Sunday, July 30, 2017

√ Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bab Dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Partikel Subatom Kimia. Yang mencakup pengertian partikel subatom kimia, bagian-bagian partikel subatom dan jenis-jenis partikel subatom dengan pembahasan lengkap dan gampang dimengerti. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap)


Mari kita bahas pengertian partikel subatom kimia terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Partikel Subatom


Partikel subatom atau zarah yaitu partikel yang berbentuk lebih kecil dibandingkan atom. Sekitar tahun 1940, jumlah partikel subatomik yang dikenal dengan ilmu yang sanggup dihitung dengan jari satu tangan, proton, neutron, elektron, neutrino, dan positron.


Tiga partikel pertama disebut sebagai blog bangunan yang mana atom bibuat; proton dan neutron dalam inti atom dan elektron di orbit sekitar inti mereka. Neutrino dan Positron yang lebih asing ditemukan di luar atmosfer bumi dan berasal tidak pasti/signifikan.


Pandangan materi berubah dengan dramatis selama dua dekade selanjutnya. Dengan inovasi akselerator partikel (atom-smashers) dan inovasi fisi nuklir dan fusi, jumlah partikel subatomik diumumkan meningkat.


Sejumlah ilmuwan kimia menemukan sejumlah partikel yang ada pada energi yang lebih tinggi dibanding yang seringkali diamati di kehidupan sehari-hari: partikel sigma, partikel delta, partikel lambda, epsilon partikel, dan partikel-partikel lainya berupa positif, negatif dan netral. Di selesai tahun kira-kira 1950, banyak partikel subatom yang telah ditemukan oleh beberapa fisikawan, dan disebut mereka sebagai daftar “kebun hewan partikel”.


Model Quark


Sekitar di tahun 1964, andal fisikawan Amerika Murray Gell-Mann (1929) dan Swiss fisikawan George Zweig (1937) secara independen memberi undangan jalan keluar dari kebun hewan partikel. Mereka memberi saran bahwa hampir dari 100 partikel subatomik yang telah ditemukan sejauh ini tidak benar-benar dasar (fundamental) partikel.


Sebaliknya, mereka memperlihatkan saran bahwa hanya relatifny sedikit partikel dasar yang ada, dan partikel subatomik lainn yang telah ditemukan yang terdiri dari banyak sekali kombinasi dari partikel-partikel yang benar-benar dasar.


Bagian Bagian Partikel Subatom


Bagian-bagian dari partikel subatom yaitu sebagai berikut:



  • Antipartikel

    Partikel subatomik yang serupa dengan proton, neutron, elektron dan partikel subatomik lain, namun mempunyai satu properti (seperti muatan listrik) di hadapan mereka.

  • Nomor Atom

    Jumlah proton didalam inti atom

  • Satuan Massa Atom (amu)

    Suatu uni pengukur massa untuk partikel kecil

  • Partikel Elementer

    Suatu partikel subatomik yang tidak sanggup dipecah menjadi setiap partikel sederhana

  • Gluon

    Suatu partikel elementer dianggap bertanggung jawab dalam membawa gaya berpengaruh (yang mengikat bahu-membahu neutron dan proton didalam inti atom)

  • Tingkat Energi

    Suatu daerah pada atom yang mana elektron sangat mungkin ditemukan

  • Graviton

    Suatu partikel elementer dianggap bertanggung jawab dalam membawa gaya gravitasi

  • Lepton

    Sebuah jenis partikel elementer

  • Isotop

    Bentuk elemen yang mana atom mempunyai jumlah proton yang sama namun jumlah neutron berbeda

  • Foton

    Suatu partikel dasar yang mengusung gaya elektromagnetik

  • Spin

    Suatu properti mendasar dari semua partikel subatomik yang sesuai dengan rotasi mereka pada sumbe mereka

  • Quark

    Suatu jenis partikel elementer


Partikel yang sangat dasar disebut dengan naman quark dan lepton. Masing-masing kelompok partikel, secara bergiliran, terdiri atas enam jenis partikel. Enam quark, contohnya diberi nama yang terdengar asing dari atas, bawah, peson, aeneh, atas (atau kebenaran), dan bawah (atau kecantikan).


Keenam quark sanggup dikombinasikan, berdasarkan Gell-Mann dan Zweig, untuk mendapat partikel ibarat proton (dua hingga quark dan satu ke bawah quark) dan neutron (satu up quark dan dua bawah quark).


Selain quark dan lepton, ilmuwan mempunyai hipotesis keberadaan partikel tertentu yang “membawa” banyak sekali jenis kekuatan. Salah satu partikel yang telah populer yaitu foton. Foton yaitu jenis asing partikel tanpa massa yang terlihat bertanggung jawab untuk melaksanakan transmisi energi elektromagnetik dari satu tempat ke tempat lain.


Di tahun 1980-an, tiga partikel kekuatan pembawa lainnya juga telah ditemukan: W +, W -, dan Z 0 boson. Partikel-partikel ini mengangkut pasukan tertentu yang sanggup diamati selama peluruhan radioaktif materi. (Unsur radioaktif secara impulsif memancarkan energi dalam bentuk partikel atau gelombang dengan disintegrasi inti atom mereka).


Para ilmuwan sudah menciptakan asumsi terdapat dua partikel kekuatan pembawa lainnya, salah satu yang membawa gaya kuat, gluon (yang mengikat bahu-membahu proton dan neutron dalam inti), dan satu yang membawa gaya gravitasi, graviton.


Jenis-Jenis Partikel Subatom Yang Penting


Terdapat lima partikel subatom yang paling penting antara lain yaitu proton, neutron, elektron, neutrino, dan positron. Masing-masing partike tersebut sanggup dijelaskan secara penuh oleh massa, muatan listrik, dan berputar. Karena massa partike subatomik sangat kecil, seringkali tidak diukur dalam ons atau gram tetapi dalam satuan atom massa (label: amu) atau elektron volt (label: eV).


Suatu unit massa atom kira-kira ibarat dengan massa proton/neutron. Suatu volt elektron bahwasanya yaitu satuan energi tetapi sanggup dipakai untuk mengukur suatu massa sebab relasi antara massa dan energi ( E = mc 2). Berikut ini yaitu klarifikasi wacana lima partikel paling penting subatom.


1. Proton


Proton ialah suatu partikel subatomik yang muatannya konkret dengan massa atom sekitar 1 Amu. Proton yaitu salah satu konstituen mendasar dari seluruh atom. Seiring dengan neutron, mereka ditemukan di daerah yang sangat terkonsentrasi ruang dalam atom yang disebut dengan inti.


Jumlah proton memilih identitas kimia atom. Properti ini sangat penting bahwa itu diberi nama khusus: nomor atom. Masing-masing elemen di tabel periodik mempunyai nomor unik proton dalam inti dan, kesannya beberapa atom yang unik.


2. Neutron


Suatu neutron mempunyai massa sekitar 1 Amu dan tidak mempunyai muatan listrik. Hal ini ditemukan dalam inti atom secara bersama dengan proton. Neutron yang seringkali partikel yang stabbil dalam hal tersebut sanggup teap atau tidak berubah dalam inti untuk jangka waktu tak terbatas. Pada kondisi tertentu, bagaimanapun neutron sanggup menjalani peluruhan spontan, acak-acakan menjadi proton dan elektron.


Apabila tidak ada dengan inti atom, waktu paruh untuk perubahan ini waktu yang diharapkan untuk setengah dari masing-masing sampel neutron untuk menjalani peluruhan yaitu sekitar 11 menit.


3. Elektron


Elektron yaitu partikel yang mengusung satu unit listrik negatif dengan massa kira-kira 1/1800 Amu, atau 0,0055 Amu. Seluruh atom mengandung satu atau lebih elektron yang letaknya di ruang luar inti atom.


Elektron diatur dalam area tertentu dari atom yang dikenal denagn tingkat energi. Masing-masing tingkat energi di atom sanggup berisi beberapa jumlah maksimum elektron, mulai dua hingga maksimum delapan.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Partikel Subatom Kimia √ Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap)


4. Neutrino


Neutrino yaitu partikel subatomik yang sulit dipahami yang terbuat dari beberapa proses fisik yang paling dasar dari alam semesta. Seperti peluruhan unsur-unsur radioaktif dan reaksi fusi yang daya Matahari mereka awalny menciptakan hipotesis pada sekitar tahun 1930 oleh ilmuwan fisika Swiss Wolfgang Pauli (1900-1958). Pauli sedang berupaya menemukan cara untuk menjelaskan wacana hilangnya terperinci energi yang terjadi selama reaksi nuklir tertentu.


5. Positron


Positron yaitu partikel subatomik yang identik dengan semua cara untuk elektron kecuali muatan listriknya. Positron membawa satu unit listrik konkret dibanding satu unit listrik negatif.


Positron dibentuk hipotesisnya di selesai tahun 1900-an oleh ilmuwan fisika Inggris yakni Paul Dirac (1902-1984) dan pertama kali diamati oleh ilmuwan fisika Amerika Carl Anderson (1905-1991) dalam sinar kosmik mandi.


Positron yaitu antipartikel pertama kali ditemukan partikel pertama yang mempunyai sifat yang serupa dengan proton, neutron, dan elektron, tetapi dengan satu properti kebalikan dari mereka persis.


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenisnya (Lengkap), supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id