Friday, January 13, 2017

√ Translate Bahasa Jawa Krama Alus (Inggil) Ke Ngoko, Madya, Atau Indonesia Dan Sebaliknya

Translate bahasa Jawa Krama Alus atau Inggil ke tingkatan yang lebih rendah menyerupai Ngoko, Madya, atau ke dalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya, sanggup Anda lakukan dengan gampang secara online tanpa harus Anda mendatangi orang Jawa pribadi untuk meminta bantuan. Dan melalui artikel kali ini, saya akan membahas tutorialnya untuk Anda ikuti.

 atau Inggil ke tingkatan yang lebih rendah menyerupai Ngoko √ Translate Bahasa Jawa Krama Alus (Inggil) ke Ngoko, Madya, atau Indonesia dan Sebaliknya

Seperti yang diketahui, bahasa Jawa mempunyai beberapa tingkat tutur berbeda yang digunakan untuk diucapkan pada orang yang berbeda pula. Tingkat tutur tersebut yakni Ngoko, Krama Madya, dan Krama Inggil. Dan kabar baiknya, ada salah satu alat translate bahasa Jawa Krama Alus online yang mempunyai fitur penerjemah antar ketiga tingkat tutur bahasa Jawa tersebut.

Ngoko merupakan tingkatan paling rendah dalam bahasa Jawa yang biasa digunakan sehari-hari oleh mereka yang sudah bersahabat maupun oleh mereka yang mempunyai status sosial yang lebih tinggi daripada lawan bicara. Krama Madya merupakan bahasa adonan antara Ngoko dan Inggil yang digunakan pada orang yang setingkat untuk menawarkan perilaku yang lebih sopan. Sedangkan Krama Inggil atau Alus merupakan tingkatan bahasa Jawa yang paling tinggi yang diucapkan untuk menghormati orang yang lebih bau tanah atau lebih berilmu.

Dan berikut ini yakni beberapa alat translate bahasa Jawa Krama Alus ke Ngoko maupun sebaliknya yang sanggup saya rekomendasikan untuk Anda gunakan.

Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Beberapa alat translate bahasa Jawa Ngoko ke Krama Inggil Alus yang ada dikala ini sanggup ditemui dalam bentuk situs website serta dalam bentuk aplikasi mobile untuk pengguna smartphone Android. Untuk itu, silakan pilih salah satunya yang berdasarkan Anda paling nyaman untuk digunakan.

Situs Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Berbeda dengan situs translate bahasa Jawa ke huruf Jawa, translate huruf Bali, dan translate huruf Sunda yang sanggup mengonversi goresan pena latin menjadi goresan pena aksara, situs translate bahasa Jawa Krama Alus di bawah ini fungsinya kurang lebih menyerupai mirip Google Translate alasannya yakni sanggup mengubah suatu bahasa ke dalam bahasa yang lain.

Meskipun Google Translate telah menyediakan terjemahan bahasa Jawa, namun ia tidak menyertakan pilihan tingkatan bahasa Jawa yang akan diterjemahkan di dalamnya. Ditambah, bahasa Jawa hasil translate dari bahasa lain hasilnya masih tercampur dengan bahasa Inggris. Untuk itu, Google Translate Jawa Krama Alus dikala ini belum mendukung sehingga tidak akan saya masukkan ke dalam daftar rekomendasi situs pada artikel ini.

Lalu, apa saja situs website yang sanggup melaksanakan translate bahasa Jawa Krama Alus ke dalam tingkatan bahasa yang lain maupun sebaliknya? Simak pembahasannya di bawah ini.

#1 Mongosilakan Translator Jawa

Situs untuk translate bahasa Jawa halus Kromo Inggil pertama pada artikel ini yakni Mongosilakan Translator Jawa yang dirancang oleh Irfan Soetedja pada tahun 2012 yang masih dalam versi beta ketika itu. Hingga pada tahun 2017, Mongosilakan hasilnya dirilis bersamaan dengan update Translator Jawa V2.0 yang ada di dalamnya.

Seperti yang saya katakan di awal, Mongosilakan yakni alat translate bahasa Jawa yang saya maksud mempunyai fitur penerjemah antar ketiga tingkatan tutur bahasa Jawa baik Ngoko, Krama Madya, maupun Krama Inggil alus. Bahkan, translate bahasa Krama ke Indonesia dan sebaliknya sanggup Anda lakukan pada situs ini. Dan sekedar informasi, situs Mongosilakan ini telah saya pakai untuk menciptakan dan mendesain ulang contoh iklan bahasa Jawa pada artikel sebelumnya.

Untuk mulai menggunakannya, silakan buka browser Anda kemudian kunjungi situs Mongosilakan melalui URL https://mongosilakan.net/. Setelah halaman terbuka, maka akan pribadi tampil alat Translator Jawa Mongosilakan V2.0 di dalamnya.

Sayangnya, untuk sanggup menikmati fitur translate bahasa Jawa Krama Alus dan artinya di V2.0 ini, Anda harus Masuk terlebih dahulu memakai akun Google yang Anda miliki. Jika tidak, maka layanan penerjemah yang akan Anda dapatkan hanya terbatas pada translate Indonesia ke bahasa Jawa Ngoko dan sebaliknya saja.

Jika Anda tidak mau melaksanakan Login, Anda sanggup coba memakai versi beta Mongosilakan dengan menentukan hidangan Versi Sebelumnya atau melalui URL http://mongosilakan.net/translatorjawabeta/. Di sana Anda sanggup bebas untuk menikmati fitur yang ada di dalamnya tanpa syarat apapun.

#2 Translator Bahasa Jawa Krama

Alat translate bahasa Jawa Krama Alus berikutnya yakni Translator Bahasa Jawa Krama yang berada di situs blog buatan Udin Tegal. Berbeda dengan Mongosilakan, di situs ini Anda hanya sanggup menerjemahkan kata atau kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa Krama saja dan tidak sanggup sebaliknya.

Meskipun begitu, situs ini telah mempunyai database kamus sebanyak kurang lebih 5.000 kata terjemahan, jumlah yang sudah cukup lengkap dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Google Translate.

Untuk menggunakannya, cukup Anda kunjungi blog Udin Tegal melalui aciknadzirah.blogspot.com/search?q=translate-jawa-krama-alus, kemudian ketikan kata atau kalimat dalam bahasa Indonesia apa yang akan Anda translate ke dalam bahasa Jawa Krama dan klik tombol translate yang ada di bawahnya.

Anda akan melihat satu atau beberapa kata hasil terjemahan yang dimasukkan ke dalam tanda kurung. Kata-kata tersebut yakni kata dari bahasa Jawa Krama Alus atau Inggil untuk melengkapi penerjemahan dari bahasa Indonesia yang Anda masukkan.

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Android

Untuk aplikasi translate Bahasa Jawa Krama Alus Android, Anda sanggup memasang aplikasi berjulukan Translator Jawa pada Google Play Store. Dengan nama yang sama, aplikasi tersebut juga yakni buatan Mongosilakan yang versi websitenya telah saya bahas sebelumnya di atas.

Berbeda dengan websitenya yang mengharuskan Anda untuk Login, melalui aplikasi ini Anda sanggup pribadi menikmati semua fitur penerjemahan yang ada di dalamnya. Terdapat juga hidangan Kamus yang berfungsi untuk mengetahui dalam tingkatan bahasa Jawa apa kata yang Anda masukkan di dalamnya.

Kesimpulan

Translate bahasa Jawa Krama Alus (Inggil) ke Ngoko, Madya, atau ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya dikala ini tersedia dalam dua bentuk, yakni situs website dan aplikasi Android. Untuk situs website, Anda sanggup mengunjungi Mongosilakan Translator Jawa dan Translator Bahasa Jawa Krama buatan Udin Tegal. Sedangkan untuk aplikasi Android, Anda sanggup memasang aplikasi dengan nama yang sama dari website buatan Mongosilakan.

Nah itulah tadi beberapa alat translate bahasa Jawa Krama Alus yang ada dikala ini. Jika Anda mempunyai rekomendasi alat lain untuk digunakan, Anda sanggup memberitahukannya melalui kolom komentar yang ada di bawa. Sekian dan terima kasih.

Sumber http://salam-tekno.blogspot.com