Tuesday, April 18, 2017

√ Pengertian Masyarakat Madani, Ciri - Ciri, Unsur, Syarat, Dan Misalnya (Lengkap)

Pengertian Masyarakat madani (Civil Society) yaitu masyarakat / sekelompok orang yang mempunyai yang mempunyai budpekerti yang dipakai dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupan. Adab yang di gunakan dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupan didasarkan pada aturan agama yang diadaptasi dengan dogma agama masing - masing masyarakat. 

 sekelompok orang yang mempunyai yang mempunyai budpekerti yang dipakai dalam membangun √ Pengertian MASYARAKAT MADANI, Ciri - Ciri, Unsur, Syarat, dan Contohnya (LENGKAP)

PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI MENURUT PARA AHLI

Pengertian tersebut yaitu pengertian masyarakat madani secara umum. Namun terdapat beberapa hebat di bidang tertentu yang mengemukakan pendapat ihwal definisi dari adanya masyarakat madani. Berikut yaitu pendapat para hebat terkait dengan masyarakat madani :

#1. Anwar Ibrahim
Pendapat anwar ibrahim terkait pengertian masyarakat madani yaitu, masyarakat madani merupakan suatu sistem sosial yang terbentuk dan subur yang berlandaskan pada prinsip - prinsip moral. Prinsip moral tersebut mempunyai fungsi dalam menjamin kebebasan antara kesetabilan masyarakat dan kebebasan individu dalam bermasyarakat. Kebebasan individu dalam bermasyarakat sanggup berupa berkeasi seni, fatwa luas, dan lain sebagainya. 

#.2 Thomas Paine
Thomas paine menjlaskan bahwa masyarakat madani merupakan suatu ruang kawasan sosial bagi masyarakat untuk sanggup menumbuhkan dan membuatkan potensi kepribadiannya masing - masing serta memperlihatkan peluang bagi pemenuhan kebutuhan dan cita-cita masyarakat tanpa adanya unsur paksaan dan dilakukan secara bebas. 

#3. Ernest Gellner
Menurut salah satu pemikir politik yang besar lengan berkuasa di dunia berjulukan Ernest Gellner, pengertian dari masyarakat madani yaitu sutau kelompok asosiasi, forum atau institusi yang mempunyai kemampuan yang cukup kuat untuk mempengaruhi terjadinya tirani politik ( tirani politik yaitu otoritas yang di salah gunakan ibarat pembungkaman terhadap bunyi rakyat, kewenangan yang di rubah menjadi kesewenangan, dsb), baik itu oleh forum pemerintahan negara atau  komunitas sosial lain.

#4. Dawan Rahardjo 
Menurut ketua eksekutif forum studi agama yang berjulukan dawan rahardjo ini, pengertian masyarakat madani yaitu suatu proses penciptaan per-adaban masyarakat yang mengacu atau di dasarkan pada kebijakan yang di akui dan di setujui oleh anggota masyarakat secara bersama - sama.


UNSUR - UNSUR MASYARAKAT MADANI

Sistem dalam sebuah masyarakat madani tidak sanggup muncur begitu saja dengan sendirinya. Dalam masyarakat madani terdapat unsur - unsur sosial yang menjadi suatu persyaratan penting dalam terbentuknya masyarakat madani. Beberapa unsur pokok masyarakat madani yaitu sebagai berikut..
  • Adanya wilayah publik yang luas 
  • Demokrasi
  • Toleransi
  • Pluralisme
  • Keadilan sosial

SYARAT TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI

Dalam membangun sebuah masyarakat madani terdapat beberapa syarat yang perlu ada (penting) dalam masyarakat. Syarat - syarat tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Kebutuhan dasar individu, keluarga, dan juga kelompok yang ada dalam kelompok masyarakat terpenuhi dengan baik
  • Tebentuk dan Berkembangnya modal insan (human capital) dan modal sosial (social capital) yang kondusif
  • Adanya jaminan, kepastian, dan dogma dari setiap jaringan-jaringan kemasyarakatan
  • Terselenggaranya sistem pemerintahan yang lembaga-lembaga ekonomi hukum, sosial berjalansecara produktif dan berkeadilan sosial 
  • Tidak adanya diskriminasi dalam banyak sekali bidang
  • Adanya Hak, kemampuan, dan kesempatan bagi seluruh pihak dalam masyarakat madani
  • Adanya perilaku toleransi antara setiap anggota masyarakat. 

KARAKTERISTIK ATAU CIRI - CIRI MASYARAKAT MADANI

Masyarakat madani mempunyai cirikhas tersendiri yang membedakannya dengan jenis masyarakat - masyarakat yang lainnya. Perbedaan tersebut sanggup di tinjau menurut karakteristiknya. Berikut yaitu karakteristik atau ciri - ciri masyarakat madani:

#1. Social Justice (Keadilan Sosial)
Social justice atau keadilan sosial yaitu salah satu syarat utama semoga terciptanya masyarakat madani. social justice atau keadilan sosial tersebut mempunyai makna bahwa setiap warga negara mempunyai kewajiban - kewajiban dan hak - hak yang seimbang secara proporsional dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut tercantum dalam pancasila poin ke 5 yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakayt Indonesia".

#2. Democrasi ( Dekokrasi )
Demokrasi dalam masyarakat madani dianggap sangat penting adanya. Demokari dalam masyarakat madani diartikan sebagai suatu proses penegakan prinsip - prinsip demokrasi (dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat). Penegakan prinsip - prinsip demokrasi tersebut di landaskan atas dasar demi tercipanya masyarakat yang mempunyai rasa cinta dan menjunjung tinggi nilai - nilai dan asas - asas demokrasi.  

Dalam penegakan prinsip - prinsip demokrasi, sanggup di lakukan oleh lima pilar yang di antaranya yaitu pers yang bebas, partai politik, akademi tinggi, forum swadaya masyarakat (LSM), dan supermasi hukum. 

#3. Plularisme (Memiliki Beragam Pemahaman)
Negara indonesia yaitu negara yang mempunyai masyarakat yang majemuk. Hal tersebut merupakan salah satu hadiah terindah yang diberikan oleh yang kuasa kepada kita. Hal tersebut juga, menuntut adanya perilaku plularisme di antara individu dalam bermasyarakat. Plurasisme yaitu perilaku yang sanggup memnerima dengan lapang dada dan tulus atas segala kondisi masyarakat indonesia yang beragam ini. 

Oleh sebab itu, hendakanya kita harus mensyukuri hal tersebut dan memodifikasi menjadi sebuah kekuatan yang beasr untuk membangun negara lebih kearah yang lebih konkret dan lebih baik. Dan kita memiiki semboyan yang harus kita aplikasikan di dalam kehidupan bermasyarakat yaitu " Berbeda - beda tetapi tetap satu jua"

#4. Toleransi
Ciri lain yang bisa kita amati dari masyarakat madani yaitu tolerasi. Toleransi sendiri merupakan perilaku terbukan / sanggup mendapatkan pendapat dan pandangan orang lain yang tidak sama dengan pandangan dan pendapat langsung baik dalam segi sosial, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Masyarakat madani cenderung termasuk dalam masyarakat yang heterogen. 

Hal tersebut menuntut individu dari setiap anggota masyarakat untuk mempunyai perilaku toleransi. Tujuannnya yaitu semoboyan kita yang berbunyi "Bhinneka Tunggal Ika" tetap tegak dan jaya di bawah cengkraman sang garuda merah putih yang perkasa.

#5. Social participation (Partisipasi Sosial)
Partisipasi sosial yaitu keterlibatan setiap warga negara yang mempunyai hak dan kewajiban dalam berpolitik baik secara mental maupun  emonsi dengan di dasarkan rasa tanggung jawab dan tidak di sertai dengan unsur paksaan dari pihak lain. Dalam masyarakat madani kita bisa melihat partisipasi sosial ibarat dalam pemelihan presiden dan wakilnya, pemilihan gubernur, pemilihan kepala desa, dan lain sebagainya. 

Contoh Masyarakat Madani - Untuk lebih terang dalam memahami apa yang dimaksud dengan masyarakat madani, anda sanggup memutar vidio di bawah ini !




Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Masyakakat Madani (Civil Society) Lengkap dengan Ciri - CIrinya yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. Semoga bermanfaat kiprah makalah masyarakat madani anda dan terima kasih telah berkunjung. 
Sumber http://www.galinesia.com