Thursday, February 16, 2017

√ Soal Latihan Postest/Ukg Guru Sd Kelas Atas Modul A Bab 2

SOAL LATIHAN POSTEST MODUL A BAGIAN 2

1. Anak berusia 6-10 tahun mempunyai sifat-sifat anak, kecuali mempunyai sikap…
a. Kecenderungan memuji diri sendiri
b. Mematuhi peraturan
c. Suka membanding-bandingkan
d. Suka melawan
2. Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga, badan selalu sehat dan prima sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan menciptakan kita terhindardari penyakit sehingga kita bisa menjalani acara tanpa halangan apaun. Tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit memudahkan mewujudkan mimpi-mimpi kita (Sumber : http://www.kelasindonesia.com)
Ide poko paragrafdi atas adalah…
a. Tubuh yang sehat akan memudahkan kita mewujudkan mimpi-mimpi kita
b. Bila berolahraga, badan kita akan selalu sehat dan prima sepanjanghari
c. Olahraga sangat bermanfaat bagi badan kita
d. Tubuh yang sehat akan menciptakan kita terhindardari penyakit
3. Perhatikan petikan puisi di bawah ini
Sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba
Meriak muka air kolam jiwa
Dan dalam dadaku memerdu lagu
Menarik menari seluruh saya
(Sumber : https//kelasmayaku wordpress.com)
Imaji yang terdapat dalam petikan puisi di atas ialah ….
a. Pendengaran
b. Perabaan
c. Penglihatan
d. Penciuman
4. Cermatilah paragraf berikut !
(1) Banyak obyek wisata yang terdapat di Indonesia
(2) Tempat obyek wisata di Indonesia banyak yang menarik
(3) Para pelajar banyak yang mengunjungi obyek wisata dikala libur sekolah
(4) Mereka bergembira dikala berwisata bersama teman-teman dan gurunya
Kalimat yang berpola SPOK ialah kalimat nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
5. Dalam mempelajari aspek moral, Hurlock menyebutkan ada 4 hal utama, kecuali …..
a. Mengembangkan hati nurani atau bunyi hati
b. Belajar mengalami perasaan bersalah dan rasa aib
c. Berinteraksi dengan teman-teman sebayanya
d. Mempelajari apa yang diperlukan kelompok sosial dari anggotanya
6. Pak Yusuf ialah guru kelas 5 SD Nusantara. Beliau selalu berupaya memfasilitasi siswa-siswanya membuatkan prestasi terbaik sesuai dengan potensinya. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan Pak yusuf, kecuali ….
a. Merancangstrategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik akseptor didik di kelasnya
b. Memahami dan mempunyai catatan akseptor didik yang perkembangannya lambat, normal atau cepat
c. Menciptakan iklim yang aman bagi pertumbuhan pribadi akseptor didik biar setiap individu sanggup membuatkan potensinya
d. Membebaskan akseptor didik menguasai banyak sekali keterampilan dan kemampuan sesuai dengan kiprah dan tahap perkembangannya
7. Kalimat yang sempurna untuk mengisi paragraf rumpang berikut ialah ….
Tanaman hias sanggup diletakkan di dalam atau di luar ruangan, baik di rumah, di kantor atau di mana saja. Berbagai jenis tumbuhan hias dijual dengan harga bervariasi. Agar tumbuhan hias tampil indah, harus dirawat dengan baik. Sumber : htttp://nindaa17.blogspot.co.id/2013/10
a. Banyak jenis tumbuhan hias yang sanggup kita tanam
b. Cara menananm tumbuhan hias sangat gampang
c. Saya sangat bahagia menanam tumbuhan hias
d. Tanaman hias merupakan tumbuhan yang berfungsi untuk menambah keindahan
8. Bu Fitri, guru kelas 5 SD ingin mengenalkan kosakata “menawan”, “tersanjung”, “terpikat”. Faktor yang harus diperhatikan Bu Fitri dalam penambahan kosakata tersebut ialah ….
a. Biologi
b. Intelegensi
c. Motivasi
d. Permainan
9. Berikut ini merupakan ciri-ciri akseptor didik yang mengalami kesulitan belajar, kecuali ….
a. Dalam batas waktu tertentu tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan
b. Tidak sanggup mengerjakan atau mencapai prestasi yang semestinya (berdasarkan intelegensinya)
c. Tidak sanggup berangkat ke sekolah alasannya tidak ada transportasi untuk pergi ke sekolah dari rumahnya
d. Tidak mewujudkan tugas-tugas perkembangan , termasuk pembiasaan sosial sesuai dengan contoh organisme pada fase perkembangan tertentu
10. Berikut ialah faktor-faktor di uar diri siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar, kecuali ….
a. Penyesuaian
b. Materi
c. Kualifikasi guru
d. Pembelajaran
11. Pak Haryanto, guru kelas IV SD ingin mengenalkan kosakata “pengairan”, “berinteraksi”, “terpisahkan”. Faktor yang harus diperhatikan Pak Haryanto dalam penambahan kosakata tersebut ialah ….
a. Motivasi
b. Biologi
c. Intelegensi
d. Permainan
12. Sambil memegang mulutnya yang berdarah ia bangkit di verbal pintu rumahnya.
Kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut mempunyai relasi makna ….
a. homofon
b. homograf
c. polisemi
d. hiponim
13. perhatikan paragraf di bawah ini !
(1) mazdha siswa yang aktif
(2) aktivitasnya sangat padat dalam kegiatan akademik dan nonakademik
(3) ia selalu menyusun acara kegiatan yang akan dilaksanakan dan berani menanggung resiko
(4) ia juga bahagia membantu temannya di ruangpraktek di sekolahnya
kata baku terdapat pada kalimat nomor ….
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (1)
14. Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredarbahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang bau tanah dan cendekia balig cukup akal saja, tetapi remaja bahkan belum dewasa bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ii. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya alasannya penyakit ini menyerang korbannya secara tiba-tiba sehingga bila tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.
(Sumber: http//www.kelasindonesia.com)
Ide pokok paragraf di atas ialah ….
a. Penyakit jantung juga sanggup menyerang remaja bahkan belum dewasa
b. Penyakit jantung dikatakan sebagai pembunuh berbahaya
c. Penyakit jantung di Indonesia, ada ribuan lebih penderita yang berjuang untuk sembuh
d. Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia
15. Pernyataan di bawah ini yang merupakan prinsip perkembangan sikap dan pribadi akseptor didik terhadap pendidikan, kecuali ….
a. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor bawan, lingkungan, dan kematangan.
b. Perkembangan individeu menurut latar belakang, jenis geografis, dan kultur
c. Perkembangan berlangsung secara progresif, sistemik, dan berkesinambungan
d. Perkembangan akseptor didik dipengaruhi oleh faktor pengembangan materi asuh
16. Teks 1
Pergi sekolah pagi-pagi
Jangan lupa makan sarapan
Jika kau tak mau rugi
Raihlah ilmu pendidikan
(Sumber: htttp://rejoasri5.mywapblog.com)
Teks 2
Sebagai murid haruslah rajin
Belajar keras haruslah yakin
Ulang hafalan haruslah rutin
Jalan dilewat semakin licin
(Sumber: http://marchsada.blogspot.co.id/ )
Persamaan kedua jenis sastra di atas ialah ….
a. Terdapat sampiran dan isi
b. Pola persajakan dan jumlah kata
c. Berisi nasihat
d. Jumlah suku kata
17. Bacalah teks berikut
Devi mulai menulis ketika duduk di kelas 6 SD. Pelajar SDN 01 Paseban ini gemar menulis dongeng bertema persahabatan dan fantasi. Saat berlibur , “Inspirasi menulis bisa tiba dari mana saja, terutama dari film, buku, pengalaman pribadi dan imajinasi,” ujar gadis ini. Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraf di atas termasuk ke dalam ragam bahasa ….
a. Jurnalistik
b. Penelitian
c. Pendidikan
d. Resmi
18. Terdapat perbedaan akseptor didik dalam penguasaan tugas-tugas perkembsngan. Ada yang cepat,, lambat, dan normal. Untuk kepentingan bimbingan dalam pembelajaran, guru perlu mengetahui ….
a. Tingkatpenguasaan materi wacana perkembangan siswa dalam banyak sekali aspek perkembangan
b. Tingkatpenguasaan tugas-tugas perkembangan pengetahuan siswa dalam banyak sekali aspek perkembangan
c. Tingkat penguasaan abjad perkembangan siswa dalam banyak sekali aspek perkembangan
d. Tingkat penguasaan tugas-tugas perkembangan siswa dalam banyak sekali aspek perkembangan
19. Berdasarkan teori perkembangan moral Kohlberg, hal yang terjadi padatahap daypikir prakonvensionaadalah ….
a. Anak menghargai kebenaran, kepedulian dan kesetiaan kepada orang lain sebagai landasan pertimbangan moral
b. Anak tidak menunjukkan internalisasi nilai-nilai moral tetapi dikendalikan oleh hadiah dan eksekusi eksternal
c. Terjadi internalisasi moral pada individu dan tidak menurut pada standar moral orang lain
d. Anak patuh secara internal pada standar tertentu yang dasarnya ditetapkan oleh orang lain, menyerupai orang bau tanah atau oleh hukum sosial
20. Amanat yang terdapat dalam petikan gurindam di bawah ini ialah ….
Kurang pikir kurangsiasat
Kelak dirimu niscaya tersesat
Jika kena penyakit kikir
Sanak saudara akan menyingkir
Pikir dulu sebelum berkata
Supaya terelak silang sengketa
(Sumber:http://www.maribelajarbk.web.id/)
a. Nasihat supaya jangan hidup kikir
b. Nasihat supaya selalu berbuat baik
c. Nasihat supaya kita selalu berpikir
d. Nasihat supaya berpikir dulu sebelum bicara
21. Kalimat yang mempunyai contoh bersubjek nomina dan berpredikat adjektiva ialah ….
a. Panjang rumah itu dua puuh meter
b. Kami berpikir
c. Buku pelajaran ini menawarkan saya kepintaran
d. Suku bunga bank sangat tinggi
22. Kalimat yang mempunyai contoh bersubjek nomina dan berpredikat numeralia ialah ….
a. Pekerjaannya sangat berat
b. Panjang meja ini satu meter
c. Saya mengajar
d. Surat kabar ini menawarkan saya isu
23. Guru sanggup membuatkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial akseptor didik dengan cara ….
a. Memfasilitasi tumbuhnya kerjasama, contohnya cooperative learning dan pembelajaran berbasisi inkuiri
b. Melakukan pembedaan dan memperlakukan orang lain dengan berbeda
c. Mengajarkan jenis-jenis relasi sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi
d. Mengatasi dilema dengan sahabat yang bandel dan mendorong kompetisi
24. Kalimat yang sempurna untuk mengisi paragraf rumpang berikut ialah ….
Walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat kita sangat kurang. Kebiasaan-kebiasaan serba asal masih terlalu menempel dalam kehidupan.
(Sumber: http://www.smansax1-edu.com/)
a. Lingkungan yang higienis merupakan awal hidup sehat
b. Bayangkan bila kita sekolah di tempat yang super jorok kebersihan ruang dan sekitar
c. Selain untuk mendapat derajat kesehatan yang lebih baik, lingkungan sehat juga bisa melahirkan kreatifitas lebih
d. Bukan hanya tempat sekitar rumah tetapi mencakup lingkungan tempat bekerja
25. Cermatilah paragraf berikut!
(1) Kampung kami lebih banyak didominasi penduduknya bertani
(2) Mereka sangat rajin bekerja
(3) Petani menanam palawija di kebunnya
(4) Hasil palawija mereka sangat baik
Berdasarkan paragraf di atas, kalimat yang berpola SPOK ialah kalimat nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
26. Bu Lina mendapat kiprah dari Kepala Sekolah untuk ikut memajukan sekolah sehingga 1-2 tahun ke depan sekolah berprestasi akademik tingkat Kabupaten. Maka langkah yang dilakukan oleh Bu Lina ialah ….
a. Identifikasi faktor penyebab-identifikasi kasus-identifikasi masalah-alternatif penyelesaian-pemilihan tindakan
b. identifikasi masalah- identifikasi kasus- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
c. identifikasi kasus- identifikasi masalah- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
d. identifikasi kasus- identifikasi masalah- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
27. Bu Elin guru SD Damai Sejahtera mengajar kelas III. Siswanya berjumlah 17 orang, beberapa siswanya terlihat sangat pendiam, pandai menggambar, sementara ada juga siswa yang sangat aktif. Sebagai guru di Semester satu, Ibu Julien ingin mengakomodir keragaman potensi akseptor didik yang ada di kelasnya, biar sanggup menawarkan pelayanan yang optimal.
Apakah yang harus dilakukan Ibu Julien biar keragaman potensi akseptor didik yang ada di kelas sanggup diakomodir dengan baik ….
a. Menciptakan iklim berguru yang aman untuk pertumbuhan dan pengembangan diri akseptor didik
b. Mengidentifikasi kemampuan intelektual atau kecerdasan umum, kecerdasan majemuk, dan talenta akseptor didik
c. Merancang seni administrasi pembelajaran yang sesuai dengan perbedaan kecerdasan intelektual akseptor didik
d. Menganalisis prestasi belajar, tugas, dan karya akseptor didik untuk menidentifikasi aspek kecakapan dan kepribadian akseptor didik
Sumber http://bpiabad21.blogspot.com