SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL I
1. Kompetensi membaca, menulis, menghitung, menggambar, mengarang merupakan ….
a. Kompetensi domain keterampilan subyek
b. Kompetensi domain keterampilan obyek
c. Kompetensi domain keterampilan konkrit
d. Kompetensi domain keterampilan abstrak
2. Untuk pelajaran materi Ips Organisasi dan Sistem Sosial yang sesuai dengan perkembangan penerima didik jenjang SD, guru sanggup menentukan materi pembelajaran perihal ….
a. Organisasi kemasyarakatan yang ada di tingkat desa dan kecamatan
b. Organisasi politik
c. Lembaga-lembaga negara
d. Sistem pemerintahan di tingkat pusat
3. Pada Mata Pelajaran Matematika terdapat Kompetensi Dasar “ Memecahkan problem sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut”. Pengalaman mencar ilmu yang sesuai dengan materi di atas yaitu ….
a. Menghapalkan rumus bangun ruang berupa kerucut, si;inder dan piramida
b. Melakukan percobaan Matematika
c. Menyaksikan demonstrasi oleh guru
d. Mendiskudikan permasalahan matematika bersama kelompok
4. Berikut ini merupakan karakteristik mata pelajaran PPKn di sekolah dasar, kecuali ….
a. Mempersiapkan penerima didik menjadi warga negara yang mempunyai kesepakatan besar lengan berkuasa dan konsisten untuk mempertahankan NKRI
b. Kehidupan yang demokratis di dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat
c. Penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, dan tanggung jawab sosial
d. Di masa yang akan tiba penerima didik menghadapi tantangan berat lantaran kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan
5. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan penerima didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah…
a. Berperan serta dalam permainan logika
b. Mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
c. Dapat ekerja dalam durasi waktu yang lama
d. Menyukai teman sebaya lawan jenis
6. Berikut merupakan software untuk mebuat video pembelajaran ….
a. Audio maker
b. Movie maker
c. Power DVD
d. Windows media player
7. Peserta didik mempunyai kompetensi berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan adab yang berlaku, baik secara ekspresi maupun tulis merupakan tujuan mata pelajaran ….
a. IPS
b. Bahasa Indonesia
c. IPA
d. Pendidikan Kewarganegaraan
8. Dalam pembelajaran, Ibu Arini meminta siswa mengumpulkan data berat tubuh seluruh siswa dan menyajikannnya dalam bentuk tabel atau grafik yang sesuai.
Kompetensi Dasar yang diajarkan yaitu ….
a. Melakukan percobaan mengumpulkan data
b. Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
c. Menarik kesimpulan menurut data hasil pengamatan yang diolah memakai statistik sederhana, tabel, dan grafik
d. Mengumpulkan data memakai kuosioner sederhana, mengolah, dan memparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
9. Pada Ms. Word, saat akan menuliskan suatu bilangan dalam bentuk akar, maka template yang dipilih pada Structures yaitu ….
a. Script
b. Function
c. Radical
d. Fraction
10.Dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya saat mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan sehari-hari, maka guru telah berupaya biar pembelajaran memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a. Pekerjaan
b. Kesehatan
c. Status
d. Penampilan
11.Materi didik yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.3 “Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan kawasan bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam” yaitu ….
a. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
b. Menentukan besar sudut dengan satuan baku
c. Menentukan besar sudut antara dua jarum jam
d. Menyebutkan jenis-jenis sudut
12.Berikut ini yaitu KD pada KI 4 di Kelas Tinggi Sd.
“Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan pemeriksaan perihal ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta adonan dan larutan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku”.
Materi didik yang sesuai dengan KD di atas yaitu ….
a. Jenis-jenis adonan dan larutan
b. Bagian-bagian teks laporan investigasi
c. Perbedaan adonan dan larutan
d. Ciri khusus makhluk hidup
13.Untuk mencapai pengalaman mencar ilmu berdimensi sikap, yaitu “Pribadi yang percaya diri dan bertanggung jawab” dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” materi sempurna yang dipilih yaitu ….
a. Kebersamaan dalam masyarakat
b. Gotong-royong
c. Musyawarah-mufakat
d. Cinta tanah air
14.Variasi dalam kombinasi gerak dasar atletik terdiri dari :
1. Jalan
2. Lari
3. Lompat
4. Lempar
5. Jongkok
Yang tidak termasuk kombinasi gerak dasar yaitu ….
a. 2
b. 2
c. 1
d. 5
15.
Tombol no 2 pada kotak obrolan Record Sound di atas dipakai untuk ….
a. Menyimpan hasil rekaman
b. Menghentikan rekaman
c. Membatalkan rekaman
d. Memulai rekaman
16.Bu Rita akanmembuat media untuk membelajarkan penerima didiknya mengenai gradien, sehingga tampilan visualnya juga akan berubah sesuai dengan nilai gradien yang diberikan. Software yang paling sesuai dipakai Bu Rita untuk menciptakan media tersebut yaitu ….
a. Ms Acces
b. Ms Word
c. Ms PowerPoint
d. Geogebra
17.Bu Rani mengajarsiswa kelas VI dengan memakai alat peraga berupa penyajian data dalam diagram batang dan garis. Siswa kemudian diminta menginterpretasikan data pada grafik memakai tabel.
Kompetensi Dasar yang ingin dicapai Bu Rani adalah….
a. Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
b. Jawaban A,B dan C benar
c. Menarik kesimpulan menurut data hasil pengamatan yang diolah memakai statistik sederhana, tabel, dan grafik
d. Mengumpulkan data memakai kuosioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
18.Berikut ini merupakan komponen perangkat keras/hardware dari komputer, kecuali ….
a. RAM
b. Hard Disk
c. Prosesor
d. DOS
19.Ketika menyiapkan materi didik di Ms Word, untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan. Langkah paling awal yang harus dilakukan yaitu ….
a. Klik gambar
b. Klik ikon Picture
c. Klik ikon Crop
d. Klik tab Format
20.Mata pelajaran IPA di SD/MI bertujuan biar penerima didik mempunyai kemampuan ….
a. Menampilkan kiprah serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global
b. Mengembangkan keterampilan proses untuk memeriksa alam sekitar, memecahkan masalah, dan menciptakan keputusan
c. Memiliki kemampuan berkomunikasi, berhubungan dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global
d. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
21.Pada anak usiaSekolah Dasar sering disebut “usia berkelompok”. Pernyataan tersebut mengatakan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
a. Sosial
b. Moral
c. Intelektual
d. Emosional
22.Untuk mengajarkan materi IPS (Organisasi dan Sistem Sosial) yang sesuai dengan perkembangan penerima didik jenjang SD, guru sanggup menentukan materi pembelajaran perihal ….
a. Sistem pemerintahan di tingkat pusat
b. Lembaga-lembaga negara
c. Organisasi kemasyarakatan yang ada di tingkat desa dan kecamatan
d. Organisasi politik
23.Jika pengalaman mencar ilmu yang ditentukan yaitu “ Siswa bisa berpikir logis dan sistematis, serta berinteraksi secara santun dengan orang lain secara eksklusif dan tidak eksklusif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi”. Maka integrasi 3 mata pelajaran yang sempurna untuk mewujudkan pengalaman tersebut yaitu ….
a. Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan dan Matematika
b. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam
c. Mata Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial
d. Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika
24.Memahami wacana ekspresi berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi aneka macam kejadian dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan kisah rakyat merupakan komponen kemampuan ….
a. Membaca
b. Mendengarkan
c. Menulis
d. Berbicara
25.Gambar berikut merupakan tampilan dari PowerPoint .
Gambar yang ditunjukkan oleh nomor 1 yaitu ….
a. Slide Pane
b. Area Kerja
c. Ribbon
d. Toolbar
26.Pembelajaran kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan lantaran karakteristik pembelajaran tersebut yaitu ….
a. Merngsang siswa lebih aktif belajar
b. Membangkitkan minat siswa
c. Membiasakan siswa mencar ilmu sesuai dengan lingkungan
d. Memberi kesempatan siswa berkreasi
27.Bu Ruri akanmengajar di kelas V dengan subtema “Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan”. Di tempatnya bertugas terkadang terjadi pemadaman listrik. Untuk mengatasi hal tersebut, Bu Ruri sanggup memakai media ….
a. Gambar, buku, majalah, foto, surat kabar, dan lingkungan
b. Gambar, buku, peta, film, dan globe
c. Gambar, buku, internet, dan surat kabar
d. Gambar, buku, video, diorama, dan surat kabar
28.Materi pembelajaran IPA SD dikembangkan berbasis pada SKL< karakteristik, dan ruang lingkup mata pelajaran. Tabel berikut menggambarkan kekerabatan kelompok mata pelajaran IPA dengan jenis materinya.
A. Makhluk hidup dan proses kehidupannya | Manusia, hewan, dan flora dan iteraksinya dengan lingkungan serta kesehatan |
B. Benda, kegunaan, dan sifat-sifatnya | Benda bumi, benda angkasa, benda air |
C. Energi dan sifat-sifatnya | Bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana |
D. Bumi dan alam semesta | Tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya |
Hubungan antara kelompok materi dan jenis materinya yang sempurna yaitu ….
a. A, B, dan D
b. A, B, dan C
c. A, C, dan D
d. …
29.Manakah materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar Matematika kelas VI, “Mengenal unsur-unsur lingkaran?”
a. Luas dan volume lingkaran
b. Menyajikan data mengguanakan diagram lingkaran
c. Menentukan letak sentra ligkaran
d. Menntukan jari-jari bulat dari diameter yang telah diketahui