Wednesday, January 4, 2017

√ Jurnal Penutup: Arti, Fungsi, Akun Yang Berkaitan

Dunia akuntasi niscaya tidak jauh dengan yang namanya jurnal penutup.  Bagi kau yang seorang akuntan, tidak hanya definisi dan arti dari  jurnal epilog ini saja lho yang wajib kau ketahui, tetapi juga cara pembuatannya. Bagi kau yang mau tahu lebih jauh wacana jurnal satu ini, Yuk, baca terus artikel ini. Karena disini akan dibahas secara sederhana, disertai juga dengan contoh-contoh sehingga sanggup menciptakan kau lebih gampang dalam memahaminya.


Apa itu Jurnal Penutup?


Jurnal epilog ialah jurnal yang dibentuk pada setiap simpulan periode dalam akuntansi. Pembuatannya dilakukan dari akun-akun biaya dan akun-akun beban sebuah perusahaaan. Akun biaya direkam dalam dalam laporan keuntungan rugi, sedangkan akun biaya akan direkam didalam neraca perusahaan. Setelah akun-akun ini ditutup maka saldonya akan menjadi nol (0).


Akun-akun yang ditutup ini ialah akun sementara yang dipakai oleh perusahaan dalam merekam fatwa uang, baran, dan aset dalam satu periode perusahaan beroperasi. Dari akun-akun inilah jurnal epilog dibentuk dan ditampilkan dalam neraca perusahaan. Hasil dari jurnal yang telah dibentuk harus setara dengan nol (0) semoga segala pendapatan dan biaya yang dikeluarkan di periode sebelumnya tidak akan masuk kedalam periode berikutnya. Baca juga jurnal umum dan jurnal khusus


Dunia akuntasi niscaya tidak jauh dengan yang namanya jurnal epilog √ Jurnal Penutup: Arti, Fungsi, Akun yang berkaitan


Fungsi dari Jurnal Penutup


Setelah mengetahui pengertian dari jurnal umum, kau juga wajib mengetahui beberapa fungsi dari jurnal epilog untuk kepentingan laporan dan manajemen keuangan, yaitu:



  • Membuat semua akun-akun perhitungan sementara menjadi nol (0), kenapa penting harus menjadi nol (0)? Hal ini menggambarkan dalam proses beroperasinya perusahaaan memeiliki pertukaran barang yang seimbang, menyerupai biaya yang dikeluarkan dengan barang yang dibelanjakan.

  • Menujukan total saldo atau beban setiap akun di simpulan periode. Jurnal epilog di simpulan peride akuntansi juga sanggup kau artikan sebagai berakhirnya penghitungan biaya biaya pada akun-akun yang ada.

  • Akun-akun sementara mempunyai kegunaan untuk memisahkan antara akun biaya dan akun beban. Laporan epilog memudahkan pengelompokan akun-akun tersebut kedalam neraca perusahaan

  • Sebagai data pembanding. Dari data yang diperoleh dari periode sebelumnya kau sanggup membandingkan bagaimana kinerja perusahaan kau di periode dikala ini.

  • Menyajikan info keuangan secara rill, nilai keungan perusahaan sesungguhnya.

  • Sebagai data neraca awal pada periode selanjutnya.


Langkah langkah dalam melaksanakan Jurnal Penutup


Ada beberapa langkah yang harus kau lakukan dalam menciptakan jurnal penutup. Apa saja langkah-langkahnya?



  1. Hal yang paling pertama kau harus lakukan ialah merekam semua akun pendapatan yang ada dalam perusahaan kamu

  2. Selanjutnya kau perlu melaksanakan hal yang sama terhadap seluruh pengeluaran dan hutang diperiode ini

  3. Setelah kau lakukan penutupan menurut perbandingan antara debit dan keredit dari masing-masing akun yang ada.

  4. Jika kau melakukannya dengan benar maka total kesuluruhan akan menjadi nol (0)


Dalam pembuatannya ada dua akun penting yang harus dibedakan, akun sementara dan akun rill. Penting rasanya semoga kau mengetahu akun-akun sementara dalam akuntansi. Tanpa mengetahui jenis dari akun yang ada dalam akuntansi, kau akan mengalami kesulitan untuk mengerti jurnal epilog terlebih lagi cara membuatnya. Karena setiap perusahaan mempunyai susunan jurnal epilog yang berbeda tergantung dari bisnis model perusahaan itu sendiri. Tenang saja, kita akan bahas secara singkat jenis akun apa saja sih yang ada dalam akuntansi itu.


Jenis akun dalam Akuntansi


Secara umum pembagian jenis akun dalam akuntansi terbagi menjadi lima bagian, yaitu:


Dunia akuntasi niscaya tidak jauh dengan yang namanya jurnal epilog √ Jurnal Penutup: Arti, Fungsi, Akun yang berkaitanAkun Harta/ Aktiva


Akun harta menyerupai katanya, merupakan nilai faktual yang dimiliki perusahaan dalam. Akun ini sanggup berupa uang, aset, mesin, hak paten,dll. Setiap adanya penambahan pada akun jenis ini maka data yang dimasukan berada disebelah kira dalam peroses pembukuaannya. Jenis dari Akun harta akan tebagi lagi menjadi harta berjalan dan harta tetap.


Harta Berjalan

Harta berjalan ialah jenis aset dalam perusahaan yang masuk dalam akun harta pada neraca perusahaan, pengkategorian harta berjalan dalam ekonomi didasari dari tingginya tingkat likuiditas suatu barang. Bagi kau yang belum tahu wacana likuiditas, likuiditas ialah seberapa cepat aset dirubah kedalam bentuk uang. Contoh jenis harta berjalan ialah uang kas dalam perusahaan.


Harta tetap berwujud

Contoh gampang harta tetap berwujud ialah bangunan dan mesin yang dimiliki perusahaan. Harga tetap berwujud mempunyai tingkat likuiditas lebih rendah dari pada berjalan. Selain itu mengapa penting untuk dibedakan dari jenis harta lainnya? Nilai harta tetap berwujud sanggup berubas disetiap periodenya. Mesin perusahaan akan mengalami penyusutan nilai, sedangkan tanah milik perusahaan nilainya sanggup meningkat.


Harta tetap tidak berwujud

Hak paten atas teknologi perusahaan sanggup tergolong kedalam harta tidak berwujud. Menentukan nilai dari harta tidak berwujud sangat lah sulit, banyak indikator yang perlu diperhatikan dalam penentuannya ditambah belum adanya proses standar dalam memilih nilai harta tidak berwujud. Oleh alasannya ialah itu harta tidak berwujud mempunyai tingkat likuiditas yang sangat rendah dibanding akun harta lainnya. Tinggi rendahnya harta tidak berwujud umumnya selain dipengaruhi kinerja dan kualitas produk suatu perusahaan, tetapi juga dipengaruhi persepsi konsumen dan masyarakat terhadap perusahaan itu sendiri.


Kewajiban/ Hutang


Jenis akun ini secara khusus merekam kewajiban perusahaan. Akun jenis ini berada di posisi sebelah kanan dalam neraca perusahaan.


Modal/ Ekuitas


Modal dan ekuitas perusahaan umumnya ialah nilai harta atau aset yang dimiliki oleh sang pemilik perusahaaan. Pada perusahaan yang melaksanakan jual-beli saham akun modal menjadi sangat penting, lantaran dengan akun modal kita akan mendapat info berapa besar imbas pemilik dalam keuagan perusahaan.


Akun Pendapatan


Akun pendapatan ialah jenis akun yang sangat bekerjasama dengan laporan keuntungan rugi perusahaan. Akun pendapatan merekam semua aktivitas dan transaksi yang terjadi pada sebuah perusahaan dalam upayanya mendapat keuntungan. Tipe akun pendapatan akan terbagi menjadi dua pendapatan dari operasi perjuangan dan pendapatan diluar operasi usaha. Pendapatan dari operasi perjuangan sesuai namanya didapatkan dari proses jual beli barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan pendapatan diluar usaha, menyerupai uang sewa yang didapatkan dari menyewakan gedung yang tidak terpakai.


Akun Beban


Tipe akun beban dalam sebuah perusahaan terbagi menjadi dua beban eksklusif yang perlu ditanggung oleh perusahaan dan beban tidak eksklusif terhadap perusahaan itu. Contoh beban eksklusif yang sering terjadi pada perusahaan ialah ketika perusahaan memesan materi mentah, umumnya tidak eksklusif melaksanakan pembayaran, maka dalam hal ini masuk kedalam beban langsung. Beban tidak eksklusif sanggup berupa hutang terhadap penambahan aset yang jatuh tempo.


Pentingnya mengetahui akun-akun sederhana akan sangat membantu kau dalam melaksanakan jurnal penutup.


Setelah jurnal epilog dibentuk artinya perusahaan telah selesai melaksanakan aktivitas dan transaksinya. Semua akun yang ada pada neraca perusahaan harus berjumlah nol (0). Tidak dibenarkan jikalau kau melaksanakan pengeditan atau penambahan nilai transaksi jurnal yang telah ada, dan sudah dimuat dalam neraca perusahaan. Hal ini akan menyebabkan angka yang sudah tertera mengalami perubahan. Karena dalam pembuatan jurnal epilog merupakan salah satu siklus penting dalam akuntansi yang mencerminkan kenerja perusahaan disatu periode, maka dalam proses pembuatannya juga harus dibentuk secara cermat dan jelas. Baca juga jurnal penyesuaian


Dunia akuntasi niscaya tidak jauh dengan yang namanya jurnal epilog √ Jurnal Penutup: Arti, Fungsi, Akun yang berkaitan


Tahukah kau ada cara gampang mengatur pengeluaran perusahaan dengan aplikasi JojoExpense, dengan memakai aplikasi ini kau akan meningkatkan produktifitas dan efiesensimu lebih dari 70%. Fitur JojoExpense juga dilengkapi dengan sistem yang sanggup mencegah resiko penipuan perusahaan kamu. Dielengkapi dengan sistem digital yang canggih, sehingga pengontrolan keuangan perusahaan sanggup kau lakukan dimana saja. Ayo cepat kau coba!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com