Tuesday, April 18, 2017

√ Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam Terlengkap

Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Emosi. Yang meliputi pengertian, fungsi, sumber dan macam-macam emosi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam Terlengkap


Mari kita bahas pengertian emosi terlebih dahulu.


Pengertian Emosi


Secara bahasa (etimologi) emosi bersumber dari bahasa Latin yakni “Movere” yang artinya menggerakkan, bergerak. Kemudian ditambah awalan e- menjadi “emovere” yang artiknya bergerak menjauh. Definisi emosi yaitu perasaan yang intens yang diperlihatkan kepada seseorang atau sesuatu. Dan juga emosi diartikan sebagai reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi sanggup ditunjukkan ketika merasa senang kepada sesuatu, murka kepada seseorang atau takut terhadap sesuatu.


Emosi juga diartikan sebagai sebuah gejalan psiko-fisiologis yang memunculkan efek terhadap persepsi, sikap ataupun tingkah laris dan dikeluarkan dalam bentuk lisan tertentu.


Mayer menyatakan, orang lebih mengarah untuk mengikuti gaya-gaya khas dalam menangani dan mengatasi emosi mereka yakni dengan sadar diri, karam dalam permasalahan dan pasrah. Dengan melihat kondisi tersebut maka sangatlah penting untuk masing-masing individu memiliki kecerdasan emosional supaya menimbulkan hidup lebih berarti dan tidak menimbulkan hidup yang dikala ini berjalan menjadi sia-sia.


Pengertian Emosi Menurut Para Ahli


1. Daniel Goleman


Definisi emosi berdasarkan Daniel Goleman ialah setiap aktivitas atau pergolakan perasaan, pikiran, nafsu, seitp keadaan mental yang jago dan meluap-luap. Ia menyatakan emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dari serangkaian kecenderungan untuk bertindak.


2. Chaplin


Definisi emosi berdasarkan Chaplin ialah suatu keadaan yang merangsang dari organisme yang meliputi perubahan-perubahan yang disadari yang sifatnya mendalam dari perubahan sikap tersebut.


3. Soergada Poerbakawatja


Definisi emosi berdasarkan Soergada Poerbakawatja ialah respons terhadap suatu perangsang yang mengakibatkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Respons demikian terjadi baik terhadap perasaan-perasaan eksternal maupun internal.


4. Prawitasari (1995)


Definisi emosi berdasarkan Prawitasari ialah berafiliasi dengan perubnahan fisiologis dan aneka macam piiran. Sehingga, emosi ialah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, lantaran emosi sanggup merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, lantaran emosi sanggup merupakan motivator sikap dalam arti meningkatkan, tapi uga sanggup mengganggu sikap intensional manusia.


5. Daniel Goleman


Definisi emosi berdasarkan Daniel Goleman ialah setidaknya ada ratusan emosi bersama dengan variasi, campuran, mutasi dan nuasanya sehingga makna yang dikandungnya lebih banyak, lebih kompleks, dan lebih halus dari pada kata dan pengertian yang dipakai untuk menjelaskan emosi.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Emosi √ Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam Terlengkap


Fungsi Emosi


Charles Darwin mengemukakan dalam bukunya yang memiliki Judul “The Expression of the Emotions in Man and Animal. Emosi mengalami perkembangan seiring waktu yang berfungsi untuk membantu insan dalam menuntaskan masalah.


Emosi sangat bermanfaat lantaran memotivasi orang untuk ikut serta dalam perbuatan supaya sanggup bertahan hidup, perbuatan tersebut antara lain menyerupai mengumpulkan makanan, mencari daerah berlindung, menentukan pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa dan melaksanakan prediksi perilaku. Emosi sangat besar lengan berkuasa kepada perbuatan insan dan insan lain.


Aspek Emosi


Adapun aspek aspek emosi antara lain:


Biologi Emosi


Seluruh emosi bersumber dari ssitem limbik otak yang ukurannya sekitar sebesar kacang walnut dan berada di batang otak. Orang-orang cenderung merasa senang pada dikala sistem limbik mereka secara relatif tidak aktif.


Intensitas


Setiap orang menawarkan respon yang tidak sama terhadap rangsangan pemico emosi yang sama. Dalam beberapa kasus kepribadian menjadi penyebab perbedaan tersebut.


Frekuensi dan Durasi


Suksesnya pemenuhan tuntutan emosional seorang karyawan dari suatu pekerjaan tidak hanya tergantung dari emosi-emosi yang harus ditunjukkan dan intensistasnya juga pada seberapa sering.


Rasionalitas dan Emosi


Emosi merupakan penting terhadap fatwa yang rasional lantaran emosi menawarkan warta penting wacana pemahaman terhadap dunia sekitar.


Sumber-Sumber Emosi


Emosi atau suasana hati sanggup bersumber dari beberapa hal yakni sebagai berikut:



  • Kepribadian

  • Hari dalam Seminggu dan waktu dalam sehari

  • Kualitas tidur

  • Aktivitas sosial

  • Olahraga

  • Stress

  • Usia

  • Gender


Macam-Macam Emosi


Pada umumnya, emosi dikategorikan menjadi dua bentuk yakni Emosi Positif dan Emosi Negatif.


Emosi Positif

Emosi positif merupakan pengekspresian suatu penilaian atau perasaan yang menguntungkan, menyerupai bahagia, senang, ceria, damai, rasa syukur


Emosi Negatif

Emosi negatif artinya memperlihatkan lisan suatu penilaian atau perasaan merugikan, menyerupai sedih, menangis, marah, kecewa, benti dan lain sebagianya.


Decrates menyatakan, emosi dibagi menjadi beberapa macam atau jenis, yakni:



  • Desire (Hasrat)

  • Hate (Benci)

  • Sorrow (Sedih/Duka)

  • Wonder (Heran)

  • Love (Cinta)

  • Joy (Kegembiraan)


Sedangkan JB Watson, membagi emosi dalam tiga macam, yaitu:



  • Fear (Ketakutan)

  • Rage (Kemarahan)

  • Love (Cinta)


Dan Daniel Goleman (2002:14) juga mengklasifikasikan emosi dalam beberapa jenis, yakni antara lain;



  • Amarah: Seperti beringas, benci, jengkel, kesal hati

  • Kesedihan: Pedih, sedih, muram, suram, melankolis, menyayangi diri, putus asa.

  • Rasa takut: Cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri.

  • Kenikmatan: Bahagia, gembira, riang, puas, senang, terhibur, bangga

  • Cinta: Penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, hormat dan kemesraan.

  • Terkejut: Terkasima, terkejut

  • Jengkel: Hina, jijik, muak, mual, tidak suka

  • Malu: Malu hati, kesal


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam Terlengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id