Sunday, April 16, 2017

√ Pengertian Dan Fungsi Vpn Pada Jaringan Komputer

Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer - Virtual Private Network (VPN) yaitu hubungan antara jaringan komputer yang satu dengan jaringan komputer yang lain secara privat melalui jaringan internet. VPN sanggup juga diartikan sebagai virtual network atau private network yang berarti jaringan yang memakai internet sebagai mediator antar jaringan yang bersifat private, alasannya yaitu hanya orang tertentu yang sanggup mengakses jaringan tersebut.

Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer √ Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer

Apabila memakai VPN, maka orang tersebut akan merasa lebih kondusif dengan jalur kemudian lintas data yang dilaluinya, alasannya yaitu dengan memakai VPN otomatis hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup mengaksesnya. VPN biasanya dipakai dalam hal-hal yang bersifat rahasia, misalkan wacana data sebuah perusahaan, data-data user dan lainnya.

Fungsi VPN pada jaringan komputer
1. Kerahasiaan (Confidentially)
VPN yaitu sebuah jaringan  dengan media perantaranya memakai koneksi internet. Seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berafiliasi dengan koneksi internet akan sangat rawan diketahui atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab (h4ck3r). Nah, VPN ini hadir dengan menerapkan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan memakai metode enkripsi ini, keamanan sebuah data akan lebih terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data integrity)
Kelebihan VPN ini yaitu bisa menjaga keutuhan dari data dan isu yang dikirim dari alamat sumber sehingga sanggup diterima dengan baik pada alamat yang dituju.

3. Autentikasi sumber (Origin authentication)
VPN juga memungkinkan untuk melaksanakan autentikasi sumber data yang diterima. Sehingga VPN sanggup mengusut data yang masuk dan mengakses isu dari sumbernya. Nah, alamat dari sumber data tersebut akan disetujui jikalau proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN pada jaringan komputer
  • Biaya setup atau pemasangan yang lebih murah.
  • Remote access, VPN akan berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak jauh dengan syarat bisa terhubung dengan jaringan internet.
  • Keamanan, data dan isu yang dikirim akan lebih kondusif alasannya yaitu adanya autentikasi sumber.
Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi VPN pada jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel singkat ini sanggup memperlihatkan isu yang bermanfaat.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com