Monday, March 27, 2017

√ Mengenal Kain Flanel

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan, nama kain flanel tentu sudah tidak aneh lagi di pendengaran kita. Namun bagi sebagian orang awam masih banyak yang belum mengenal apa itu kain flanel dan apa fungsinya. Yuk sini saya kenalin. :D

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan √ Mengenal Kain Flanel

Saya gres mengenal kain flanel kurang lebih gres sekitar 5 tahun yang lalu, dan pada dikala itu sedang booming-boomingnya kain flanel untuk dijadikan sebagai aksesoris jepit rambut dan gantungan kunci. Tidak ingin melewatkan kesempatan yang ada, sampai-sampai saya juga ikut memanfaatkan momen tersebut untuk menciptakan kalung handmade dari flanel dengan beraneka ragam bentuk yang saya pelajari secara otodidak. Kemudian karenanya saya jual di online shop saya.

Bahkan karya saya yang paling laku dikala itu ialah kalung flanel dengan liontin Upin Ipin, yang merupakan kesempatan emas bagi saya pada dikala itu alasannya ialah kebetulan memang Upin Ipin ialah tokoh kartun yang gres saja sedang ngehits dan digemari oleh banyak kalangan di kala itu. Alhamdulillah ya, ikut kecipratan berkahnya. :D

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan √ Mengenal Kain Flanel
Kreasi kalung Upin Ipin dari materi kain flanel

Seiring berjalannya waktu, bukan berarti kini ini kain flanel sudah kehilangan masa kejayaannya. Bahkan kain flanel ini sering digunakan sebagai materi utama untuk kiprah kerajinan murid-murid di sekolah dan juga masih sangat diharapkan oleh pemula yang ingin berguru crafting. Bagi yang belum mengenal apa itu kain flanel, di bawah ini akan saya berikan klarifikasi perihal definisi kain flanel secara lebih terperinci, tentunya menurut pengalaman yang saya miliki.


Apa itu kain flanel?
Agar tidak menjadi salah kaprah, sebelumnya saya ingin membuatkan sedikit isu perihal kain flanel di luar negeri. Di sana kain ini disebut dengan felt. Di luar negeri sendiri, kain felt justru berbeda dengan kain flannel (*perhatikan ejaan hurufnya), meskipun materi utamanya sama-sama terbuat dari serat wol. Kain flannel pada umumnya digunakan untuk materi menciptakan kemeja yang biasanya bermotif tartan atau kotak-kotak (di Indonesia juga biasa disebut dengan flannel/flanel). Makara intinya kain flanel (bahan menciptakan kerajinan) itu berbeda dengan kain flannel (bahan menciptakan kemeja).

Sedangkan di Indonesia, yang dimaksud kain flanel yaitu materi yang biasa dipergunakan untuk menciptakan barang craft atau kerajinan tangan ialah sama dengan kain felt (yang dikenal di luar negeri). Menurut Wikipedia, " flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan bermacam-macam tekstur dan jenis (tergantung materi pembuatnya) ".

Kain flanel mempunyai ketebalan dan kualitas yang bebeda-beda. Namun kini banyak dijumpai kain flanel yang agak sedikit tipis dari biasanya, bahkan kain flanel yang agak tebal justru semakin sulit didapatkan. Entahlah apakah alasannya ialah terkena dampak harga sembako yang semakin naik atau tuntutan kehidupan ekonomi yang semakin tinggi. :D

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan √ Mengenal Kain Flanel
Tekstur kain flanel
Ciri-ciri atau tekstur kain flanel :
  - sangat tebal (dibanding jenis kain lainnya)
  - berserat menyerupai kapas
  - tidak bertiras (pinggiran kain tidak gampang mbrudul)
  - agak kaku
  - tidak ada motif tenunan benang



Apa kegunaan kain flanel?
Kain flanel biasa digunakan sebagai materi utama kerajinan tangan dengan beraneka ragam bentuk. Pada awalnya kain flanel sering kali digunakan sebagai materi aksesoris perempuan menyerupai jepit rambut, bros hingga kalung.

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan √ Mengenal Kain Flanel
Beberapa kreasi saya menciptakan kalung dari kain flanel
Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kreatifitas dari para crafter, kain flanel sudah semakin banyak dimanfaatkan untuk menjadi beraneka ragam fungsi yang lainnya, menyerupai untuk menciptakan :
  - amplop angpau lebaran,
  - pelapis celengan / daerah pensil,
  - boneka / finger doll,
  - gantungan kunci,
  - aksesoris untuk menghias pakaian atau mukena,
  - souvenir, dan lain sebagainya.


Di mana sanggup mendapat kain flanel?
Kain flanel terdiri dari banyak sekali macam warna, ada yang polos dan juga bermotif. Namun kain flanel motif ini agak sulit ditemukan, alasannya ialah masih jarang sekali yang menjualnya.

Untuk mendapat kain flanel bergotong-royong cukup mudah. Kita sanggup menemukan kain flanel di toko alat jahit terdekat, biasanya dijual lembaran dengan ukuran 20 x 20 cm dengan harga kisaran Rp. 1.500 - Rp. 2.500. Cukup terjangkau bukan? Cocok bagi pemula yang gres ingin berguru crafting atau anak sekolahan yang hanya untuk memanfaatkannya sebagai kiprah prakarya di sekolah. Tapi kita juga sanggup membelinya secara meteran jikalau membutuhkan dalam porsi yang banyak.

Bahkan kain flanel ini lebih sulit ditemukan di toko kain yang biasa menjual kain katun, sifon dan lain-lainnya. Makara jikalau kalian ingin membeli kain flanel, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu toko perlengkapan kerajinan atau toko alat jahit.

Jika menginginkan kain flanel dengan beraneka ragam motif, sebaiknya beli saja secara online. Justru kain flanel motif ini lebih gampang didapatkan di beberapa toko online yang menjual materi kerajinan / materi craft.


Apa kelebihan kain flanel?
Sebelum membahas kelebihannya, kain flanel juga tentu mempunyai kekurangan, sama menyerupai kita insan yang juga mempunyai banyak kekurangan. Karena kesempurnaan hanya milik Allah. Loh loh apa hubungannya? :p

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan √ Mengenal Kain Flanel

Kekurangan kain flanel :
  - tidak sanggup dijadikan materi pakaian, alasannya ialah bahannya yang tebal dan kaku
  - gampang kotor
  - masih jarang yang jual flanel bermotif

Kelebihan kain flanel :
  - gampang dibentuk, sekalipun dalam potongan yang sangat kecil
  - tidak perlu menjahit pinggiran kain
  - sanggup dibeli dengan ukuran kecil (tidak harus meteran)
  - harga terjangkau


----------------------***----------------------


Kira-kira menyerupai itulah rincian kain flanel yang sanggup saya jelaskan. Semoga sanggup membantu teman-teman yang sedang kebingungan bagaimana rupa dan bentuk kain flanel. Khususnya bagi pemula yang ingin berguru crafting, saya sarankan untuk mencobalah terlebih dahulu menciptakan suatu kerajinan tangan dari materi kain flanel ini.

Happy crafting.. (✿^__^ )


Sumber http://jemariayumna.blogspot.com