Friday, January 13, 2017

√ Tarik Akseptor Asuh Pindahan/Mutasi Dari Sekolah Lain

Perpindahan akseptor didik gres antar sekolah yakni hal yang lumrah terjadi. Alasan yang paling umum yakni ikut orang renta siswa yang pindah domisili. Untuk memasukan data siswa yang pindah atau mutasi, untuk tingkat SD dapat dilakukan lewat cara tarik akseptor didik dari dapodikdasmen atau dapat juga lewat manual di dapodik. Namun lebih baik dilakukan lewat akomodasi tarik pd alasannya secara otomatis seluruh data diri siswa akan masuk ke dapodik tanpa harus entri ulang. 

Tata cara penarikan akseptor didik yang pindah atau mutasi dari sekolah lain cukup mudah. Namun ada  hal yang sering terewati dalam pelaksanaan penarikan siswa tersebut. Salah satu diantaranya yakni lupa memilih rombel tujuan sehinggga siswa hanya dapat masuk ke kelas 1. Kesalahan tersebut pernah juga admin alami sehingga harus menarik ulang akseptor didik tersebut alasannya tidak dapat dimasukaan ke kelas yang dimaksud. 

Alur pelaksanaan tarik akseptor didik yakni sebagai berikut:

1. Buka alamat : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Masuk melalui login manajemn sekolah dengan user id, password dan instruksi registtrasi yang biasa dipakai untuk masuk ke dapodik.
2. Setelah berhasil login, pilih sajian akseptor didik kemudian pilih tambah akseptor didik.
3. Pilih pindah / mutasi. Isi provinsi kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah asal dengan benar. Klik tampilkan.
4. Jangan lupa pilih rombel tujuan alasannya jikalau tidak dipilih siswa tersebut hanya dapat dimasukan ke kelas 1.
5. Beri centang siswa yang akan ditarik dan klik simpan.
6. Tunggu satu hingga 24 jam selanjutnya sinkronkan dapodik semoga siswa maasuk ke dapodik. Siswa akan otomatis masuk ke dalam kelas yang dimaksud.

Sumber http://selalusiapbelajar.blogspot.com