Monday, January 9, 2017

√ Cara Verval Data Mapel Pkp Di Sim Gpo Tahun 2019

Dibulan Juli tahun 2019, Program pengembangan kompetensi guru yang difasilitasi oleh dirjen guru melalui situs SIM GPO terdapat perubahan istilah dari PKB (pengembangan Kompetensi Berkelanjutan ) menjadi PKP (Pengembangan Kompetensi Pembelajaran).

Hal ini terlihat dikala kita pertama kali membuka aplikasi SIM GPO awal bulan Juli tahun 2019. Disana, dikala pertama kali situs terbuka ada halaman awal yang berisi verifikasi dan validasi mata pelajaran utama yang diampu di sekolah sesuai dengan kuurikulum 2013

Di bawah ini akan diuraikan cara verifikasi dan validasi data mapel PKP tahun 2019 dilengkapi dengan gambar. Bagi yang masih gundah cara verval pkp 2019 silahkan simak uraiannya.
  1. Buka laman atau situs SIM GPO di alamat : https://paspor.simpkb.id/casgpo/login . Login memakai user id dan passwor yang telah kita miliki sebelumnya. Jika lupa user id dan password, silahkan tanyakan kepada ketua komunitas ataau operator dinas.
  2. Di halaman awal akan pribadi ditampilkan jendela verifikasi dan validasi data mapel PKP 2019. Sebaiknya isian data mapel yang dimasukan sama dengan data mapel tahun 2018 alasannya ialah kalau data mapel berubah anda harus ikut pretes ulang. Bagimana kalau anda guru kelas dan berpindah mengajar dari bawah kelas awal ke kelas atas? apakah harus mengubah mapel?....Saran admin sih tetap saja data mapelnya jangan diubah alasannya ialah kalau diubah harus ikut pretes lagi.
  3. Untuk mengisi data mapel klik gambar pensil sehingga jendela pilih mata pelajaran tampil. langkah pertama klik panah kecil di sebelah kanan goresan pena `Pilih Mata Pelajaran`.. Selanjutnya tulis nama mapel di kolom sehingga akan muncul nama mapel di bawahnya. Klik di nama mapel yang sesuai. Jika isian telah sesuai, klik pilih.
  4. Jika mapel yang anda ampu tidak ada, di kolom tulis lain-lain dan kemudian tulis nama mapel secara manual di kotak di bawahnya. Jika isian telah sesuai, klik pilih.
  5. Selanjutnya klik simpan. Selesailah verval data mapel PKP untuk tahun 2019.
  6. Bagaimana kalau anda pindah jenjang , contohnya tahun 2018 mengajar di SD tahun 2019 pindah ke SMP. Langkah pertama hubungi ketua komunitas semoga nama anda dikeluarkan dari komunitas. Kemudian lakukan verval. Isi mapel diubahsuaikan dulu dengan mapel di kawasan kiprah terdahulu. Setelah tersimpan, gulir laman SIM GPO ke bawah ke sajian profilku. Klik sajian profilku. Edit data satminkal ( kawasan tugas) dan data mapel sesuai kondisi terbaru dengan mengklik gambar pinsil.
  7. Pertama ubah dulu data kawasan kiprah mengajar dengan mengklik gambar pinsil dii isian Satminkal.
  8. Tulis nama sekolah di kotak pencarian dan tekan enter. Setelah muncul nama sekolah , pilih sekolah yang sesuai.
  9. Setelah nama sekolah berubah, lakukan perubahan pada data isian mapel.
  10. Isi data mapel sesuai mapel yang diampu di seekolah baru.

  11. klik pilih dan klik simpan. Jika ada notifikasi untuk konfirmasi ke dinas pendidikan setempat, lakukan konfirmasi sesuai petunjuk



Sumber http://selalusiapbelajar.blogspot.com