Wednesday, January 11, 2017

√ Ayo Siaga Tragedi (Asincan)

Indonesia ialah negara yang termasuk rawan bencana. Bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti: banjir, longsor, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, angin topan, pengikisan dan lain-lain. Bencana yang terjadi sanggup murni faktor alam atau sanggup juga alasannya ialah ulah manusia. Yang termasuk tragedi alasannya ialah faktor alam diantaranya adalah: gunung meletus, gempa bumi, tsunami, angin topan. Sedangkan banjir, longsor, abrasi, kebakaran hutan sanggup ditimbulkan oleh ulah insan yang tak bertanggungjawab.
Bencana sanggup tiba dimana saja dan kapan saja. Jika tragedi terjadi, sanggup mengakibatkan kematian, luka-luka fisik dan psikis, rusaknya bangunan dan jalan, kekurangan pangan, timbulnya  wabah  penyakit dan terhentinya aktivitas ekonomi. Bencana juga sanggup mengakibatkan orang menjadi stres dan kehilangan semangat untuk hidup.

Sangat penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap bencana. Meskipun tragedi tidak sanggup diketahui datangnya, kita mungkin sanggup melihat gejala yang muncul saat akan terjadi bencana. Kita juga sanggup mencegah tragedi yang penyebnya ditimbulkan oleh manusia. Misalnya tidak membuang sampah ke sungai, tidak menebang hutan sembarangan, tidak menciptakan rumah di lokasi yang rawan tragedi dan lain-lain.
Jika gejala tragedi akan terjadi, kesiapsiagaan merupakan hal yang sangat penting. Minta petunjuk kepada orang tua, pemerintah setempat atau orang yang punya pengalaman dalam menghadapi bencana. Jangan menganggap remeh terhadap tragedi alasannya ialah kalau kita menganggapnya remeh, maka nyawa ialah taruhannya.
Ayo Siaga Bencana sebelum tragedi menimpa kita. Banyak cara sanggup dilakukan contohnya berlatih melaksanakan evakuasi diri dari bencana. Membaca buku ihwal tragedi sehingga kita punya pemahaman ihwal tragedi itu dan cara untuk menyelamatkan diri. Mencatat nomor-nomor penting menyerupai Tim SAR, Rumah Sakit atau Polisi untuk melapor bila tragedi terjadi.

Sumber http://selalusiapbelajar.blogspot.com