Monday, March 27, 2017

√ Persendian Insan (Macam-Macam Dan Pengertiannya)


Untuk kali ini kita akan membahas sedikit mengenai sensi atau artikulasi. Sebelumnya, coba bayangkan andaikata insan tidak mempunyai sendi jila berjalan lutut tidak dapat fleksibel menjaga keseimbangan ayunan langkah kaki, leherpun tidak dapat dipakai untuk menoleh dan mengangguk.Persendian berperan penting dalam proses pergerakan alasannya yaitu dengan persendian insan lebih bebas bergerak secara fleksibel. Persendian adalah hubungan antar tulang-tulang yang membentuk sistem gerak pada manusia. Nah sekaran kita akan mengulas macam-macamnya.

Macam-macam Sendi Berdasarkan Sifat Pergerakannya

#1. Sinartosis (Sendi Mati)
Adalah persendian yang tidak dapat digerakkan. Biasanya tulang pada persendian Sinartosis dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.

#2. Diartosis (Sendi Gerak)
Tipe persendian ini yaitu sensi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arahataupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah) dan sendi pundak (ke segala arah).

#3. Amfiartrosis (Sendi Kaku)
Merupakan persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.


Macam-macamSendi Berdasarkan Arah Geraknya

A. Sendi Engsel
Seperti engsel jendela atau  pintu, persendian ini memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan saja, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut dan siku.

B. Sendi Pelana
yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.

C. Sendi Peluru
Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah, pola sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.

D. Sendi Putar
Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas dan pada leher.

Nah, itulah ulasan singkat kami wacana persendian. Semoga bermanfaat dan terimakasih......

Sumber http://www.galinesia.com