Sunday, March 26, 2017

√ Mengenal Jenis Tang Untuk Menciptakan Aksesoris

Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris


 Tang atau plier adalah alat yang digunakan untuk mencengkram atau memegang suatu benda atau material yang keras, biasanya terbuat dari baja dan pemegangnya dilapisi dengan karet. Seperti yang kita ketahui, tang biasa digunakan sebagai alat bantu dalam aktivitas pertukangan. Tapi tahukah kau bahwa tang ini juga diharapkan di dalam dunia crafting.

Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
5 jenis tang untuk aksesoris

Dalam dunia crafting atau aktivitas menciptakan kerajinan tangan, tang juga diharapkan khususnya untuk menciptakan aksesoris menyerupai gelang, kalung, bros, atau  beberapa kerajinan handmade yang salah satu bahannya memakai media berbahan besi atau logam sejenis, menyerupai kawat, rantai, ring, penjepit tali, dan lain sebagainya. Pada umumnya tang ini digunakan dalam menciptakan juntai pada bros, ataupun memasang dan merangkai manik-manik untuk menciptakan perhiasan (jewelry) yang lainnya. Jenis dan fungsi tang ini pun juga beragam, umumnya dikenal ada 5 macam jenis tang dalam menciptakan aksesoris. Berikut ini akan dijabarkan apa saja jenis dan kegunaan masing-masing tang untuk menciptakan aksesoris dalam crafting.



Round Nose Plier (Tang Pelintir)
Juga biasa disebut sebagai long nose plier. Seperti namanya tang ini menyerupai berhidung panjang atau mempunyai moncong dengan bentuk permukaan lingkaran yang semakin mengecil ke ujungnya. Ini ialah tang yang wajib dimiliki untuk menciptakan beraneka ragam aksesoris. Fungsinya untuk membentuk loop (lengkungan / lingkaran ) pada kawat dan juga bisa dimanfaatkan untuk membuka ring.
Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
Umumnya digunakan untuk melengkungkan ujung kawat semoga berbentuk bulatan, yang nantinya berfungsi untuk mengaitkan kawat tersebut ke kawat yang lainnya. Dengan seluruh bab permukaannya yang lingkaran (tidak pipih) dan ukuran diameter yang semakin mengecil ke ujungnya, tang ini bisa membantu untuk melengkungkan kawat dalam banyak sekali ukuran yang diinginkan dengan gampang dan rapi, bahkan dalam ukuran yang terkecil sekalipun.



Flat Nose Plier (Tang Penjepit)
Tang ini berbentuk moncong pipih, serta permukaan bab dalamnya berbentuk datar dan sedikit bergerigi rapat. Tang ini sanggup berfungsi untuk menjepit kawat dan penjepit tali, serta sanggup juga digunakan untuk merapatkan bab sambungan kawat dan ring yang longgar. Terkadang juga digunakan bersamaan dengan tang pelintir dikala akan menciptakan lengkungan pada kawat, dengan cara memakai tang flat nose di tangan kiri untuk menjepit tubuh kawat dan asisten memegang tang round nose untuk melengkungkan ujung kawat.
Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
Kawat yang terlanjur bengkok atau keriting alasannya kesalahan dalam merangkai kawat, juga sanggup diluruskan kembali menggunakan flat nose plier ini. Cukup dengan cara menjepitkan kawat yang keriting secara memanjang pada permukaan bab dalam tang yang datar. Selain itu tang ini juga bisa digunakan untuk membengkokkan kawat.

Pada pangkal bab dalam tang ini juga terdapat bab yang tajam menyerupai permukaan gunting. Bagian yang tajam ini juga bisa berfungsi untuk memotong kawat.



Bent Nose Plier (Tang Sudut)
Tang yang ini juga berbentuk moncong dengan bab permukaan datar. Hanya saja bab ujungnya bengkok dengan sudut kemiringan 45derajat.
Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
Secara fungsional, gotong royong tang ini berkhasiat yang sama dengan flat nose plier yaitu sebagai penjepit dan juga bisa berfungsi untuk membengkokkan kawat. Namun dengan mempunyai bab ujung yang bengkok, tang ini sangat membantu untuk mencapai bab yang sulit dijangkau.



Diagonal Plier (Tang Potong)
Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
Tang ini juga biasa dikenal dengan cutting plier. Seperti namanya, dengan bidang permukaannya yang tajam tang ini digunakan untuk memotong kawat, senar dan juga tali yang kaku.



End Nipper Plier (Tang Catut)
Sebetulnya fungsi tang ini tidak jauh berbeda dengan diagonal cutting plier. Hanya saja bidang permukaan yang tajam sempurna berada pada bab depan menyerupai mirip alat pemotong kuku atau catut. Sesuai dengan namanya, tang ini biasa digunakan untuk memotong kelebihan sisa pada ujung kawat atau material.
Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris
Dengan bilah pisau yang sempurna berada pada bab depan, mengakibatkan tang ini memudahkan untuk menjangkau dan berada sangat bersahabat (mepet) dengan permukaan ujung kawat yang akan dipotong. Dengan bentuknya yang lebih tebal dan kokoh, end nipper plier ini bisa memotong kawat yang lebih tebal dibandingkan dengan diagonal plier.



Berapa harga tang untuk menciptakan aksesoris ini?
Harga tang untuk aksesoris yang ditawarkan sangat beragam, bergantung pada materi dan kualitas tang. Tang ini bisa didapatkan secara pribadi maupun online di toko perlengkapan aksesoris. Biasanya 1 set tang (isi 5 buah) ini harganya berkisar antara Rp.50.000 sampai ratusan ribu rupiah, ada juga yang 1 set berisi 3 jenis tang dengan kisaran harga dibawah Rp.50.000. Tang untuk merangkai mutsin / manik ini juga dijual secara eceran biasanya sekitar Rp.15.000 per buah.

Tang yang saya miliki di atas kebetulan pegasnya terbuat dari lempengan besi yang saling bertemu di bab tengah di bawah poros tang. Fungsi pegas ini ialah untuk meringankan penggunaan tang dalam membuka tutup lisan tang. Namun kualitas tang yang lebih baik dan kekal digunakan ialah tang dengan bab pegas di tengahnya berbentuk per kawat (spring).

Demikian klarifikasi secara terperinci dalam mengenal jenis dan fungsi tang untuk menciptakan aksesoris di dalam dunia crafting. Dan semoga semakin gampang untuk mengenalnya, di bawah ini merupakan infografik yang berupa rangkuman perbedaan jenis tang beserta fungsinya masing-masing.

Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris √ Mengenal Jenis Tang untuk Membuat Aksesoris

Kelima jenis tang di atas gotong royong tidak harus dimiliki semuanya. Tang yang wajib dimiliki untuk menciptakan aksesoris setidaknya minimal ialah dua jenis tang yaitu round nose plier dan flat nose plier. Kedua tang ini gotong royong sudah cukup mewakili fungsi tang yang ada menyerupai menjepit, menciptakan loop, membengkokkan dan memotong kawat. Namun memang disarankan untuk mempunyai tang yang lengkap dan lebih bermacam-macam jenis dan fungsinya, semoga semakin gampang dalam menciptakan aksesoris terutama untuk aksesoris yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Semoga gosip ini sanggup menambah pengetahuan teman-teman dalam dunia craft. Dan semoga juga bisa membantu pemula yang sedang kebingungan dalam memilih tang jenis apa saja yang dibutuhkan untuk merangkai kebutuhan aksesoris.

Happy crafting.. ^__^


Sumber http://jemariayumna.blogspot.com