Wednesday, January 11, 2017

√ Aplikasi Rapor K13 Sd Semester 2 Kelas 1 S/D Kelas 6

Penerapan Kurikulum 2013 berimplikasi kepada berubahnya sebagaian besar manajemen guru di sekolah. Salah satunya yakni Laporan Pendidikan Siswa atau disingkat Rapor Siswa. Rapor Siswa yang biasa digunakan dalam Kurikulum KTSP tidak sanggup digunakan untuk Kurikulum 2013. Hal ini disebabkan evaluasi di kurikulum 2013 lebih komplek  . 

Berkaitan dengan hal tersebut, maka diharapkan Buku Laporan Pendidikan Baru untuk Kurikulum 2013. Namun hingga dikala ini pemerintah belum mengeluarkan Buku Laporan Pendidikan Tersebut. Akibatnya, di final tahun aliran guru harus mencari aplikasi alternatif guna memenuhi kebutuhan akan rapor siswa di sekolah.

Untuk Sekolah Menengah Pertama , Sekolah Menengan Atas dan SMK, Kemdikbud melalui Direktorat Pembinaan SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan telah mengeluarkan aplikasi e-Rapor , sehingga Rapor Siswa untuk SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan seragam. Berbeda dengan SD, lantaran belum adanya e-Rapor, maka aplikasi rapor yang digunakan sangat beragam.


Namun keberagaman itu tidak sanggup dihndari lantaran memang Kemdikbud belum merilis versi resmi e-Rapor untuk SD. Untuk hal ini (aplikasi rapor SD) kita harus berterima kasih kepada rekan-rekan guru yang dengan sukarela menciptakan aplikasi rapor dan dibagikan secara gratis kepada siapapun yang membutuhkannya. Mudah-mudahan amal mereka menerima akibat yang setimpal oleh Allah SWT. Amiin.

Salah satu aplikasi rapor yang akan admin bagikan yakni aplikasi rapor yang dibentuk oleh Bapak Umar Tholib, S..Pd. (Kang Martho). Beliau yakni seorang guru juga seorang blogger dengan alamat blog: https://www.kangmartho.com/ . Aplikasi rapor karya Kang Marto ini dibagikan oleh dia secara gratis di blognya.

Ada beberapa pembiasaan yang dilakukan admin pada aplikasi rapor ini. Misalnya saja untuk mapel mulok yang asalnya Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan TIK diganti dengan Bahasa Sunda, Bahasa Inggris dan Karawitan (disesuaikan dengan kondisi sekolah di Jawa Barat). Selain itu, tata letak print out rapor diedit lantaran admin merasa kolom-kolom mata pelajaran terlalu luas sehingga menyisakan daerah yang kosong  dan sangat tidak yummy dilihat.

Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, tapi berdasarkan admin aplikasi ini cukup layak untuk dijadikan aplikasi rapor di sekolah. Jikapun ada kekurangan, sanggup dilakukan pengeditan lantaran pembuat rapor juga menunjukkan password (jika anda mengerti excel dan rumus-rumus excel).

Bagi anda yang membutuhkan aplikasi rapor karya Kang Marto yang telah diedit/disesuaikan dengan kondisi sekolah SD di Jawa barat, silahkan klik link d0wnl0ad di bawah ini!


Cara Penggunaan Aplikasi

Ketika pertama kali membuka aplikasi di Microsoft excel, jikalau pengaturan makro setting tidak diaktifkan dalam pengaturan, maka tampilan aplikasi akan tampak ibarat di bawah ini:


  1. Klik kolom yang bertuliskan Enabel Editing. Tunggu beberapa detik sehingga halaman otomatis terefresh.
  2. Klik sekali lagi kolom tadi yang kini tulisannya menjelma Enabel Content
  3. Akan muncul jendela selamat tiba dan foto pembuat aplikasi. Klik tanda silang  (x) di sudut kanan atas untuk menghilangkan jendela tersebut
  4. Selanjutnya Klik kontinue jikalau muncul jendela obrolan ibarat gambar di bawah
  5. Maka aplikasi kini siap digunakan.
  6. Setelah menutup aplikasi dan kemudian kita membuka kembali di lain waktu, akan muncul jendela obrolan ibarat di bawah ini. Klik update  untuk melanjutkan

Sumber http://selalusiapbelajar.blogspot.com