Pemasaran yakni acara insan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan impian melalui proses pertukaran. Konsep inti pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan kekerabatan pasara, pemasaran dan pasar. Kebutuhan, keinginan, dan seruan merupakan konsep yang berbeda. Kebutuhan yakni sesuatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu, sedangkan impian yakni kehendak yang berpengaruh akan pemuasaan yang spesifik terhadap kebutuhan yang lebih mendalam. Sementara seruan merupakan impian akan produk yang spesifik yang didukung oleh kemampuan dan ketersediaan untuk membelinya.
Konsep pemasaran mengajarkan bahwa kunci untuk mencapi tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan impian pasara target sera menyampaikan kepuasan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisiwn dibandingkan para pesaing (kompetitor). Pemasaran memiliki enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan acara pemasaran suatu organisasi, yaitu: konsep produksi, konsep produk, konsep saran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1. Konsep produksi
Konsep produksi beropini bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di mana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Tugas administrasi dalam konteks ini yaitu memproduksi barang sebanyak mungkin, alasannya yakni konsumen dianggap akan mendapatkan produk yang tersedia secara luas sesuai dengan daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk menyampaikan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menyampaikan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas administrasi dalam konteks ini yakni menciptakan produk yang berkualitas, alasannya yakni konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik.
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan beropini bahwa konsumen tidak bisa dibiarkan begitu saja, organisasi harus melakukan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konep pemasaran menyampaikan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisais terdiri dari penentuan kebutuhan dan impian pasar target serta menyampaikan kepuasan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial beropini bahwa kiprah organisasi yakni memilih kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar target serta menyampaikan kepuasan yang dibutuhkan dengan cara yang lebih efektif dan efisisen daripada pesaing dengan tetap melestarikan atau mningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep pemasaran global
Pada Konsep pemasarn global ini, manajer direktur berupaya memahami semua faktor lingkungan yang memepengaruhi pemasaran melalui administrasi strategis yang mantap. Tujuan kesudahannya yakni beruaya untuk memenuhi impian semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
Demikian ulasan artikel kami tentang Pengertian Pemasaran Lengkap dengan Konsep Pemasarannya yang kami lansir dari buku panduan praktikum administrasi pemasaran dan rantai pasok yang di susun oleh tim tangan kanan dan tim dosen jurusan agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.