Thursday, January 12, 2017

√ Yang Perlu Diketahui Oleh Millennial Perihal Investasi

Banyak yang bilang, bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi baby boomers, karena harga tanah kini telah meroket dan millennial harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk itu. Agar segera sanggup membiakkan uang, sebaiknya, berapa pun penghasilan yang kau miliki, sisihkan minimal 10% untuk investasi aman. Di samping itu, minimum 20% untuk cadangan 5-6 bulan biaya hidup dan maksimal 70% boleh dihabiskan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, akan lebih baik lagi kalau kau mulai berkecimpung di dunia investasi. Yuk, simak warta berikut ini ihwal investasi dan serba-serbinya!


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


Sebetulnya Apa Itu Investasi?


Secara umum, investasi sanggup dilakukan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Mari kita telaah satu persatu apa itu investasi. Investasi, secara luas, mempunyai arti melaksanakan sesuatu di waktu ketika ini, dengan cita-cita untuk mendapat manfaat yang lebih banyak di masa mendatang. Dalam keuangan, pengertian investasi ialah suatu acara menempatkan dana pada suatu periode tertentu, dengan cita-cita hal tersebut sanggup menghasilkan keuntungan dan/atau peningkatan nilai. Seseorang yang berinvestasi dikenal sebagai investor.


Bentuk-Bentuk Investasi


Aktivitas investasi sendiri sanggup dibagi menjadi dua bentuk. Berikut ini akan kami jelaskan bentuk-bentuk investasi tersebut, yaitu:


Investasi Pada Aktiva Riil


Investasi bentuk ini ialah investasi yang dilakukan seseorang dalam bentuk kasat mata atau sanggup dilihat bentu fisiknya, contohnya investasi emas, properti dan tanah.


Investasi Pada Aktiva Finansial


Bentuk investasi ini ialah investasi yang dilakukan seseorang dalam bentuk surat-surat berharga, contohnya saham dan deposito obligasi.


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


Jenis-Jenis Investasi


Selain ke dalam bentuk-bentuk tertentu, investasi juga sanggup dibagi menurut jenisnya. Ada beberapa jenis investasi yang umum dilakukan di dunia bisnis, antara lain:


Deposito


Deposito ialah produk simpanan di bank yang penyetorannya, maupun penarikannya, hanya sanggup dilakukan pada waktu tertentu saja. Apabila dana yang disimpan diambil sebelum waktunya, maka siap-siap untuk terkena denda penalti. Menariknya lagi, semakin besar dan semakin usang kau menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.


Kelebihan Deposito



  • Memiliki resiko kerugian yang rendah

  • Dapat dijadikan sebagai jaminan atau agunan untuk mengajukan dukungan ke bank

  • Waktu pencairan tergolong singkat


Kekurangan Deposito



  • Keuntungan lebih kecil dibandingkan produk investasi lainnya.


Saham


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


Saham ialah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Jika kau mempunyai saham, maka sudah sanggup disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikannya. Wujud saham sendiri berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat tersebut menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat tersebut ialah pemilik perusahaan, sesuai dengan porsi berapa persen atau berapa banyak penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut sehat, maka saham yang dibeli akan mempunyai nilai jual yang tinggi, lantaran sanggup menghasilkan keuntungan yang besar.


Kelebihan Saham



  • Tidak dibutuhkan modal yang besar untuk berinvestasi saham

  • Bisa diperjualbelikan dengan mudah

  • Memiliki potensi keuntungan yang tidak terbatas


Kekurangan Saham



  • Resiko yang sangat tinggi kehilangan uang lantaran saham sanggup naik dan turun setiap ketika dengan cepat.


Obligasi


Obligasi ialah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang sanggup diperjualbelikan. Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan imbas untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu. Selain itu, surat ini juga untuk melunasi pokok utang pada simpulan waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Obligasi merupakan salah satu investasi imbas berpendapatan tetap yang bertujuan untuk mengatakan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan resiko yang relatif lebih stabil juga, dibandingkan dengan saham. Berikut ialah karakteristik obligasi:


Nilai Obligasi


Pihak yang menerbitkan obligasi harus menjelaskan besar dana yang dibutuhkan, dikenal dengan istilah “jumlah emisi obligasi.” Adapun penentuan besar jumlah obligasi yang diterbitkan ditentukan oleh pedoman arus kas, besar kebutuhan, dan kinerja bisnis.


Jangka Waktu Obligasi


Jatuh tempo (maturity) obligasi mulai dari 1 tahun sampai 10 tahun. Namun biasanya masa jatuh tempo obligasi ialah 5 tahun. Pada umumnya, investor lebih menyukai obligasi jangka pendek lantaran dianggap resikonya kecil.


Principal dan Coupon Rate


Principal rate adalah besaran uang yang harus dibayarkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi pada masa jatuh tempo. Nilai principal rate ini berafiliasi dengan redemption value, maturity value, par value or face value. Sedangkan coupon rate adalah tingkat bunga yang harus dibayarkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi setiap tahunnya.


Jadwal Pembayaran


Kewajiban pembayaran coupon dilakukan oleh penerbit obligasi secara terpola sesuai kesepakatan. Misalnya, triwulan, per semester, atau per tahun.


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi

Jenis-Jenis Obligasi

Setelah mengetahui ihwal nilai, jangka waktu dan jadwal pembayaran obligasi, perlu kau ketahui bahwa obligasi sanggup dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut dibagi menurut banyak sekali macam faktor, antara lain:


Berdasarkan Penerbitnya

Pihak yang menerbitkan obligasi sanggup beragam. Mengetahui hal ini, obligasi dibagi menjadi 3 jenis, yakni:





    • Government Bond atau Treasury Bond yaitu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.

    • Corporate Bond, yakni obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan.

    • Municipal Bond, yang merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah tempat untuk membiayai proyek tertentu di daerah.




Berdasarkan Sistem Pembayaran Bunga

Selain dari penerbit, obligasi juga sanggup dibagi menurut sistem pembayaran bunganya. Untuk ini, obligasi sanggup dibagi menjadi 4 jenis, antara lain:





    • Zero Coupon Bonds, yaitu obligasi yang pembayaran bunganya dibayar sekaligus pada ketika jatuh tempo.

    • Coupon Bonds, yakni obligasi yang pembayaran kuponnya dilakukan secara periodik sesuai dengan ketentuan dari penerbit obligasi.

    • Fixed Coupon Bonds, yaitu obligasi yang tingkat kupon bunga nya telah ditetapkan sebelum masa penawaran di pasar perdana, dan pembayarannya dilakukan secara periodik.

    • Floating Coupon Bonds, yang ialah obligasi yang tingkat kupon bunga nya ditentukan sebelum jangka waktu tertentu, atau mengacu pada suatu ketentuan.




Berdasarkan Jenis dan Karakteristiknya

Terakhir, obligasi sanggup dibagi menurut jenis dan ciri-cirinya. Dalam aspek ini, obligasi terbagi menjadi 7 jenis, yaitu:





    • Callable Bond, yaitu obligasi yang hanya sanggup ditarik pada ketika jatuh tempo.

    • Convertible Bond, yakni obligasi yang sanggup diubah menjadi saham oleh pemegang obligasi.

    • Non-Convertible Bond, yaitu obligasi yang tidak sanggup diubah menjadi saham.

    • Euro Bond, yang ialah obligasi yang diterbitkan di luar negeri dalam mata uang asing.

    • Yankee Bond, yang merupakan obligasi yang diterbitukan dalam mata uang lokal dimana obligasi tersebut ditawarkan.

    • Zero Coupon Bond, yaitu obligasi yang tidak membayar bunga dan dijual dengan diskon.

    • Floating Rate Bond, yang ialah obligasi yang mengatakan coupon rate yang berubah-ubah.




Kelebihan Obligasi



  • Pemegang obligasi mendapat bunga (kupon obligasi) yang umumnya lebih tinggi dari bunga deposito bank.

  • Surat berharga berbentuk obligasi gampang untuk diperdagangkan di pasar sekunder, sesuai prosedur Bursa Efek Indonesia (BEI) ataupun di luar BEI.

  • Pemegang obligasi mendapat keuntungan dari capital gain, yaitu selisih harga obligasi ketika obligasi tersebut di perdagangkan.

  • Obligasi sanggup dijadikan agunan kredit di Bank atau untuk membeli instrumen aktiva lain.

  • Investasi obligasi merupakan investasi yang kondusif lantaran pembayaran pokok utang dan kupon dijamin oleh peraturan perundang-undangan.


Kekurangan Obligasi



  • Pada obligasi tertentu, terdapat resiko gagal bayar dari penerbit obligasi, sehingga investor tidak mendapat untung atau bahkan sanggup kehilangan investasinya. Resiko ini tidak terdapat pada obligasi negara yang terlindungi undang-undang.

  • Mudah terpengaruh terhadap perubahan ekonomi, suku bunga, dan situasi politik yang tidak menentu.

  • Pihak investor akan mengalami kerugian ketika menjual obligasi di pasar sekunder sebelum jatuh tempo, lantaran harga jualnya lebih rendah ketimbang harga beli.


Reksadana


Reksadana ini ialah salah satu alternatif investasi untuk para investor yang mempunyai modal kecil. Melalui reksadana ini, dana investasi yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi. Resiko kerugian ataupun keuntungan yang didapatkan kelak akan dibagi secara rata kepada seluruh investor. Besar kecilnya keuntungan ataupun resiko yang kau dapatkan, tergantung dari jenis Reksadana yang kau pilih.


Kelebihan Reksadana



  • Menghemat waktu dan tidak perlu repot untuk mengelola dana investasi, lantaran sudah ada manajer investasi.

  • Mempermudah para investor pemula yang ingin berinvestasi, tapi mempunyai pengetahuan yang minim akan pasar modal.

  • Investor yang mempunyai dana tidak terlalu besar juga sanggup melaksanakan investasi produk reksadana.


Kekurangan Reksadana



  • Dikenakan biaya pengelolaan oleh perusahaan atau manajer investasi.

  • Keuntungan yang diperoleh harus dibagi secara merata dengan investor lain.

  • Keuntungan reksadana jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan produk investasi saham.


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


Investasi Properti


Berinvestasi properti membutuhkan modal yang sangat besar, namun investasi ini menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, lantaran harga tanah dan rumah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Oleh alasannya ialah itu, investasi ini masih menjadi pilihan banyak orang yang mempunyai modal besar.


Kelebihan Investasi Properti



  • Memiliki resiko yang rendah lantaran pergerakan nilai properti tidak sensitif menyerupai saham.

  • Nilai properti selalu meningkat setiap tahunnya.

  • Dapat dijadikan sebagai jaminan.


Kekurangan Investasi Properti



  • Membutuhkan modal yang cukup besar.

  • Biaya perawatan properti juga cenderung cukup besar.

  • Pajak properti cukup tinggi.

  • Rentan terhadap musibah ataupun resiko kecelakaan lainnya (misalnya: kebakaran).

  • Tidak sanggup dicairkan dengan cepat, lantaran butuh waktu untuk menjualnya.


Emas


Contoh pertama dari investasi jangka panjang ialah investasi emas. Emas merupakan investasi yang menguntungkan. Mengapa? Karena emas mempunyai nilai atau harga yang selalu naik setiap tahun. Selain mempunyai nilai jual yang tinggi, emas ternyata juga sangat kondusif dalam banyak sekali keadaan, serta stabil dan anti-inflasi. Karena nilai emas yang terus melambung tinggi, maka kalau kau berinvestasi emas selama 5 tahun, kau akan mendapat keuntungan yang berlipat-lipat.


Kelebihan Emas



  • Harga emas cenderung stabil.

  • Mudah diperjualbelikan kapan saja.

  • Dapat dijadikan jaminan.


Kekurangan Emas



  • Emas mempunyai resiko yang tinggi untuk hilang ataupun dicuri oleh orang lain.

  • Kenaikan harga emas tidak terlalu besar.


Investasi emas terdengar menggiurkan, bukan? Tapi mungkin kini kau bingung, di mana kau sanggup melaksanakan investasi atau membeli emas. Baik, kini akan kami jabarkan 6 tempat di mana kau sanggup berinvestasi atau membeli emas, antara lain:


Pegadaian


Ada tiga cara membeli emas batangan atau logam mulia di Pegadaian, yakni melalui cara menabung, angsuran, maupun tunai. Namun, tidak semua kantor cabang Pegadaian melayani tiga cara pembelian emas tersebut. Untuk layanan pembelian secara tunai hanya tersedia di outlet Pegadaian Galeri 24. Sedangkan, kantor cabang Pegadaian di daerah-daerah biasanya hanya melayani pembelian dengan cara angsuran atau tabungan.


Bila ingin membeli secara kredit, pembayaran angsurannya juga cukup mudah, yakni sanggup dilakuan di seluruh kantor cabang Pegadaian, atau sanggup juga membayar melalui ATM. Selain itu, Pegadaian juga mengatakan layanan pembelian secara online. Transaksi beli emas secara online sanggup diperoleh melalui aplikasi Pegadaian Digital yang tersedia di Google Playstore atau App Store.


Antam


PT. Aneka Tambang Tbk. (Antam) merupakan salah satu produsen emas terbesar di Indonesia. Emas batangan Antam sanggup dibeli di Gedung Pusat Antam atau di Butik Emas LM Antam, yang tersedia di kota-kota besar di Indonesia. Harga emas Antam di Butik Emas LM berbeda-beda, tergantung pada lokasi Butik Emas LM, lantaran terpengaruh biaya kirim dan asuransi.


Transaksi pembelian emas Antam juga sanggup dilakukan secara online melalui logammulia.com. Namun, layanan pengiriman Antam memang gres menjangkau beberapa kota di Indonesia. Bagi yang jauh dari lokasi Butik Emas LM Antam dan berada di luar jangkauan pengiriman, sanggup mengunjungi Kantor Pos besar di kota tempat tinggal. Antam bekerjasama dengan Pos Indonesia dalam melayani pemesanan dan pengiriman emas.


Bank Syariah


Bank syariah sanggup menjadi salah satu alternatif pembelian emas batangan, selain Pegadaian dan Antam. Sejumlah bank syariah yang melayani pembelian emas, antara lain Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan Bank BCA Syariah.


Membeli emas di bank syariah sanggup dilakukan secara kredit melalui kesepakatan murabahah (jual beli). Biasanya, pembelian emas secara angsuran di beberapa bank syariah berlaku untuk pembelian emas ukuran minimal 10 gram. Rata-rata jangka waktu pembiayaan yang ditawarkan bank syariah berkisar antara 2-5 tahun.


Marketplace


Di zaman serba online ini, banyak sekali barang sanggup dibeli dengan gampang di marketplace, termasuk membeli emas logam mulia. Anda sanggup membeli emas di situs-situs marketplace, menyerupai BukaLapak dan Tokopedia.


Namun, pembelian emas lewat marketplace harus dilakukan dengan jeli biar lebih aman. Untuk mengetahui tempat terpercaya untuk jual beli emas, biasanya kau sanggup lihat dari reputasi penjual dan ulasan dari pembeli sebelumnya yang tersedia. Beberapa marketplace juga menyediakan layanan jual beli emas sendiri. Salah satunya ialah Tokopedia, yang bekerjasama dengan Pegadaian lewat layanan TokopediaEmas. Adapula BukaLapak, yang bekerjasama dengan Indogold lewat layanan BukaEmas.


Toko Emas


Kebanyakan toko emas hanya melayani pembelian emas dalam bentuk komplemen saja. Tidak banyak toko emas yang melayani pembelian emas batangan yang lebih ideal dipakai untuk investasi.


Bursa Berjangka


Alternatif lain dalam berinvestasi emas ialah melalui investasi emas berjangka. Investasi emas jenis ini berbeda dengan investasi emas fisik atau batangan.


Investasi emas berjangka tidak dalam bentuk fisik, melainkan kontrak perdagangan yang mengacu pada pergerakan harga di bursa dunia. Perlu diingat, emas berjangka menjadi produk investasi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan resikonya lebih besar, tetapi potensi manfaatnya juga lebih besar.


Dalam investasi emas berjangka, dipakai sistem Two Way Transaction, yang memungkinkan investor untuk memperoleh keuntungan, baik ketika harga emas bergerak turun maupun naik.


Untuk berinvestasi emas berjangka, investor juga tidak harus membeli 100% dari nilai emas yang diperdagangkan. Investor sanggup juga membeli dengan menyerahkan uang muka 1% dari harga emas. Transaksi di bursa berjangka sanggup dilakukan sendiri atau sanggup melalui pialang (broker).


Valuta Asing


Investasi valuta gila atau forex trading ialah bentuk investasi dengan konsep perdagangan mata uang asing. Jenis investasi ini dikenal mempunyai resiko paling besar dari jenis investasi lainnya.


Meskipun beresiko besar, beberapa orang tetap saja tertarik menjalankannya. Hal ini dikarenakan mereka memegang prinsip bahwa semakin beresiko tinggi sebuah investasi, maka nilai return-nya pun juga biasanya cukup tinggi. Kamu sanggup memakai forex trading ini sebagai investasi jangka pendek. Caranya ialah dengan melaksanakan pembelian mata uang yang sedang mengalami depresiasi, kemudian menjualnya kembali ketika mata uang tersebut mengalami kenaikan harga.


Kalau kau benar-benar tertarik, namun sebetulnya tidak punya pengalaman, jangan khawati! Saat ini sudah banyak Forex Broker Indonesia yang mewadahi para investor untuk, tidak hanya berinvestasi, tetapi juga membekali mereka. Jadi, ketika kau bergabung ke salah satu broker tersebut, kau sanggup mengikuti banyak sekali pelatihan. Di banyak situs Forex Broker Indonesia, mereka juga biasanya menyediakan akun demo yang sanggup kau jadikan latihan dan simulasi untuk mencari tahu bagaimana melaksanakan perdagangan mata uang asing.


 bahwa millennial tidak sanggup membeli rumah yang dibeli oleh generasi  √ Yang Perlu Diketahui oleh Millennial Tentang Investasi


Nah, apakah kalian jadi lebih mengenal ihwal dunia investasi? Semoga kini kalian sudah ngga galau lagi. Tapi, terkadang, bukannya tidak mau berinvestasi, melainkan uang kau tertahan di kantor. Misalnya, lantaran reimbursement dari kantor belum juga turun. Untuk itu, coba kau usulkan ke atasan atau cuilan keuangan perusahaan kau untuk mulai memakai aplikasi menyerupai JojoExpense. Dengan JojoExpense, bukan hanya reimbursement kau yang sanggup lebih cepat dikelola, tapi budget perusahaan pun jadi lebih gampang dikontrol. Selain kau eksklusif jadi sanggup berinvestasi, ini juga sanggup jadi investasi yang efektif buat kantor kau lho!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com