eksposisi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Contoh


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Teks Eksposisi


Teks eksposisi yaitu teks yang mengandung paragraf atau karangan yang didalamnya terdapat sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan gampang untuk dipahami. Teks eksposisi yang sifatnya nyata, real, dan ilmiah atau sanggup disebut juga sebagai teks non fiksi.


Tujuan Teks Eksposisi


Tujuan teks eksposisi yakni menandakan atau menjelaskan dengan sangat terperinci beberapa informasi tertentu pada pembaca menimbulkan pembaca akan memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Suatu teks eksposisi mempunyai karakteristik atau ciri-ciri antara lain:



  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan mengenai suatu hal

  • Gaya informasi yang sifatnya mengajak

  • Pemaparan menggunakan bahasa baku dan ditampilkan secara lugas

  • Sifatnya netral atau tidak memihak

  • Fakta yang digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.


Struktur Teks Eksposisi


Dalam menciptakan teks eksposisi mempunyai beberapa struktur, yakni:


Pembukaan

Pembukaan atau orientasi yakni pecahan yang mengandung pandangan awal penulis mengenai suatu permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.


Isi (Thesis)

Thesis yakni isi dari teks eksposisi yang didalamnya terdapat kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih jago berkaitan dengan permasalahan dan pokok bahasan yang sedang dibahas. Untuk melaksanakan identifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, kita sanggup mengidentifikasi thesis dengan memperhatikan pemilihan katanya.


Argumentasi

Bagian ini berisikan bukti-bukti yang relevan yang mendukung thesis atau isi teks eksposisi. Pada umumnya argumentasi akan berisi fakta-fakta relevan yang berafiliasi dengan inti bahasan contohnya tanggal, latar, narasumber, dan pemakaian angka-angka yang seringkali bersifat konkrit.


Penegasan Ulang

Bagian ini berisi kesimpulan yang meliputi pembukaan, thesis hingga argumentasi yang disajikan penulis yang tentu disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.


Kaidah Bahasa Teks Eksposisi


Dalam teks eksposisi mempunyai ciri kebahasaan atau kaidahnya, antara lain:



  • Memakai pronomina, merupakan jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.

  • Memakai konjungsi, konjungsi sanggup digunakan dalam teks eksposisi untuk menguatkan argumentasi

  • Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengarah pada kamus) yakni kata yang mengarah pada benda, baik kasatmata ataupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan artinya terdapat yang berbentuk nomina dasar ataupun nomina turunan.


Jenis-jenis Teks Eksposisi


Jenis dari teks eksposisi yakni sebagai berikut:


Teks Eksposisi Ilustrasi


Teks eksposisi ini menggunakan pembagian terstruktur mengenai sederhana atau bentuk konkrit dari suatu ide. Memberikan ilustrasi sesuatu mempunyai kesamaan sifat, menggunakan kata penghubung.


Teks Eksposisi Berita


Teks eksposisi ini menyajikan informasi dari suatu kejadian, teks ini sering dijumpai dalam gosip atau surat kabar.


Teks Eksposisi Perbandingan


Teks eksposisi ini menjelaskan wangsit atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.


Teks Eksposisi Proses


Teks eksposisi ini mengandung mengenai panduan atau tata cara menciptakan sesuatu


Teks Eksposisi Definisi


Teks Eksposisi ini memuat perihal definisi dari suatu objek


Teks Eksposisi Pertentangan


Mengandung kontradiksi antara suatu objek dengan objek yang lain. Jenis eksposisi ini seringkali menggunakan frasa penghubung seperti: Meskipun begitu, akan tetapi, sebaiknya.


Teks Eksposisi Analisis


Proses memisahkan duduk kasus dari sebuah gagasan utama untuk menjadi beberapa sub bagian. Lalu melaksanakan pengembangan secara beruntun.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal teks eksposisi √ Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Contoh


Contoh Teks Eksposisi


Dibawah ini yakni teladan dari teks eksposisi:


Fakta Hukum Di Indonesia


Tesis:

Seharusnya aturan di Indonesia ibarat yang sudah diatur pada Undang-Undang telah secara tegas mengatur eksekusi untuk para pelaku kejahatan.


Namun begitu, faktanya seringkali terjadi ketidakadilan aturan yang sanggup merugikan banyak orang. Hukum sanggup saja tegas tetapi menjadi mendadak tumpul pada ketika berhadapan dengan koruptor, itulah yang terjadi ketika ini.


Argumentasi:

Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa koruptor di Indonesia mendapatkan eksekusi yang sanggup disebut tingkatan ringan, bahkan ada koruptor yang memperoleh santunan kemudahan glamor padahal telah dianggap merugikan negara.


Kita tentu sering melihat di gosip bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Tetapi belum pernah kita tahu koruptor di Indonesia dikeroyok masa hingga tewas


Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia sanggup dibilang hanya tegas kepada rakyat kecil. Contoh yakni kasus yang pernah dialami nenek Asyani.


Kesusnya hanya sebab diduga mencuri kayu, ia terancam eksekusi selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, kalau dibanding dengan eksekusi yang diterima oleh koruptor.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Contoh, biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id