Question 1 (5 points)
Kegiatan mengamati pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran akuntansi pada materi penyusunan persamaan dasar akuntansi dilakukan dengan cara ...
Question 1 options:
siswa diminta memperhatikan format persamaan dasar akuntansi dan transaksi perusahaan | |
siswa diminta untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan dalam mengerjakan persamaan dasar akuntansi | |
siswa mempresentasikan hasil pekerjaan persamaan dasar akuntansi di depan kelas | |
siswa diminta mengerjakan persamaan dasar akuntansi | |
siswa diminta mencari tumpuan mengenai cara penyusunan persamaan dasar akuntansi |
Langkah pertama bagi seorang guru akuntansi yang akan melaksanakan penelitian tindakan kelas ialah ...
Question 2 options:
menentukan judul peneliltian yang sesuai dengan tema penelitian | |
menemukan duduk masalah yang terkait dengan pembelajaran di kelas | |
menetapkan teknik pengumpulan data yang tepat | |
melakukan analisis terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan | |
menetapkan treatment/tindakan yang sempurna untuk mengatasi duduk masalah pembelajaran di kelas |
Seorang guru akuntansi akan mengajarkan materi siklus akuntansi perusahaan dagang mulai dari awal hingga penyusunan laporan keuangan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran akan memakai agenda aplikasi akuntansi. Program aplikasi di bawah ini yang sanggup dipakai oleh guru akuntansi untuk pembelajaran tersebut ialah ....
Question 3 options:
MYOB | |
Microsoft Power Point | |
Microsoft Word | |
SPSS | |
Microsoft Access |
Salah satu tahapan analisis data pada penelitian tindakan kelas ialah memilah atau menyeleksi data-data yang penting, relevan, dan bermanfaat untuk menjawab rumusan masalah. Tahapan analisis data sebagaimana dijelaskan di atas ialah tahapan ...
Question 4 options:
pengumpulan data | |
reduksi data | |
penyimpulan | |
penyajian data | |
pengorganisasian data |
Tujuan pembelajaran sanggup dicapai melalui penetapan materi yang tepat. Materi yang sempurna untuk mencapai tujuan pembelajaran konsep dasar akuntansi ialah ....
Question 5 options:
pengertian akuntansi, pengguna informasi akuntansi, bidang-bidang akuntansi, perkiraan dasar akuntansi, dan prinsip akuntansi | |
Jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan keuangan, jurnal penutup | |
pengertian akuntansi, pengguna informasi akuntansi, persamaan dasar akuntansi, jurnal umum, buku besar | |
pengertian akuntansi, pengertian dan bidang perjuangan perusahaan jasa, pengertian dan bidang perjuangan perusahaan dagang, pengertian dan bidang perjuangan perusahaan manufaktur | |
pengertian akuntansi, pengguna informasi akuntansi, profesi di bidang akuntansi, jurnal khusus, akuntansi perusahaan dagang |
Dari hasil evaluasi pembelajaran "pencatatan transaksi pada siklus akuntansi perusahaan jasa" diketahui gres 20% dari jumlah penerima didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Program remidi yang paling efisien dilakukan guru untuk penerima didik yang belum sanggup mencapai ketuntasan mencar ilmu ialah ...
Question 6 options:
memberi kiprah individual bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan | |
melakukan pembelajaran ulang secara klasikal dengan tatap muka | |
mengajak penerima didik yang belum mencapai ketuntasan untuk berkunjung ke perusahaan untuk memahami siklus akuntansi | |
memberi kesempatan penerima didik yang belum tuntas untuk mengobservasi cara kerja cuilan akuntansi perusahaan dalam pencatatan transaksi | |
menguji ulang penerima didik yang belum mencapai ketuntasan |
Indikator ketercapaian tujuan pembelajaran ialah "memahami perkiraan dasar akuntansi". Teknik evaluasi yang paling relevan untuk mengetahui indikator ketercapaian tersebut memakai teknik ...
Question 7 options:
portofolio | |
angket terbuka | |
pengamatan | |
tes tertulis | |
tes lisan |
Saat melaksanakan pembelajaran materi rekonsiliasi bank, guru akuntansi mengamati siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rasa ingin tahu siswa rendah, tidak ada yang bertanya, dan tidak ada yang memberikan pendapat. Pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga guru ingin menuntaskan duduk masalah pembelajaran ini melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Tindakan yang sanggup dilakukan oleh guru untuk mengatasi duduk masalah tersebut ialah ...
Question 8 options:
Guru menyusun instrumen evaluasi yang sanggup mengukur keaktifan siswa | |
Guru memperlihatkan tes mulut perihal materi terkait semoga siswa menguasai materi | |
Guru memakai metode pembelajaran diskusi kelompok yang memungkinkan setiap siswa sanggup berperan aktif dalam kelompoknya | |
Guru mewajibkan siswa mengajukan pertanyaan dengan memperlihatkan reward kepada yang bertanya | |
Guru memperlihatkan latihan soal kepada siswa semoga capaian pembelajaran sanggup diamati |
Seorang guru Akuntansi bermaksud untuk menentukan metode pembelajaran yang sempurna untuk mencapai kompetensi dasar mengaplikasikan siklus akuntansi perusahaan jasa. Materi pembelajaran yang akan diajarkan ialah pengertian perusahaan jasa dan karakteristik perusahaan jasa. Metode pembelajaran yang paling sempurna untuk pembelajaran tersebut ialah ....
Question 9 options:
Metode ceramah dan diskusi | |
Metode penugasan | |
Metode kunjungan lapangan | |
Metode demonstrasi | |
Metode bermain kiprah (role playing) |
Dari pengamatan guru akuntansi dalam pembelajarannya di kelas, diketahui sebagian besar siswa cenderung tidak fokus/konsentrasi di dalam kegiatan pembelajaran. Banyak siswa tidak tertarik untuk memperhatikan materi yang diberikan oleh guru. Guru tersebut ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan duduk masalah pembelajarannya. Rumusan duduk masalah berikut yang tidak sempurna untuk dikaji dalam penelitian ialah ...
Question 10 options:
faktor-faktor apakah yang mengakibatkan siswa tidak konsentrasi dalam belajar? | |
capaian pembelajaran apa yang harus dirumuskan untuk menarik perhatian siswa? | |
metode pembelajaran apakah yang sanggup dipakai untuk menarik perhatian siswa? | |
sumber pembelajaran apa yang sanggup dipakai untuk menarik perhatian siswa? | |
media pembelajaran apa yang sanggup dipakai untuk menarik perhatian siswa? |
Question 11 (5 points)
Rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes) berikut ini yang tidak sempurna untuk kompetensi dasar "memahami pengertian, tujuan, kiprah akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi" ialah kemampuan ...
Question 11 options:
mendeskripsikan kiprah akuntansi | |
memahami prinsip dasar akuntansi | |
mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi | |
mendeskripsikan tujuan akuntansi | |
menyebutkan definisi akuntansi |
Seorang guru akuntansi sedang melaksanakan kegiatan pengumpulan data dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Jika guru ingin mendapat data perihal keaktifan siswa dalam pembelajaran, teknik pengumpulan data yang paling sempurna ialah ...
Question 12 options:
portofolio penugasan | |
wawancara | |
dokumentasi | |
pengamatan | |
angket/kuisioner |
Seorang guru Akuntansi bermaksud untuk menentukan metode pembelajaran yang sempurna untuk mencapai kompetensi dasar mendeskripsikan konsep dasar akuntansi. Materi pembelajaran yang akan diajarkan ialah perkiraan dasar akuntansi. Metode pembelajaran yang paling sempurna untuk pembelajaran tersebut ialah ....
Question 13 options:
Metode demonstrasi | |
Metode penugasan | |
Metode bermain kiprah (role playing) | |
Metode kunjungan lapangan | |
Metode ceramah dan diskusi |
Seorang guru akuntansi akan melaksanakan evaluasi proses mencar ilmu dan hasil mencar ilmu pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru ekonomi tersebut dalam mekanisme evaluasi yang benar ialah ....
Question 14 options:
melaporkan hasil evaluasi tes siklus akuntansi perusahaan jasa | |
melakukan analisis kualitas instrumen tes siklus akuntansi perusahaaan jasa | |
membuat instrumen evaluasi berupa tes siklus akuntansi perusahaan jasa berikut pedoman penilaiannya | |
melakukan evaluasi berdasarkan soal siklus akuntansi perusahaan jasa yang telah disiapkan | |
menetapkan tujuan evaluasi mengacu pada RPP siklus akuntansi perusahaan jasa yang disusun |
Salah satu persyaratan bagi seorang guru ekonomi semoga memperoleh tunjangan profesi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 perihal Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 perihal Guru ialah memenuhi beban kerja. Beban kerja guru ekonomi dalam satu ahad yang tidak mempunyai kiprah pelengkap ialah ....
Question 15 options:
Paling sedikit memenuhi 24 jam tatap muka | |
Paling sedikit memenuhi 24 jam tatap muka dan paling banyak 38 jam tatap muka | |
Paling sedikit memenuhi 20 jam tatap muka dan paling banyak 38 jam tatap muka | |
Paling sedikit memenuhi 24 jam tatap muka dan paling banyak 40 jam tatap muka | |
Paling sedikit memenuhi 20 jam tatap muka |
Seorang guru akuntansi akan menjelaskan materi Jurnal Umum. Agar penerima didik lebih gampang memahami cara menyusun jurnal umum, guru memandang penting untuk memastikan semua penerima didik sanggup menyusun jurnal umum. Untuk itu guru ingin setiap penerima didik maju untuk mengerjakan satu transaksi dan dibahas bersama. Media pembelajaran yang sempurna untuk dipakai pada pembelajaran tersebut ialah ....
Question 16 options:
CD/File pembelajaran Microsoft Powerpoint berisi materi jurnal umum | |
video pembelajaran yang berisi cara menyusun jurnal umum | |
CD Pembelajaran jurnal umum dan papan tulis untuk mengerjakan jurnal umum bagi siswa | |
papan tulis untuk menjelaskan materi jurnal umum bagi guru | |
papan kertas yang berisi balasan jurnal umum |
Berikut ini rumusan capaian pembelajaran pada kompetensi dasar "menerapkan persamaan dasar akuntansi" yang sempurna ialah ...
Question 17 options:
menguasai tahap-tahap proses pencatatan transaksi | |
mampu menyusun persamaan dasar akuntansi | |
memahami prinsip dan konsep dasar akuntansi | |
menganalisis bukti transaksi untuk mengidentifikasi pengaruhnya terhadap akun | |
mampu mencatat transaksi keuangan ke dalam jurnal umum |
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sumber mencar ilmu akan memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Seorang guru akuntansi akan melaksanakan pembelajaran dengan materi bidang-bidang profesi akuntansi. Sumber mencar ilmu berbasis TIK yang sanggup dipakai oleh guru ialah ...
Question 18 options:
Buku tumpuan yang berisi materi profesi bidang akuntansi | |
Video perihal profesi bidang akuntansi yang diperoleh dari internet | |
Informasi profesi bidang akuntansi yang terbit di media cetak | |
Manajer akuntansi salah satu perusahaan | |
Website salah satu perusahaan yang menginformasikan struktur organisasi cuilan akuntansi |
Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengakibatkan guru mempunyai fasilitas dalam menentukan dan memutuskan media pembelajaran akuntansi yang tepat. Seorang guru akuntansi akan memberikan materi perihal tahapan siklus akuntansi. Media pembelajaran berbasis TIK yang sempurna dipakai oleh guru adalah:
Question 19 options:
Papan tulis untuk menyajikan tahapan siklus akuntansi | |
Video rekaman hasil wawancara dengan manajer akuntansi perihal tahapan siklus akuntansi | |
Paparan perihal tahapan siklus akuntansi yang disusun dengan agenda Microsoft word | |
Paparan perihal tahapan siklus akuntansi dengan agenda Microsoft power point | |
Video pembelajaran perihal kegiatan perusahaan |
Seorang guru akuntansi telah melaksanakan evaluasi pada kompetensi dasar menyusun neraca lajur. Hasil evaluasi menyatakan bahwa terdapat 5 penerima didik telah tuntas walaupun kegiatan pembelajaran masih menyisakan 3 jam pelajaran. Setelah diidentifikasi, ke lima penerima didik mempunyai kelebihan kemampuan mencar ilmu berupa keingintahuan yang tinggi. Strategi pengayaan yang sanggup dilakukan oleh guru akuntansi kepada dua penerima didik yang telah tuntas ialah ....
Question 20 options:
belajar kelompok terhadap sumber bacaan yang lebih mendalam | |
pemberilan latihan secara khusus | |
pemadatan kurikulum | |
pemberian bimbingan secara khusus | |
pembelajaran ulang dengan media dan metode yang berbeda |