Saturday, January 14, 2017

√ Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Banyak hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup kita. Sakit, kecelakaan, ataupun banyak sekali bencana yang terjadi tanpa sanggup diprediksi. Sebagai pekerja, insiden-inseiden ibarat ini mungkin akan membuatmu tidak masuk kerja. Namun, tidak masuk kerja tidaklah sesederhana kau tidak tiba ke kantor. Biasanya kantor mempunyai hukum dan mekanisme yang harus kau lalui, salah satunya ialah dengan menulis surat izin tidak masuk kerja.


Tapi kau sudah tahu belum, bagaimana cara penulisan surat izin tidak masuk kerja? Hal apa saja yang harus kau siapkan? Dan hal apa saja yang harus kau tulis dalam surat tersebut. Untuk itu, kau perlu baca artikel ini, alasannya ialah kita akan bahas seputar penulisan surat izin tidak masuk kerja.


Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Dalam suatu instansi, baik itu pemerintah maupun swasta niscaya mempunyai suatu kebijakan tertentu yang harus ditaati oleh semua karyawan. Hal tersebut, sejalan dengan apa yang tertulis di UU Ketenagakerjaan, Nomor 13 Tahun 2003, bahwa setiap perusahaan harus mempunyai aturan.


Salah satu hal yang ditulis dalam hukum perusahaan tersebut ialah terkait perizinan. Perizinan untuk tidak masuk kerja dan ketentuan dokumen yang harus diberikan ketika seorang pekerja tidak masuk kerja. Termasuk di dalamnya perihal surat izin tidak masuk kerja.


Surat izin tidak masuk kerja merupakan surat yang diajukan oleh seorang karyawan kepada pihak perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Tujuannya untuk memohon izin tidak bekerja untuk sementara waktu.

Permohonan izin ini tentu saja harus disertai dengan alasan yang terperinci dan dihentikan dibuat-buat.


Banyak hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup kita √ Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk KerjaHal yang Harus Diperhatikan dalam Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Layaknya ketika kau menulis surat untuk sahabat penamu, ada hal-hal yang perlu kau perhatikan ketika menulis. Kamu tidak perlu menulis dengan bahasa yang terlalu formal dan terkesan kaku, alasannya ialah nantinya sahabat penamu yang membaca akan tidak nyaman. Itu juga alasannya ialah suratmu ialah surat untuk membuatkan cerita, sehingga lebih baik ditulis dengan bahasa yang tidak formal. Pun halnya ketika kau ingin menulis surat izin tidak masuk kerja untuk kantor.


Ketika kau hendak menciptakan surat izin tidak masuk kerja, maka gunakan bahasa yang formal dan jelas. Bahasa yang baik dan benar perlu dipakai semoga pihak perusahaan atau kantormu bekerja memahami isi surat tersebut.


Kemudian, perhatikan juga cuilan alasan. Jangan hingga dalam surat izinmu tidak menyertakan alasan terkait ketidakhadiranmu. Tujuannya, semoga pihak perusahaan mengetahui benar alasan kau tidak hadir.


Pembuatan surat izin tidak masuk kerja yang baik akan menunjukkan peluang lebih besar bagimu untuk menerima izin terkait permohonanmu. Banyak faktor mengapa seorang karyawan izin kerja, yang paling klasik ialah alasannya ialah sakit dan atau urusan keluarga.


Seperti surat-surat lainnya, beberapa hal tetap harus dicantumkan ketika

menyusun surat izin tidak masuk kerja yang benar, ibarat pihak yang dituju, identitas, pengirim, isi surat, kemudian epilog dan ucapan terima kasih.


Hal-hal yang Menjadi Acuan dalam Menyusun Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Ada beberapa hal yang perlu kau perhatikan. Misalnya saja ibarat yang disampaikan sebelumnya, yang bersifat umum. Namun ternyata tidak hanya itu, kau perlu juga mengetahui hal lain yang menjadi acuanmu dalam menulis surat izin tidak masuk kerja, berikut diantaranya.


Identitas Diri


Ketika kau menulis surat izin masuk kerja, satu hal yang niscaya dan paling penting untuk kau tulis ialah identitas diri, khususnya nama. Jangan merasa dirimu paling terkenal, atau berpikir hanya kau yang izin di hari itu. Karena sanggup jadi dalam satu hari ada banyak pekerja yang izin, apalagi kalau perusahaanmu ialah perusahaan besar. Untuk itu, kau perlu menuliskan identitas dirimu.


Sebutkan identitas diri secara jelas, termasuk di dalamnya jabatan. Hal ini dimaksudkan semoga selama kita tidak masuk kerja, pekerjaan kita sanggup dilimpahkan kepada asisten, bawahan, atau rekan kerja kita.


Cantumkan Alasan


Setelah menuliskan nama, kau harus menuliskan dengan terperinci alasan ketidakhadiranmu. Alasan tersebut haruslah benar sesuai fakta yang ada, logis, dan dihentikan dibuat-buat.


Menyertakan Dokumen Tambahan


Jika penyebabmu tidak hadir di kawasan kerja alasannya ialah hal yang tidak berkaitan dengan urusan pekerjaan, maka kau perlu melampirkan atau menyertakan dokumen pemanis yang sanggup mendukung alasanmu. Misal saja ketika kau sakit, kemudian kau tidak sanggup masuk kerja, maka sebaiknya kau juga melampirkan surat dokter di surat izinmu itu.


Waktu Perizinan


Ketika kau mengajukan surat izin tidak masuk kerja untuk alasan tertentu, dan kau sudah mengetahui berapa hari kau akan izin, maka sebaiknya kau juga mencantumkan waktu perizinan tersebut. Misalkan kau akan izin untuk pulang kampung lebaran selama lima hari, maka tuliskan lima hari tersebut di surat. Namun, kalau begini, ada konsekuensi yang harus kau dapat, yaitu kamu harus siap masuk kembali ketika waktu izin telah berakhir.


Banyak hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup kita √ Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk KerjaMembuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Selanjutnya, sehabis kita bahas beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menulis surat izin tidak masuk kerja. Sekarang kita akan bahas hal-hal yang ada dalam surat izin kerja secara keseluruhan. Kita akan bahas poin perpoin.


Surat izin tidak masuk kerja setidaknya terdiri dari tiga bagian, yang mencakup :


Bagian Atas Surat


Bagian atas surat mencakup kawasan dan tanggal penulisan surat serta kepada siapa surat izin tersebut ditujukan. Peletakan kawasan dan tanggal surat izin ini opsional jadi sanggup kau letakkan di cuilan atas atau di cuilan final surat izin tidak masuk kerja.


Tanggal Surat


Pertama di cuilan atas, yang perlu kita tulis ialah tanggal surat. Tujuannya, semoga terperinci kapan surat tersebut tiba dan kapan kau meminta izin tersebut.


Tujuan Surat


Selanjutnya kau perlu menuliskan tujuan surat. Maksudnya, kepada siapa surat itu dibentuk dan dikirimkan. Misal kepada bagian human resource development di kantormu. Jangan lupa sertakan pula jabatan peserta dan alamat kantor kawasan surat itu ditujukan.


Bagian Tengah Surat


Bagian tengah surat berisi identitas dirimu dan alasan kau tidak masuk kerja. Alasan sebaiknya ditulis dengan singkat tetapi jelas, jangan terlalu panjang lebar alasannya ialah akan menciptakan orang merasa bosan membacanya. Identitas diri perlu, semoga perizinan sesuai dengan pemohon.


Identitas Diri


Setelah kau sudah menulis tanggal dan tujuan, selanjutnya kau sanggup membuka surat tersebut dengan salam dan sedikit kalimat pembuka. Hal ini juga penting untuk diperhatikan, sebagai bentuk sapaan terhadap orang yang kau tuju.


Seperti halnya ketika kau akan meminta izin secara eksklusif kepada orangtua untuk main, tentu kau tidak eksklusif menyebutkan akan main kemana kan, ada salam dan pembuka terlebih dahulu. Namun jangan terlalu panjang dan bertele-tele ya.


Baru sehabis itu kau cantumkan data dirimu yang mencakup nama lengkap, divisi atau jabatan, alamatmu serta nomor induk kepegawaian kalau kau memilikinya. Hal ini akan memudahkan atasan maupun kepala cuilan personalia untuk menunjukkan izin kepadamu.


Alasan Ketidakhadiran


Dalam surat izinmu, kau harus mencantumkan alasan ketidakhadiranmu di surat. Misalnya alasannya ialah ada kepentingan keluarga yang mendesak, cuti nikah, ataupun ketika kau merasa tidak yummy tubuh atau sakit.


Jangan lupa lampirkan dokumen pendukung surat izin. Misal ketika kau tengah sakit, maka cantumkanlah surat keterangan sakit dari dokter atau rumah sakit untuk memperkuat undangan izinmu.


Waktu Perizinan


Kamu perlu juga mencantumkan waktu izinmu sehabis identias diri dan alasan ketidakhadiran tersebut. Tujuan dari adanya waktu perizinan ini ialah semoga pihak yang mendapatkan izinmu tahu berapa usang waktu yang kau butuhkan dan minta. Selain itu, pihak perusahaan juga sanggup mencari pengganti bagi pekerjaanmu selama kau tidak hadir di kawasan kerja.


Bagian Akhir Surat


Bagian final surat berisi salam epilog dan tanda tangan pemohon surat izin. Jika kau belum mencantumkan tanggal di cuilan atas surat, maka cantumkanlah tanggal di cuilan bawah surat

ini.


Ucapan Terima Kasih


Jika langkah-langkah diatas sudah kau jalani dan lalui, maka selanjutnya ialah epilog dan ucapan terima kasih. Hal ini ditulis semata alasannya ialah ucapan terima kasihmu kepada pihak yang telah memberi izin, dan tentunya untuk menjalin kekerabatan baik dengan pihak lain di kantor.


Contoh surat izin tidak masuk kerja


Kurang lebih itulah hal-hal yang sanggup kau perhatikan ketika akan menciptakan surat izin untuk tidak masuk kerja. Jangan hingga ada hal yang terlewat dan menciptakan izin kau tidak diterima, hanya saja kelalaian kecil.


Banyak hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup kita √ Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Terkait perizinan dan ketidakhadiran atau daftar kehadiran di kantor, kau sanggup gunakan JojoTimes sebagai aplikasi yang sanggup menciptakan sistem pendataan kehadiran menjadi lebih mudah. Di dalamnya kau juga sanggup mengajukan cuti dengan lebih cepat dan efisien. Selamat mencoba.


#worksmartplayhard #thefutureofwork



Sumber aciknadzirah.blogspot.com